Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Kecil agar Lebih Tenang Menjalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Makin bertambah usia biasanya kita akan makin sering dihantui kecemasan. Banyak hal yang membuat kita khawatir, dan ketika kita membiarkannya begitu saja maka hatimu pun jadi makin tidak tenang. Sebelum kamu makin sering gelisah dalam menjalani hidup, coba buat sejumlah perubahan positif.

Ada perubahan-perubahan kecil dan sederhana yang bisa kamu buat agar bisa lebih tenang dalam menjalani hidup. Seperti perubahan-perubahan berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Lebih Berani Memiliki Standar Bahagia Sendiri

Caramu bahagia dan cara orang lain bahagia pastinya berbeda. Kamu pun tak harus memaksakan diri mengikuti cara orang lain untuk bisa bahagia dalam menjalani hidup. Kamu bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Kalau sebelumnya kamu masih terpaku pada standar bahagia orang lain, kini cobalah untuk fokus memiliki standar bahagiamu sendiri. Izinkan dirimu bahagia dengan cara ternyamanmu, maka hatimu bisa makin tenang.

2. Lebih Berani dalam Menerima Diri Sendiri

Kalau sebelumnya kamu sering menyalahkan atau mengkritik diri sendiri, kini cobalah untuk lebih menerima dirimu sendiri dengan lebih utuh. Mengutip buku The Child in You, "Self-acceptance means accepting that my feelings—the good and the bad—are part of me." Penerimaan diri berarti menerima semua perasaan yang kita miliki, yang baik dan buruk, sebagai bagian dari diri kita. Dengan lebih berani menerima kehadiran diri sendiri, kamu bisa lebih mawas diri dalam menjalani hidup dan tidak gampang stres menghadapi situasi yang terjadi di luar kendali diri.

3. Lebih Banyak Bersyukur atas Semua yang Sudah Ada

Tak harus menunggu memiliki segalanya untuk bersyukur. Tak harus memaksakan segalanya berjalan sesuai keinginanmu baru bersyukur. Cobalah untuk menghadirkan perasaan cukup. Syukuri saja semua hal yang sudah ada, maka percayalah hatimu pun bisa terasa lebih tenang ketika menghadirkan banyak rasa syukur di dalam jiwa.

4. Lebih Menjaga Hubungan-Hubungan yang Masih Bertahan

Hatimu yang gampang gelisah dan tidak tenang bisa jadi karena ada hubungan-hubungan yang tidak berjalan sesuai keinginan. Sebelum makin menyalahkan keadaan dan menuntut segalanya berjalan sesuai kemauanmu, cobalah untuk menjaga baik hubungan yang masih bertahan. Tak perlu hitung-hitungan soal berapa banyak teman atau orang yang kamu miliki dalam hidup. Cobalah untuk lebih fokus menjaga semua orang yang masih ada di sekelilingmu, maka hati pun bisa terasa makin tenang.

5. Lebih Ikhlas Melepas Hal-Hal yang Terjadi di Luar Kendali Diri

Tenangkan hatimu dengan lebih ikhlas melepaskan dan merelakan hal-hal yang terjadi di luar kendali dirimu. Lalu, imbangi dengan kemampuanmu untuk fokus melakukan hal-hal yang masih bisa kamu perbaiki atau upayakan sebaik mungkin. Hatimu bisa lebih tenang saat kamu bisa memilah-milah mana yang memang sudah sebaiknya diterima dengan hati lapang dan mana yang masih bisa diperjuangkan kembali.

Semoga dengan melakukan perubahan yang lebih baik, kualitas hidupmu bisa ikut membaik dan hatimu bisa makin tenang, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading