Sukses

Lifestyle

5 Cara Makin Percaya Diri agar Tak Direndahkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta “To overcome fear is the quickest way to gain your self-confidence.” (Roy T. Bennett, The Light in the Heart) Mengatasi rasa takut adalah cara tercepat untuk mendapatkan rasa percaya diri. Umumnya yang membuat kita sulit meningkatkan rasa percaya diri adalah karena kita terlalu tenggelam dan terpaku dalam rasa takut yang kita rasakan.

Biasanya yang membuat kita sulit merasa percaya diri adalah karena rasa takut gagal. Mengutip buku How to Respect Myself, rasa takut gagal merupakan salah satu dari empat jenis rasa takut yang dimiliki oleh hampir semua orang. Jadi, tak perlu makin menyalahkan diri sendiri karena merasa takut gagal. Justru kita perlu meningkatkan keberanian untuk bisa menghadapinya agar kita bisa makin percaya diri dan tak gampang direndahkan atau diremehkan oleh orang lain.

 

 

1. Berdamai dengan Ketidaksempurnaan Diri

Memiliki kekurangan atau kelemahan tak perlu sampai membuatmu merasa ciut atau minder. Tiap orang pastinya punya ketidaksempurnaan dirinya sendiri. Di sini, kamu perlu mengenali dulu ketidaksempurnaanmu, lalu berusahalah untuk menerima dan berdamai dengan ketidaksempurnaan tersebut. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah beradaptasi atau memposisikan diri ketika menghadapi situasi yang kurang menguntungkanmu.

 

 

2. Berani Mengoptimalkan Potensi Diri

Kepercayaan diri yang tinggi bisa diperoleh melalui keberanian untuk mengoptimalkan potensi diri. Saat kamu bisa menampilkan kelebihan dirimu, orang-orang di sekitarmu bisa lebih menghargaimu. Apalagi ketika kamu bisa memberi dampak positif atau pengaruh baik pada orang-orang di sekitarmu, maka kehadiranmu akan selalu dinantikan oleh mereka. Bisa menghadirkan manfaat bagi lingkungan atau orang-orang di sekitarmu bisa meningkatkan harga dirimu dan membuatmu makin percaya diri.

 

 

3. Mengusahakan Kebahagiaan dengan Cara Ternyaman

Cobalah untuk fokus mengupayakan dan mengusahakan kebahagiaamu sendiri. Saat kamu bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri, kamu bisa membuat mentalmu lebih kuat. Kalau ada orang yang memandangmu sebelah mata pun, kamu tak akan terpancing menanggapinya sebab kamu menyadari bahwa kebahagiaan dan ketenteraman hatimu lebih penting daripada itu. Ketika kamu bisa menikmati hidupmu dan bahagia menjalaninya, orang-orang yang berniat untuk menjatuhkanmu pun bisa minder sendiri.

 

 

4. Bersemangat Belajar Kecakapan Baru

Belajarlah hal baru karena kamu memang menikmati dan menyukainya. Dari tiap kecakapan atau kemampuan baru yang bisa kamu kuasai dan pelajari, ada kepuasan batin yang bisa kamu dapatkan. Hal ini pun bisa membuat harga dirimu terasa makin baik. Dengan ketajaman pikiran yang meningkat dan kecakapan yang makin banyak, kamu pun bisa makin berdaya dalam menjalani kehidupan.

 

 

5. Melepaskan Hal-Hal yang Berada di Luar Kendali Diri

Kita tak bisa menyenangkan hati semua orang. Tak bisa memenuhi harapan semua orang. Begitu banyak orang yang akan terus menuntut dan memaksa kita melakukan hal-hal yang sebenarnya tak sesuai dengan hati kita. Di sini, kita perlu memaksakan diri memenuhi eskpektasi semua orang. Sebab kita tak bisa mengendalikan respons atau cara orang memperlakukan kita. Yang perlu kita lakukan adalah tetap fokus jalani hidup kita dengan sebaik mungkin sesuai dengan pilihan dan tanggung jawab kita.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan rasa percaya diri. Semoga kiat-kiatnya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading