Sukses

Lifestyle

5 Sikap Realistis agar Mental Lebih Kuat Jalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Menghadapi ragam masalah dan persoalan baru hidup memang tidak mudah. Kita pun pasti pernah berada di titik terendah dan terpuruk dalam keadaan yang menyakitkan. Ketika segalanya seakan tak lagi memihak kita, kita pun bisa kehilangan harapan untuk melangkah ke depan.

Ketika menyerah dan putus asa tidak ada dalam kamus hidupmu, maka berusaha untuk kembali kuat menjadi pilihan paling bijak. Kamu pun bisa mengedepankan sikap yang lebih realistis agar lebih kuat dalam menjalani hidup.

 

 

1. Berani Melihat Hal Sebagaimana Adanya

Pernah dengar soal psikologi positif? Mengutip buku Growing Up Mindful, "Psikologi positif bukan berpura-pura positif saat kita merasa tidak positif, atau berpura-pura bahagia saat kita tidak merasa demikian. Psikologi positif adalah mengalibrasi kembali 'bias negatif' yang sudah tertanam dalam diri kita sehingga kita melihat dunia dengan cara yang realistis dan seimbang." Dengan memahami konsep ini kita bisa terdorong untuk bisa melihat segala hal sebagaimana adanya. Saat ada hal yang tampak buruk dan penuh derita, kita bisa coba untuk menemukan sisi baik dari hal tersebut agar kita tidak kehilangan harapan menjalani hidup dengan semangat tinggi. Sebab tak ada kondisi atau situasi yang benar-benar hitam atau putih saja dalam hidup.

 

 

2. Mau Beradaptasi dengan Perubahan

Saat ada hal yang terjadi di luar rencana, alih-alih menyalahkan keadaan atau menyesali semuanya cobalah untuk membuat penyesuaian baru. Berusaha beradaptasi dengan perubahan akan membantu kita untuk bisa lebih kuat dalam menjalani hidup. Setidaknya kita masih bisa menemukan kekuatan dan harapan baru untuk membuat kita tetap bergerak, dan bukan hanya pasif dan membiarkan diri tenggelam dalam keterpurukan.

 

 

3. Menerima Rasa Takut yang Dirasakan

Mengalami rasa takut itu wajar. Mengutip buku How to Respect Myself, ada empat jenis rasa takut yang dimiliki oleh hampir semua orang, yaitu rasa takut mati, takut gagal, takut berpisah, dan takut kehilangan pesona diri. Tak perlu membenci atau menolak kehadiran rasa takut. Cobalah untuk berani menerima kehadiran rasa takut karena itu akan mendorong kita untuk bisa lebih mawas diri dalam menjalani kehidupan. Setidaknya dengan rasa takut yang ada, kita bisa memiliki kesadaran diri untuk menjalani hidup dengan hal-hal yang lebih bermakna.

 

 

4. Berlapang Dada Menerima Hal-Hal yang Terjadi di Luar Kontrol Diri

Sikap ini akan membantumu melewati masa sulit. Saat kamu dihadapkan pada situasi yang membuatmu tak berdaya, maka cobalah untuk berlapang dada menerimanya. Saat ada hal yang terjadi di luar kontrol diri, tak perlu merasa tertekan atau stres berlebihan. Sebab kehidupan memang seperti itu. Kita manusia biasa yang memiliki keterbatasan, sehingga ada kalanya kita memang perlu menerima suatu keadaan dengan ikhlas agar bisa lebih fokus mengupayakan hal-hal yang masih bisa diperbaiki atau diusahakan lagi.

 

 

5. Fokus Melakukan Segala Sesuatu Sesuai Kemampuan

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Kita perlu menyadari bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, maka jangan berharap kesempurnaan. Berharaplah melakukan yang terbaik, untuk menjadi lebih dari masa lalu, tapi bukan kesempurnaan. Kejarlah perubahan, bukan kesempurnaan." Agar mentalmu bisa lebih kuat cobalah untuk berani berdamai ketidaksempurnaan. Bisa diawali dengan memilih fokus melakukan segala sesuatunya sebaik mungkin sesuai kemampuan diri, dan membuka diri menerima berbagai kemungkinan soal hasil akhirnya.

Semoga kamu bisa menjalani hidup dengan mental yang lebih kuat lagi, ya. Semoga ke depannya ada banyak hari-hari yang lebih indah dan penuh warna dalam hidupmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading