Sukses

Lifestyle

5 Sikap Positif saat Mulai Bekerja

Fimela.com, Jakarta Bagi para fresh graduate ataupun mahasiswa yang baru memasuki dunia kerja, mungkin akan sedikit terasa menegangkan. Fase ini adalah fase terpenting dalam kehidupan seseorang karena inilah awal dari perjalanan karir. Kamu akan dihadapkan dengan banyak tantangan dan pengalaman baru, yang berpotensi membentuk keterampilanmu. 

Tidak hanya itu, ketika kamu memasuki dunia kerja, disitulah rasa tanggung jawabmu diuji. Kamu akan dituntut untuk bisa mengelola waktu dengan baik dan selalu berinisiasi melakukan hal baru. Banyaknya tantangan yang dihadapi, harus disiapkan dengan mental yang kuat. Oleh karena itu, kamu harus menerapkan 5 sikap positif ini saat memasuki dunia kerja. 

1. Stay positive

Saat memulai karir, penting untuk selalu bersikap positif. Jika kamu mendapat tantangan baru, hadapi dengan pemikiran positif bahwa tantangan tersebut akan membawamu pada keuntungan. Jangan selalu menganggap bahwa pekerjaan yang kamu lakukan sebagai tekanan beban. Hal itu akan membawamu pada kondisi stres.

2. Fokus pada tujuan

Di awal perjalanan karir, mungkin kamu akan menghadap banyak distraksi. Untuk menghindari sikap bimbang, sebaiknya kamu bisa menetapkan tujuan yang jelas. Tetaplah fokus untuk mengejar target tersebut agar selalu merasa termotivasi.

3. Selalu meminta feedback

Sikap ini adalah sikap yang paling penting dalam dunia kerja, apalagi jika kamu baru memasukinya. Kamu harus bisa berinisiatif untuk meminta feedback atas pekerjaanmu. Mintalah pendapat dari atasan atau rekan kerjamu. Terimalah kritik dan saran sebagai motivasi yang membangun.

4. Berhubungan baik dengan rekan kerja

Hal ini disarankan penuh untuk dijalani. Jalinlah hubungan yang baik dengan rekan kerjamu. Mengapa begitu? Karena kamu dan dia akan saling membutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Penting untuk saling mendukung dan berbagi ilmu.

5. Ingin terus belajar

Ketika baru menginjak dalam dunia pekerjaan, kamu harus memiliki keinginan untuk terus belajar dan berkembang. Serap ilmu sebanyak mungkin yang bisa kamu dapatkan. Jangan takut untuk berbuat salah, karena kesalahan adalah hal yang wajar terjadi. Lihatlah hal tersebut sebagai peluang dan bisa belajar dari kesalahan.

Nah, itu dia 5 hal positif yang harus kamu terapkan saat pertama kali merasakan dunia bekerja. Stay positive and keep it up!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading