Sukses

Lifestyle

5 Tips Liburan Bersama Anak Anti Ribet dan Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Memasuki musim liburan adalah waktunya bagi keluarga untuk menikmati waktu bersama. Apalagi bila berlibur membawa anak, maka persiapan mesti dilakukan dengan cermat. Bukan hanya akomodasi, mulai dari barang hingga kondisi tubuh anak harus diperhatikan agar liburan yang menguras tenaga tidak menyebabkan sakit.

Anak umumnya akan mudah lelah karena harus bepergian jauh. Karena inilah orang tua harus menjaga tubuh anak dan hal lain agar liburan terasa menyenangkan. Berikut tips menyiapkan liburan bersama anak melansir dari Care for Kids.

1. Buat Daftar Barang yang Perlu Dibawa

Agar tak ketinggalan satu pun barang penting, maka buatlah daftar dan tandai bila sudah masuk pada tas liburanmu. Tak hanya pakaian, mom juga harus menyiapkan obat pribadi, pakaian hangat, perlengkapan mandi khusus, hingga mainan anak. Perlengkapan ini akan menjaga anak merasa nyaman di manapun mereka berada. Bila perlu, siapkan stroller untuk bayi dan balita.

2. Jelaskan Rencana Liburan Pada Anak

Mulai dari destinasi wisata, penginapan, hingga kendaraan saat liburan jelaskanlah pada anak. Hal ini perlu dilakukan agar anak tidak berharap tinggi bila liburan berjalan tidak sesuai keinginannya. Memberi penjelasan padanya juga akan membangkitkan semangat anak yang tak sabar menunggu waktu liburan.

3. Siapkan Camilan

Bersenang-senang selama liburan memang membuat anak lebih mudah lapar dan makan dengan lahap. Namun makanan di tempat baru mungkin tidak cocok untuk perutnya. Inilah pentingnya menyiapkan camilan sebagai makanan darurat. Selain itu, kondisi tempat wisata yang kadang tidak memungkinkan untuk mencari makan bisa diatasi dengan camilan yang mengganjal lapar.

4. Siapkan Kegiatan Alternatif

Meski telah dijelaskan sejak awal, tak jarang anak mengalami mood swing sehingga ia malas untuk pergi ke tempat wisata. Tak perlu memaksanya, namun bangkitkan semangat anak dengan kegiatan menyenangkan. Misalnya dengan mengajaknya bermain, mewarnai, dan bernyanyi selama berada di penginapan. Kondisi hati yang membaik akan memudahkan orang tua untuk mengajak anak pergi ke destinasi wisata selanjutnya.

5. Cermat dalam Memilih Transportasi dan Penginapan

Bila destinasi wisata terbilang jauh, alangkah lebih baik untuk menggunakan transportasi udara yang nyaman dan hemat waktu. Anak lebih rentan sakit bila kelelahan karena stamina tubuhnya berbeda dengan orang dewasa. Selain itu mom juga harus cermat memilih penginapan yang nyaman. Pastikan waktu beristirahat anak tetap berkualitas meski berada jauh dari rumah.

Mengajak anak untuk liburan akan memberinya pengalaman yang tak terlupakan. Agar liburan lebih simple dan menyenangkan, Fimela Event bisa membantumu mewujudkan liburan impianmu. Segera cek event.fimela.com atau hubungi 0821-2459-2963 untuk informasi selanjutnya. Fimela Event will make your dream moments come true!

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

https://www.newshub.id/interactive2/3708

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading