Sukses

Lifestyle

5 Cara untuk Kembali Tenang setelah Dikecewakan Seseorang

Fimela.com, Jakarta "No expectation, no disappointments." Salah satu hal yang membuat kita sakit hati saat dikecewakan seseorang karena ada perasaan terkhianati. Ada harapan dan ekspektasi yang tidak terpenuhi. Sehingga sering kita mendengar saran bahwa agar tidak dikecewakan seseorang, jangan menaruh harapan terlalu banyak padanya.

Hanya saja tidak semua rasa kecewa bisa kita hindari. Ada kalanya kita harus menerima rasa pahit dikecewakan oleh seseorang. Walaupun hati bisa hancur berkeping-keping, kita tetap perlu berusaha untuk bangkit dan tenangkan diri lagi. Agar bisa kembali tenang setelah dikecewakan seseorang ada sejumlah cara yang bisa dicoba.

 

 

1. Berlapang Dada Menerima Kenyataan yang Ada

Pengalaman dikecewakan seseorang merupakan sesuatu yang nyata. Benar-benar terjadi dalam kehidupan kita dan telah menjadi bagian pengalaman yang tak bisa dilupakan dengan mudah. Untuk menyikapinya kita bisa coba untuk berlapang dada menerima kenyataan yang ada. Anggap pengalaman itu sebagai bagian dari proses pendewasaan diri, sebagai pengingat bahwa kehidupan bisa menawarkan banyak pengalaman yang beragam dan tak pernah kita duga sebelumnya.

 

 

2. Uraikan Rasa Tak Nyaman yang Ada di Dalam Diri

Mengutip buku Love for Imperfect Things, tidak seperti emosi lainnya, kekecewaan lebih sulit untuk diungkapkan. Dijelaskan lebih lanjut bahwa jika dikeluarkan, perasaan itu akan terkesan remeh dan kekanak-kanakan, tapi jika kita terus memendamnya, perasaan itu akan semakin parah. Kalau ada orang yang bisa kamu percaya untuk mendengar semua keluh kesahmu, cobalah untuk berbagi cerita padanya. Kalau menulis bisa bantu membuat perasaanmu lega, lakukan itu sesuai kenyamananmu. Keluarkan dan uraikan rasa tak nyaman di dalam diri agar hatimu bisa menyambut perasaan yang lebih baik.

 

 

3. Cobalah untuk Memaafkan walaupun Awalnya Sulit

Saat dikecewakan seseorang kita memang bisa merasa sangat terluka dan sakit hati. Sehingga untuk memaafkannya butuh kekuatan dan keberanian yang besar. Meskipun begitu, tetaplah berusaha untuk memaafkannya. Memilihlah untuk memaafkan dia demi kedamaian dan ketenangan batinmu. Sebab ke depannya masih ada banyak hal yang lebih penting untk kamu urus dan hadapi.

 

 

4. Syukuri bahwa Pengalaman Itu Sudah Berlalu

Jangan terus menerus menggenggam pengalaman menyakitkan itu. Taruh dan biarkan pengalaman itu menjadi bagian dari masa lalu. Biarkan itu menetap di belakang. Sementara itu, tata ulang fokus dan perhatianmu untuk melakukan hal-hal yang lebih maksimal di masa kini demi masa depan yang lebih baik.

 

 

5. Pulihkan Harga Diri yang Dimiliki

Kembalilah mencintai diri sendiri sebagai bagian dari upaya untuk memulihkan harga dirimu. Terhubunglah lagi dengan dirimu sendiri. Limpahkan lebih banyak perhatian dan kasih sayang untuk dirimu sendiri. Dengan lebih memperhatikan diri sendiri, hatimu bisa perlahan pulih dan kembali tenang setelah mengalami pengalaman menyakitkan.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba agar hati bisa kembali tenang setelah dikecewakan seseorang. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading