Sukses

Lifestyle

5 Kemampuan yang Bisa Membuatmu Lebih Kuat Jalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Ketika terjatuh dan terpuruk lalu tak ada orang yang bisa mengulurkan tangannya untuk membantumu, maka mau tak mau kamu perlu mengumpulkan kembali kekuatan di dalam dirimu untuk bisa bangkit lagi. Untuk bisa lebih kuat dalam menjalani hidup, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membekali diri dengan sejumlah kemampuan untuk bisa bertahan hadapi situasi yang terjadi di luar rencana atau ekspektasi.

Kali ini Fimela akan membahas lima jenis kemampuan yang bisa dimiliki untuk membantumu lebih kuat jalani hidup. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Kemampuan Mengelola Stres

Mengutip buku Growing Up Mindful, "Secara fundamental, stres adalah respons terhadap ketakutan, baik nyata maupun yang dipersepsikan. Manusia sudah terprogram untuk merespons ketakutan dengan beberapa cara saja." Stres dalam hidup tak selalu bisa dihindari. Ketika kondisi itu tak bisa kita hindari, maka yang perlu kita lakukan adalah berusaha untuk mengelolanya sebaik mungkin. Saat kamu sudah punya kemampuan untuk meredakan stres dengan cara ternyamanmu sendiri, maka kamu bisa lebih mudah bertahan hadapi situasi sulit dan bangkit lagi dari keterpurukan.

 

 

2. Kemampuan Berpikir Positif

Memang tak setiap saat kita bisa berpikir positif. Hanya saja dengan memiliki kemampuan berpikir positif kita bisa lebih mudah memetik hikmah atau pelajaran dari kejadian yang tak menyenangkan, dan itu membantu kita untuk bisa tetap mendorong kita melangkah ke depan. Harapan baru pun bisa selalu ditumbuhkan dengan kemampuan berpikir positif untuk bisa menjalani hidup dengan lebih kuat lagi.

 

 

3. Kemampuan Berempati

Kemampuan berempati ini bisa membantumu bisa lebih nyaman dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Mengutip buku How to Love, empati adalah proses memahami dan menerima emosi. Empati adalah hal terpenting dalam hubungan antarmanusia. Saat kamu bisa menjaga hubungan-hubungan yang baik dengan orang-orang yang ada di sekitarmu, kamu bisa memiliki support system yang baik untuk membantumu bertahan hadapi situasi sulit dalam hidup. Selain itu orang-orang di sekitarmu juga bisa lebih nyaman berada di dekatmu karena kemampuanmu yang bisa menerima mereka tanpa harus menghakimi atau menyudutkannya.

 

 

4. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi akan selalu dibutuhkan untuk bisa bertahan di situasi sulit. Ketika ada situasi yang tak bisa kamu ubah, kamu tak gampang merasa tertekan. Sebab kamu akan fokus berusaha beradaptasi dan membuat perubahan serta penyesuaian baru untuk tidak terpuruk terlalu lama. Menyesuaikan ekspektasi dan menata ulang harapan untuk bisa beradaptasi di setiap situasi yang dihadapi bisa selalu menghadirkan kekuatan baru untuk membuatmu mampu melewati masa sulit yang ada.

 

 

5. Kemampuan Mau Tekun Belajar

Ketekunanmu dalam belajar hal-hal baru dan berbeda dalam hidup bisa membantumu untuk bangkit dari keterpurukan. Ketika kamu membuat kesalahan kamu bisa belajar hal baru agar tak salah arah lagi. Saat mengalami kegagalan kamu bisa memetik pelajaran untuk membuatmu jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi. Kegigihanmu untuk terus belajar pun menjadi salah satu sumber bahan bakar terkuat untuk bisa membantumu menjalani hidup dengan lebih kuat lagi.

Semoga ke depannya kamu bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih bahagia juga, ya. Terima kasih sudah melakukan semua hal yang terbaik hingga hari ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading