Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Dilakukan Orang Cerdas saat Diskusi

Fimela.com, Jakarta Diskusi umum dilakukan untuk memecahkan suatu masalah, bertukar pikiran, atau menambah wawasan. Dalam diskusi wajar bila terjadi perbedaan pendapat, terkadang bahkan terjadi pertengkaran. Pertikaian bisa dihindari bila pihak yang terlibat diskusi memiliki pandangan terbuka yang hanya dimiliki oleh orang cerdas.

Menemukan orang cerdas saat sedang melakukan diskusi tidaklah sulit. Mereka memiliki kesamaan dalan pola pikir dan cara menyikapi pendapat orang lain. Berikut hal yang akan dilakukan orang cerdas saat diskusi yang jarang dilakukan oleh orang lain.

1. Menerima Perbedaan Pendapat

Orang yang cerdas selalu haus akan ilmu dan wawasan baru. Bagi mereka perbedaan pendapat saat diskusi bukan memperkeruh suasana, namun memberi pandangan baru yang bisa menambah wawasan. Perbedaan pendapat dianggap sebagai bumbu yang membuat diskusi jadi berkembang.

2. Mencari Tahu Lebih Banyak

Pendapat tiap orang dalam diskusi dinilai menarik dan penting. Orang cerdas akan mencari tahu lebih dalam mengenai tiap gagasan yang disebutkan selama diskusi. Bahkan tak jarang juga mereka bertanya langsung pada orang yang berpendapat, diskusi secara intim dengan orang lain adalah cara orang cerdas belajar.

3. Tidak Bicara Sendirian

Tanpa perlu memaksakan diri agar terlihat menonjol, orang cerdas lebih senang bila orang lain lebih aktif berpendapat. Mereka menganggap komunikasi dua arah penting dilakukan saat diskusi. Hal ini akan menghasilkan kesimpulan diskusi yang lebih bermaka daripada hanya mendengarkan satu orang berbicara.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Kebanyakan orang cerdas memiliki tata krama yang baik. Mereka akan menjadi pendengar yang baik untuk menghargai pendapat orang lain. Inilah yang membedakan orang cerdas dengan orang lain. Kebanyakan orang lebih menggebu-gebu untuk berbicara tanpa memberi kesempatan pada orang lain untuk menanggapi.

5. Berterima Kasih Atas Pendapat Orang Lain

Tidak hanya mendengarkan dan menghargai pendapat orang, orang cerdas juga kerap menunjukkan rasa syukur dan bahagia atas pendapat orang lain. Mereka berpikir bahwa diskusi akan sempurna bila tiap orang berani berbicara. Karena inilah tiap orang yang menyampaikan pendapat akan dihargai dengan sepenuh hati.

Meski banyak orang yang berupaya menunjukkan kecerdasan, hanya segelintir orang yang benar-benar cerdas. Kecerdasan akan membawa pada karakter baik, oleh karena itu orang cerdas akan menonjol meski tidak memamerkan kecerdasannya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading