Sukses

Lifestyle

Kurangi Plastik, Inovasi Baru Pembalut Berbahan Dasar Ampas Tebu

Fimela.com, Jakarta Minyak bumi sebagai sumber energi mendasar yang dibutuhkan di dalam kehidupan manusia jumlahnya sangat terbatas dan tidak bisa diperbarui. Bahkan diperkirakan akan habis sekitar 50 tahun. Sumber daya fosil ini juga merupakan bahan baku plastik yang paling banyak digunakan di dunia.

Plastik menjadi salah satu bahan yang digunakan pada pembalut sekali pakai yang dibutuhkan setiap perempuan. Namun tak dipungkiri, sampah pembalut yang terbuat dari plastik tentu tidak ramah lingkungan dan bisa berdampak pada minyak bumi kita.

Berkaca dari fenomena tersebut, PT Uni-Charm Indonesia melalui slogan perusahaannya “Ethical Living for SDGs”, berinovasi dengan menghadirkan pembalut dengan kandungan Bio Material, yakni Charm Daun Sirih + Herbal Bio.

Charm Daun Sirih + Herbal Bio menggunakan Bio Material yang sepenuhnya berasal dari ampas tumbuhan tebu, batu kapur, botanical oil dan getah pinus alami.

“Penggunaan Bio Material lebih ramah lingkungan karena berasal dari tumbuhan yang bisa diperbarui. Tebu yang dipakai diproduksi 12 bulan. Bahan dasar yang digunakan adalah ampas tebu,” kata Yukihiro Ito, Research and Development General Manager PT Uni-Charm Indonesia Tbk dalam konferensi pers yang digelar di salah satu hotel Jakarta, (6/6/2023).

Charm Daun Sirih + Herbal Bio kali ini hadir dengan komposisi lebih dari 80% Bio Material atau 1.4 kali lipat lebih banyak dari pembalut edisi terbatas yang diluncurkan di tahun lalu,

 

Riset 4 Tahun

Untuk meluncurkan pembalut berbahan bio material, departemen R&D PT Uni-Charm telah melakukan riset selama kurang lebih 4 tahun. Bekerja sama juga dengan badan riset dan luar negeri untuk melakukan trial and error berulang kali.

Hasilnya, PT Uni-Charm Tbk berhasil meluncurkan pembalut dengan menggunakan 80% menggunakan Bio Material yang terdapat pada top sheet atau bagian yang bersentuhan langsung dengan kulit, back sheet atau yang bersentuhan dengan celana dalam, kemasan individual, serta kemasan luarnya.

“Ini merupakan pertama kalinya bagi Unicharm Group, sebagai bentuk kontribusi pada pengurangan plastik berbahan dasar minyak bumi,” tutur Yuji Ishii.

Atasi Masalah Bau

Selain itu, pembalut ini juga memiliki kandungan herbal alami seperti daun sirih, kunyit, manjakani, aloe vera dan jahe yang berfungsi untuk mengatasi masalah bau selama menstruasi

Tersedia dalam 2 varian, yaitu day dan night. Produk ini dikembangkan dengan harapan tidak hanya dapat mengurangi penggunaan material berbahan dasar minyak bumi, tetapi juga memiliki keunggulan dalam hal menghilangkan ketidaknyamanan wanita selama menstruasi.

Sayangnya, Charm Daun Sirih + Herbal Bio dihadirkan secara terbatas lantaran harga material yang lebih tinggi dan persediaan bahan baku yang lebih stabil. Seiring waktu dan permintaan pasar, PT Uni-Charm berencana meluncurkan produk tersebut secara bebas di pasaran.

Limited edition, Charm Daun Sirih + Herbal Bio kini sudah tersedia di seluruh e-commerce Indonesia mulai 6 Juni 2023. Jangan sampai kehabisan, Sahabat Fimela!

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading