Sukses

Lifestyle

Tak Hanya Membaca, Ini 5 Kebiasaan Harian yang Membuatmu Lebih Cerdas

Fimela.com, Jakarta Perkembangan otak tidak hanya terjadi saat masa anak-anak hingga remaja saja, namun berlanjut hingga dewasa. Memiliki otak cerdas adalah kelebihan yang dikagumi banyak orang. Nyatanya, kecerdasan tidak hanya diasah di bangku sekolah namun juga dalam aktivitas sehari-hari.

Cara jitu untuk menambah wawasan adalah dengan membaca buku. Buku sebagai jendela dunia adalah tempatmu memperluas pengetahuan dan membuat otak cerdas. Namun terdapat hal lain yang dapat diterapkan sehari-hari agar otak lebih cerdas. Berikut penjelasannya.

1. Mempelajari Bahasa Baru

Sahabat Fimela senang menyaksikan drama Korea atau serial televisi barat? Cobalah untuk mempelajari bahasa mereka. Belajar bahasa asing bukan hanya menambah wawasan dan pengetahuan, namun juga terbukti dapat mengubah otak dengan meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Cobalah mendalami salah satu bahasa asing dan jadikan kebiasaan. Belajar bisa dilakukan melalui internet, dengan mendengarkan lagu, atau menonton video yang dengan bahasa yang sedang dipelajari.

2. Belajar Memainkan Alat Musik

Mendengarkan lagu sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk menemani aktivitas sehari-hari, kali ini cobalah untuk mempelajari salah satu alat musik. Mampu memainkan alat musik bisa jadi hiburan dan skill yang membanggakan. Belajar memainkan alat musik terbukti meningkatkan fungsi kognitif dan memiliki efek positif lainnya pada otak. Tak perlu ahli, memainkan dengan teknik sederhana juga berguna.

3. Jangan Terlalu Bergantung Pada Teknologi

Teknologi adalah cara mudah mencari jawaban dari berbagai masalah, namun hal ini bisa membuatmu malas berpikir. Biasakan diri untuk berpikir kritis dan meningkatkan kreativitas. Membuat otak bekerja dengan aktif akan melenturkan otot otak yang berpengaruh pada peningkatan kecerdasan.

4. Ambil Pelajaran Tambahan

Tak perlu kelas formal, belajar santai secara online bisa meningkatkan kecerdasan otak. Saat ini banyak tersedia game yang melatih kecerdasan, kuis online, atau lokakarya. Kegiatan aktif yang dilakukan secara daring atau luring bisa melatih otak untuk aktif berpikir. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari hal baru. Mulai dari pelajaran sederhana misalnya kuis bahasa asing atau psikologi dan rasakan perbedaan cara otak dalam berpikir.

5. Ajukan Banyak Pertanyaan

Saat kumpul bersama teman dan kolega atau terlibat dalam diskusi, biasakan untuk banyak bertanya dan tingkatkan keingintahuan. Rasa ingin tahu memicu pengetahuan yang pada akhirnya membuatmu cerdas karena menambah wawasan. Mendorong pemikiran kritis akan membuat mindset berkembang.

Cerdas bukanlah hal yang didapat sejak lahir, namun diusahakan dan dilatih. Memiliki otak cerdas akan meningkatkan kualitas diri. Jangan pernah bosan untuk belajar ya, sahabat Fimela.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading