Sukses

Lifestyle

5 Cara Bisa Hidup Mandiri tanpa Diremehkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya kita semua ingin diterima baik oleh semua orang. Kita pun sangat ingin bisa dihargai atas setiap pilihan hidup yang kita ambil. Sayangnya, kita tak punya kuasa untuk menentukan atau mengatur respons orang lain terhadap diri kita.

Bahkan ketika kita sudah berjuang mati-matian mewujudkan hal-hal yang menurut kita baik dalam hidup, masih saja ada orang yang memandang kita sebelah mata. Agar tak diremehkan orang lain, kita bisa mengupayakan banyak hal salah satunya adalah dengan menjalani hidup yang lebih mandiri. Caranya bisa dimulai dengan menerapkan strategi sederhana berikut ini.

1. Kurangi Ekspektasi Berlebihan

Mengutip buku Reclaim Your Heart, "Kita tidak pernah bisa menghindari semua kepedihan, tetapi dengan menyesuaikan harapan, respons, dan fokus, kita dapat menghindari banyak kerusakan." Orang-orang di sekitar kita akan selalu ada yang memandang kita sebelah mata. Bahkan ada yang sengaja ingin menjatuhkan kita. Di sini, kita perlu menguatkan diri dengan menyesuaikan harapan atau ekspektasi. Cukup fokus jalani pilihan hidup yang menurutmu paling baik, dan biarkan orang yang ingin menjatuhkanmu sibuk sendiri dengan kesulitannya sendiri.

 

 

2. Membuat Rencana Hidup Sendiri

Cobalah untuk membuat rencana hidupmu sendiri. Rangkai hal-hal yang perlu diupayakan untuk mencapai hal-hal yang kamu inginkan. Meskipun pilihanmu berbeda dari orang kebanyakan, tetap fokus jalani yang terbaik dengan cara yang bisa kamu upayakan sebaik mungkin. Keberanianmu dalam mewujudkan rencana-rencana yang kamu buat sendiri sudah menjadi hal yang sebenarnya istimewa dalam hidupmu.

3. Mempunyai Sumber Penghasilan Sendiri

Cobalah untuk menjadi perempuan yang berdaya. Bisa dimulai dengan memiliki penghasilan sendiri. Tak harus memiliki banyak penghasilan atau punya harta benda yang melimpah. Selama kamu bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarmu sendiri, maka sebenarnya sudah lebih mandiri. Dengan kemampuanmu ini pun, orang-orang yang ingin menjatuhkanmu pada akhirnya akan minder sendiri. 

4. Berani Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

Mengupayakan kebahagiaan sendiri bukanlah sesuatu yang egois. Justru dengan berani memiliki standar bahagia sendiri dan mengupayakannya sebaik mungkin, kamu bisa memiliki mental yang lebih kuat. Ketika ada orang yang membuatmu sedih dan terpuruk, kamu masih bisa kembali bangkit lagi dengan cara ternyaman yang bisa kamu upayakan sendiri.

5. Bangga dengan Perjalanan Hidup Sendiri

Meskipun perjalanan hidupmu tidak selalu mudah, tetaplah menghargai dan berbanggalah dengan semua itu. Dalam perjalanan hidupmu ke depannya pastinya masih akan ada orang yang memandangmu sebelah mata. Yang bisa kamu lakukan agar tidak gampang terpuruk atau tertekan adalah berusaha untuk menghargai dan mengapresiasi semua langkah yang sudah kamu ambil hingga sampai ke titik ini.

Tetaplah jalani dan nikmati kehidupanmu dengan hati yang lapang, ya. Semoga ke depannya makin ada banyak hal baik yang terjadi dalam hidupmu sebagai perempuan mandiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading