Sukses

Lifestyle

5 Sikap Tenang yang Bisa Membuat Mental Lebih Kuat

Fimela.com, Jakarta Untuk memiliki mental yang lebih kuat kita perlu mengusahakannya. Bisa dimulai dengan mulai menerapkan sikap-sikap yang lebih positif. Seperti mulai sering berusaha untuk bersikap tenang dalam menghadapi berbagai situasi yang ada.

Ada sejumlah sikap yang mengedepankan ketenangan diri agar mental bisa lebih kuat dalam menjalani hidup. Dengan sikap-sikap ini kamu pun bisa lebih mudah berpikir jernih dalam menghadapi setiap persoalan yang ada. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Mengutamakan Persepsi Positif

Mengutip buku Growing Up Mindful, "Riset menunjukkan bahwa persepsi negatif disandikan dan disimpan langsung di otak, masuk ke berkas bukti dalam benak kita yang mengatakan bahwa dunia adalah tempat yang negatif. Persepsi positif butuk waktu lama untuk disandikan, sekitar 20-30 detik. Jadi, ambil waktu selama sekitar 30 detik sekarang, untuk merenungkan dan menikmati hal positif dalam hari Anda." Saat kamu sedang mengalami masalah atau situasi yang rumit, beri dirimu waktu untuk bisa menghadirkan persepsi positif. Jangan terburu-buru mengambil keputusan saat pikiranmu sedang kacau karena itu bisa berisiko memperburuk keadaan.

2. Melatih Pernapasan

Agar mental lebih kuat bisa dengan mencoba melatih pernapasan. Latihan pernapasan yang baik juga bisa bantu kita meredakan stres dengan lebih baik. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Salah satu cara untuk menenangkan pikiran yang sedang ramai adalah menenangkan tubuh yang sedang stres. Dengan membuat tubuh rileks, denyut jantung melambat dan pikiran kita juga cenderung akan lebih longgar." Bisa dicoba dengan menarik napas melalui hidungan selama 4 detik, tahan selama 7 detik, lalu embuskan dengan mengerucutkan bibir selama 8 detik. Ulangi latihan pernasapan ini beberapa kali agar hati bisa lebih tenang.

3. Menerima Hal yang Tak Bisa Diubah dengan Lapang Dada

Tak perlu membebani diri dengan memaksa hal-hal yang tak bisa diubah untuk berubah sesuai keinginan. Sebab kita manusia juga memiliki keterbatasan, dan agar tidak gampang stres menghadapi situasi yang tak terduga bisa dimulai dengan lebih ikhlas menerima hal-hal yang tak bisa diubah. Maka, hati bisa terasa lebih damai.

4. Menjaga Fokus Mengupayakan Hal-Hal yang Masih Ada dalam Kendali Diri

Setelah lebih ikhlas menerima hal-hal yang tak bisa diubah, alihkan fokus dan energimu untuk melakukan hal-hal yang masih ada di dalam kontrol dirimu. Di sini kamu bisa lebih tenang dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas pentingmu sendiri. Kamu pun bisa berpikir lebih jernih untuk mencari masalah dari setiap persoalan yang ada tanpa merasa kewalahan.

5. Menghargai Semua Usaha yang Sudah Dilakukan

Memang kamu belum berhasil dan belum sempurna dalam melakukan banyak hal. Namun, jangan menjadikan itu alasan untuk terlalu keras pada dirimu sendiri. Cobalah untuk tetap menghargai dirimu dan semua usaha yang sudah kamu lakukan. Dengan sikap ini, kamu akan selalu bisa bertahan melewati setiap masa sulit yang ada.

Semoga ke depannya hatimu bisa makin kuat dan tangguh dalam menjalani hidup, ya. Terima kasih sudah senantiasa mengedepankan sikap-sikap positif dalam hidupmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading