Sukses

Lifestyle

Lenzing Mengatasi Perubahan Warna Garmen Berbasis Selulosa dengan Inovasi Terbarunya

Fimela.com, Jakarta Industri tekstil telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Perkembangan teknologi dan inovasi yang tak henti-hentinya telah membawa perubahan yang signifikan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan kain berkualitas.

Dilansir dari Textile World, keberadaan teknologi tidak hanya mempermudah industri tekstil dalam meningkatkan efisiensi produksi tetapi juga menghadirkan kain-kain yang lebih tahan lama, ramah lingkungan, dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Dalam hal ini Lenzing Group sebagai produsen serat khusus berbasis kayu terkemuka di dunia, telah memperkenalkan sebuah solusi pemrosesan baru yang mengatasi penguningan pakaian dan kain yang terbuat dari serat selulosa berbahan dasar kayu selama proses produksi dalam suhu tinggi. Inovasi ini menjadi yang pertama di industri tekstil dalam mengatasi tantangan teknis yang sering dihadapi selama proses pencetakan garmen.

“Perubahan warna pada garmen merupakan problematika yang melekat di industri ini. Melalui inovasi yang tengah berlangsung serta kolaborasi dekat dengan mitra pabrik kain, kami tidak hanya mengatasi permasalahan teknis yang umum, tetapi juga meningkatkan keberlanjutan dalam rantai nilai dengan potensi untuk meningkatkan penggunaan serat alami pada garmen innerwear dan outdoor. Inovasi teknologi terbaru ini juga menjadi wujud upaya Lenzing dalam memajukan serta memperluas aplikasi serat selulosa, seperti serat TENCEL, Lyocell, dan Modal, yang merupakan serat yang diciptakan dari sumber kayu berkelanjutan serta diproduksi melalui proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Hal ini menjadi bagian dari komitmen besar kami dalam mendorong perkembangan berkelanjutan dari rantai nilai tekstil.” ucap Rex Mok, Vice President of Fiber Technical Marketing and Development di Lenzing seperti tertulis dilansir dari Lenzing.com.

Mengatasi Masalah Penguningan

Secara tradisional, masalah perubahan warna dan penguningan yang disebabkan oleh pencetakan suhu tinggi menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam proses produksi garmen. Meskipun bahan kimia dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan perubahan warna dalam serat sintetis, metode ini tidak bekerja se-efektif pada serat selulosa yang terbuat dari kayu.

Namun, dengan solusi paten dari Lenzing, penguningan pada garmen berbasis serat selulosa dapat diminimalkan. Hal ini tentunya membantu pabrik kain menghadapi tantangan teknis selama produksi dan menciptakan garmen berwarna terang yang lebih tahan lama dari serat selulosa berbasis kayu. Selain itu, inovasi ini juga membuka peluang dan kesempatan yang baik bagi mitra pabrik dalam menemukan kombinasi kain dan warna yang tepat, sehingga memungkinkan mereka menciptakan produk yang menarik dan bervariasi. 

Melihat efektivitas dari inovasi yang dihasilkan, Lenzing berencana akan menerapkan inovasi ini pada produksi pakaian dalam dan shapewear secara global sebagai tahap awal. Namun, perusahaan memiliki rencana proaktif untuk memperkenalkan teknologi ini ke pakaian outdoor dan garmen siap pakai lainnya. Hal ini dikarenakan garmen seperti jaket tahan air, windbreaker, dan pakaian tahan cuaca lainnya yang menggunakan teknik pengikatan dengan segel panas sehingga akan mendapatkan manfaat dari inovasi ini dengan peningkatan kemungkinan warna dan desain yang lebih kreatif.

 

Lenzing Menjawab Kebutuhan Industri

Inovasi terbaru dari Lenzing ini telah membawa dampak yang cukup signifikan bagi para pelanggan dan masyarakat. Yelin sebagai pelanggan setia Lenzing, memberikan apresiasi kepada Lenzing terhadap penyelesaian nyata terkait penguningan kain selama proses pencetakan suhu tinggi. 

“Pelanggan kami memberikan respon positif atas perkembangan nyata terkait masalah penguningan kain selama proses pencetakan suhu tinggi. Solusi proses serta dukungan teknis dari tim Lenzing telah membuat hidup kami lebih mudah, mengizinkan kami untukmenemukan titik yang pas untuk beragam kombinasi kain dan warna.” ucap Li Wei, selaku Product Development Manager di Yelin.

Inovasi terobosan Lenzing dalam mengatasi perubahan warna pada garmen selama proses produksi memberikan solusi teknis yang luar biasa bagi industri tekstil. Dengan menghilangkan masalah yang melekat pada serat selulosa berbasis kayu, Lenzing membuka peluang desain yang lebih luas, memberikan dukungan teknis kepada pabrik kain, dan meningkatkan estetika produk. Solusi inovatif ini menjadi bukti nyata komitmen Lenzing dalam memajukan dan memperluas aplikasi serat selulosa yang berkelanjutan.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading