Sukses

Lifestyle

5 Tanda Perempuan Tangguh yang Bisa Bangkit dari Titik Terendah Hidup

Fimela.com, Jakarta Masalah dan persoalan hidup bisa makin berat dari waktu ke waktu. Di antara kita pun pasti pernah berada di titik terendah dalam hidup. Untuk bisa bangkit dari kegagalan atau bangun lagi dari titik terendah hidup memang tak mudah, tetapi bisa jadi selama ini di dalam dirimu ada jiwa yang tangguh.

Saatnya untuk memandang hidupmu dengan cara yang lebih positif. Ada sejumlah hal yang merupakan tanda di dalam dirimu sebenarnya ada kemampuan untuk selalu bisa bangkit dari keterpurukan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Memiliki Kesadaran Pikiran yang Baik

Mengutip buku Growing Up Mindful, "Salah satu berkah kesadaran pikiran adalah mentransformasi kepedihan hidup menjadi kebijaksanaan dan kebaikan. Semua filsuf terhebat mengatakan bahwa rasa sakit adalah batu loncat pertumbuhan spiritual." Saat kita bisa menyikapi rasa sakit sebagai cara untuk membuat diri makin dewasa dan mengembangkan belas kasihan, kita bisa memiliki mental yang lebih kuat dalam menjalani hidup. Dengan kesadaran pikiran yang baik kamu akan selalu bisa menemukan kekuatan untuk melihat sisi baik dari setiap hal yang kamu alami dalam hidup.

 

 

2. Mempunyai Keberanian Menerima Kenyataan Hidup

Mengutip buku Semua Orang Butuh Curhat, "Serangkaian kajian yang dilakukan oleh peneliti Daniel Gilbert di Harvard telah menemukan bahwa dalam merespons peristiwa hidup yang menantang, mulai dari yang menghancurkan (menjadi cacat, kehilangan orang terkasih) sampai yang sulit (perceraian, penyakit)—ternyata orang lebih kuat daripada yang mereka duga." Ketika kamu berani menerima realitas hidup, kamu akan selalu menemukan kekuatan untuk menghadapi berbagai macam persoalan dalam hidup.

 

 

3. Memiliki Keberanian Memetik Hikmah dari Tiap Kejadian

Untuk bisa memetik hikmah atau pelajaran dari kejadian yang dialami jelas butuh keberanian tersendiri. Saat kamu punya keberanian untuk mengambil pelajaran dari kejadian atau pengalaman hidup, maka kamu akan selalu bisa mendapatkan kekuatan baru untuk bangkit dari kegagalan atau titik terendah hidup. Meskipun belum bisa menemukan solusi atau jalan keluar dari masalah yang ada setidaknya dengan kemampuan ini, hatimu bisa terasa lebih tenteram dan damai.

 

 

4. Memiliki Semangat untuk Mengupayakan Kebahagiaan

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Setiap orang hanya perlu mengusahakan kebahagiaannya sendiri-sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing." Selama semangat untuk mengupayakan kebahagiaan masih terjaga maka kau akan selalu punya kemampuan dan kekuatan untuk bangkit dari titik terendah hidup. Sebab kebahagiaanmu bisa menghadirkan energi baru untuk menjalani hidup dengan jiwa yang lebih tangguh.

 

 

5. Mempunyai Kemampuan Mengelola Stres yang Baik

Kemampuanmu mengelola stres yang baik bisa memudahkanmu untuk menjalani hidup dengan lebih kuat. Sebab dalam hidup ada hal-hal yang terjadi di luar kendali diri, dan yang bisa kita lakukan untuk bertahan adalah meredakan stres dengan cara ternyaman kita. Mengutip buku How to Love, "Manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Masing-masing individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri." Ketika kamu sudah menemukan mekanisme pertahanan dirimu sendiri maka kamu pun akan selalu punya cara untuk bisa bangkit dari tiap masalah yang kamu hadapi.

Semoga apa pun masalah yang kamu hadapi bisa segera kamu hadapi dan atasi dengan baik, ya. Terima kasih sudah berjuang dengan baik hingga titik ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading