Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Mampu Melewati Masa Sulit yang Ada

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup kita akan dihadapkan pada banyak liku perjalanan. Persoalan, cobaan, dan ujian hidup bisa datang silih berganti. Meskipun kamu sempat mengalami keterpurukan, tapi bisa jadi sebenarnya di dalam dirimu ada jiwa tangguh yang membuatmu mampu melewati masa sulit yang ada.

Kini, cobalah untuk lebih mengenali kelebihan dirimu. Bisa jadi selama ini kamu sudah memiliki kemampuan untuk melewati setiap masa sulit yang ada. Tinggal kembali menyadarinya dan mengoptimalkannya dengan lebih baik lagi.

 

 

1. Bisa Mengapresiasi Perjalanan Hidup Sendiri

“Life doesn’t get easier or more forgiving, we get stronger and more resilient.”― Steve Maraboli, Life, the Truth, and Being Free

Saat kamu bisa menyadari momen demi momen kehidupanmu sendiri, maka kamu akan selalu bisa menemukan kekuatan untuk bertahan melewati masa sulit yang ada. Tiap kali kamu mensyukuri setiap proses yang kamu lewati, maka ada kekuatan baru yang akan membantumu untuk bisa melewati ujian kehidupan yang baru. Dengan kemampuan ini kamu akan selalu bisa menemukan cara terbaik dalam mengatasi setiap persoalan hidup yang ada.

 

 

2. Berani Menerima Kenyataan Hidup

“Resilience is accepting your new reality, even if it's less good than the one you had before. You can fight it, you can do nothing but scream about what you've lost, or you can accept that and try to put together something that's good.”― Elizabeth Edwards

Memiliki keberanian menerima kenyataan hidup memang tak mudah. Tiap kali ada hal yang terjadi di luar keinginan atau harapan, mudah bagimu untuk komplain atau mengeluh. Namun, ketika kamu memilih untuk berlapang dada menerima realitas yang tak bisa kamu ubah lalu tetap fokus mengupayakan hal-hal yang masih ada di dalam kendali dirimu, maka yakinlah kamu bisa mengatasi setiap persoalan yang ada.

 

 

3. Tahu Cara Melihat Sisi Baik Segala Sesuatu

“No matter how much falls on us, we keep plowing ahead. That's the only way to keep the roads clear.”― Greg Kincaid

Kemampuanmu untuk melihat sisi baik dari segala sesuatu membantumu untuk menemukan jalan yang bisa terus membawamu ke depan. Ketika tiap persoalan bisa kamu atasi sebaik mungkin sesuai kemampuanmu dan menjaga pola pikir positif terhadap segala sesuatu, kamu akan selalu bisa melewati masa sulit yang ada. Walaupun ada luka baru yang akan kamu terima, tetapi proses dan perjalanan yang berhasil kamu lewati menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi.

 

 

4. Punya Kesadaran Diri yang Kuat

Saat kamu punya kesadaran diri yang kuat maka kamu bisa memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik. Mengutip buku Emotional Intelligence, "Kesadaran diri bukanlah perhatian yang larut ke dalam emosi, bereaksi secara berlebihan dan melebih-lebihkan apa yang dicerap. Kesadaran diri lebih merupakan modus netral yang mempertahankan refleksi diri bahkan di tengah badai emosi." Dengan kesadarn diri yang kuat, kamu akan selalu bisa menemukan jalan keluar dari tiap persoalan yang kamu hadapi.

 

 

5. Ada Semangat Memperjuangkan Hidup

“If the fire in your heart is strong enough, it will burn away any obstacles that come your way.”― Suzy Kassem, Rise Up and Salute the Sun: The Writings of Suzy Kassem

Selama masih ada semangat untuk menjalani hidup sebaik-baiknya, maka yakinlah kamu akan selalu bisa menemukan jalan keluar dari tiap persoalan yang kamu hadapi. Dengan motivasi diri dan semangat hidup di dalam jiwa, kamu akan selalu bisa memiliki kekuatan untuk terus melangkah ke depan. Sekalipun kamu terjatuh atau mengalami kegagalan, kamu selalu bisa mengumpulkan kekuatan baru untuk kembali bangkit.

Semoga apa pun masalah yang kamu hadapi saat ini, ada jalan keluar terbaik yang bisa kamu dapatkan. Terima kasih sudah berjuang dengan baik hingga saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading