Sukses

Lifestyle

5 Hal Sederhana yang Bisa Membuatmu Bahagia Menurut Sains

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap orang, mencari kebahagiaan adalah tujuan hidup utama. Banyak cara dilakukan untuk mengejar kebahagiaannya. Sayang, mereka lupa bahwa kebahagiaan yang sesungguhnya tak perlu dicari dan dikejar mati-matian. Beberapa hal sederhana, faktanya bisa membuat perasaan lebih bahagia dan lapang dada. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, beberapa hal sederhana bisa memupuk kebahagiaan dalam diri. Ini juga bisa meningkatkan semangat hidup, serta menunjang fisik pun psikis yang lebih sehat. Melalui hal sederhana ini, dan menjadikannya sebuah kebiasaan, akan membantumu menemukan hidup yang lebih berkualitas ke depannya. Apa saja hal sederhana tersebut?

Ngobrol dengan Orang Asing

Sebuah studi menemukan jika ngobrol atau saling berbagi wawasan dengan orang asing, akan membuat perasaan jadi lebih bahagia. Kebiasaan ngobrol dengan orang asing, bahkan bisa meningkatkan kecerdasan dan menjaga kekuatan memorimu. Menurut sebuah penelitian tahun 2022 yang dilakukan oleh mahasiswa doktoral Harvard Business School, berbicara dengan orang asing juga penting dilakukan untuk meningkatkan suasana hati yang lebih baik. 

Menjadi Sukarelawan

Menjadi seorang sukarelawan yang membantu banyak orang dan bekerja di jalan kebaikan, akan memberikan ketenangan, kenyamanan serta kebahagiaan yang mungkin saja tak pernah kamu dapatkan dari aktivitas lain sebelumnya. Studi bahkan menemukan jika menjadi sukarelawan, akan membantu seseorang menjalani hidup secara lebih baik, pandai bersyukur dan memberikan kepuasan hidup tersendiri. Kamu pun akan merasa hidupmu terasa lebih baik dan bermakna.

Menghabiskan Waktu di Alam

Gelisah, cemas, sedih dan depresi perlahan tapi pasti bisa diatasi dengan kebiasaan menghabiskan waktu di alam. Semakin dekat kamu dengan alam, akan semakin mudah bagimu melatih rasa syukur dan mengakui kebesaran Sang Pencipta. Kamu pun akan merasa lebih bahagia, nyaman dan hidup tanpa beban. 

Dalam sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology disebutkan jika, "Orang yang lebih terhubung dengan alam, cenderung mengalami pengaruh, vitalitas, dan kepuasan hidup yang lebih positif. Mereka lebih bisa bersyukur dan nyaman dengan keadaan. Dibandingkan dengan mereka yang kurang terhubung dengan alam, mereka jauh lebih bahagia."

Mandi

Buat kamu yang jarang mandi karena alasan dingin atau semacamnya, yuk, mulailah mandi dengan rutin. Studi menemukan jika mandi secara rutin dan terjadwal, membantu seseorang merasa lebih sehat secara fisik pun psikis. Studi juga menemukan bahwa mandi membantu seseorang merasa lebih bahagia. 

Mandi adalah aktivitas yang bisa membantu melepas penat, kecemasan pun ketakutan. Terlebih jika mandi ini dilakukan dengan temperatur air yang tepat. Gunakan air dingin saat cuaca panas, dan gunakan air hangat saat cuaca dingin. Mandi dengan sabun yang wangi, pun membuatmu merasa makin bahagia. 

Olahraga

Jangan pernah malas untuk berolahraga. Olahraga yang rutin, bisa membuat perasaan lebih bahagia. Ini juga membuat fisik terasa lebih ringan serta sehat. Menurut sebuah studi tahun 2020 di International Journal of Environmental Research and Public Health, olahraga bisa bikin bahagia semua usia. Baik dari mereka yang masih remaja, anak muda, dewasa, paruh baya pun orang tua atau lansia. 

Itulah sekian hal sederhana yang bisa membuat bahagia menurut sains. Yuk, biasakan diri untuk memiliki aktivitas di atas demi kebahagiaan yang totalitas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading