Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab Badan Terasa Panas Terbakar? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa badanmu terasa panas hingga seperti terbakar? Pasti rasanya sangat tak nyaman ya. Biasanya hal ini terjadi ketika cuaca sedang terasa panas.

Badan terasa panas juga bisa dirasakan ketika sedang sakit. Ketika sakit misalnya karena infeksi virus yang menjangkiti tubuh, maka tubuh akan berusaha membunuh virus yang masuk dengan cara menaikkan suhu tubuh. Alhasil, tubuh jadi terasa panas. Nah kondisi ini sebenarnya wajar, jadi kamu tidak perlu minum obat penurun panas kalau panas tubuhmu tak melebihi batas.

Namun ada beberapa penyakit yang bisa jadi penyebab badanmu terasa panas terbakar. Berikut penyebab badan terasa panas seperti terbakar yang kamu alami.

1. Hipertiroidisme

Mungkin ada masalah dengan kelenjar tiroid yang bisa menjadi penyebab badan panas terbakar. Seseorang yang mengalami hipertiroidisme terkadang akan lebih sering haus, lapar, dan mungkin berkeringat. Hal ini dikarenakan laju tubuh yang akan mengubah bakan bakar menjadi energi dan membuatnya menjadi panas.

2. Menopause

Saat seorang perempuan mengalami menopause biasanya akan mengalami peningkatan suhu tubuh dalam waktu singkat. Selain itu menopause juga dapat menyebabkan keringat berlebih, pusing, bahkan jantung yang berdebar sangat kencang.

3. Demam

Jika kamu mengalami demam biasanya tubuh akan terasa sangat panas yang sangat tinggi, selain itu hal ini dapat membuat tubuh merasa panas dan berkeringat. Hal ini dapat terjadi karena tubuh yang mencoba melawan kuman seperti virus maupun bakteri. Penambahan cairan, istirahat, dan obat-obatan ainnya akan membantu.

4. Terlalu Banyak Kafein

Minuman yang berkafein terkadang akan membantu seseorang tidak mengantuk di pagi hari, tetapi terkadang justru akan meningkatkan suhu tubuh. Terlalu banyak kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah, gula darah, serta asam lambung dan menyebabkan masalah pada tidur.

5. Terlalu Banyak Makan Makanan Pedas

Pernah merasakan tubuh yang panas setelah makan pedas? Makanan pedas terkadang akan meningkatkan suhu tubuh dan mungkin akan membuatmu berkeringat. Jika tubuh merasa panas setelah makan pedas maka tidak perlu kamu khawatirkan.

Itulah 5 penyebab badan terbakar yang kamu rasakan. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela. Jika keadaan yang kamu rasakan tak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading