Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Mata Bengkak Tiba-tiba yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Mata adalah salah satu indera manusia yang punya peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, kesehatan mata harus dijaga agar tidak menganggu kegiatan sehari-hari.

Mata yang tiba-tiba bengkak saat bangun tidur memang terdengar sepele dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun sebenarnya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Mata bengkak terasa tak nyaman dan akhirnya bisa mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Nah ternyata mata bengkak bisa terjadi karena beberapa hal. Berikut penyebab mata bengkak ketika bangun tidur yang terjadi secara tiba-tiba dan cara mengatasinya.

Penyebab Mata Bengkak

1. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan penyebab mata bengkak yang sering dialami oleh sebagian orang. Selain menyebabkan bengkak pada mata, kurang tidur juga bisa membuat kulit di sekitar mata menjadi kusam, berkerut, dan muncul lingkaran hitam di bawah mata.

2. Alergi

Alergi bisa terjadi ketika mata terpapar alergen (pemicu alergi). Bagi beberapa orang yang memiliki alergi mata, reaksi yang ditimbulkan bisa berupa mata gatal, berair, bengkak dan merah.

Pada beberapa kasus, gejala lain yang muncul selain iritasi mata adalah bersin dan hidung tersumbat. Alergen atau pemicu alergi bisa bermacam-macam. Beberapa pemicu alergi yang umum adalah bulu hewan, debu, serbuk sari bunga, serta asap rokok.

3. Kalazion

Kalazion ditandai dengan benjolan yang biasanya muncul di kelopak mata atas. Kondisi ini diakibatkan oleh tersumbatnya saluran kelenjar minyak, yang menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di kelopak mata.

Benjolan biasanya bertahan selama 2–6 bulan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan pembengkakan mata akibat kalazion, mulai dari kompres hangat, konsumsi antibiotik, pembersihan kelopak mata secara rutin, pijatan lembut di area mata yang bengkak, hingga operasi kecil.

4. Konjungtivitis

Penyebab mata bengkak yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi. Konjungtivitis adalah infeksi atau pembengkakan pada membran luar bola mata, dengan gejala berupa mata merah, berair, dan terasa gatal.

Kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus, tetapi bisa juga disebabkan oleh bakteri. Selain infeksi, konjungtivitis juga bisa terjadi karena alergi dan iritasi terhadap zat tertentu.

Untuk meredakan gejalanya, kamu bisa menggunakan kompres hangat atau obat tetes mata yang dijual bebas. Namun, jika konjungtivitis disebabkan oleh alergi, kamu bisa juga mengonsumsi antihistamin, seperti loratadine dan diphenhydramine.

5. Sengatan serangga

Gigitan atau sengatan serangga bisa menimbulkan reaksi alergi seperti mata bengkak. Lebah dan tomcat merupakan jenis serangga yang sengatannya bisa menyebabkan mata bengkak.

Selain daerah mata, sengatan serangga bisa menyebabkan pembengkakan di daerah mulut dan tenggorokan, sulit bernapas, pusing, mengi, nyeri perut, bahkan pingsan. Kondisi ini disebut syok anafilaktik dan perlu segera mendapatkan penanganan.

Untuk meredakan mata bengkak karena sengatan serangga, kamu bisa mengoleskan krim pereda gatal atau mengonsumsi antihistamin.

Cara Mengurangi Mata yang Bengkak dengan Cara Alami

1. Teh Hijau

Dilansir dari Healthline, teh hijau dapat membantu mengatasi kantung mata yang hitam dan membengkak. Kafein dalam teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. 

Cara mengompres kantung mata dengan teh hijau:

  • Seduh dua kantong teh hijau selama 3 hingga 5 menit.
  • Biarkan kantong teh hijau mendingin dan apabila sudah tidak terasa panas dapat di masukan ke dalam kulkas selama 20 menit.
  • Setelah menunggu, ambil teh dari kulkas kemudian peras kantong teh agar tidak terlalu basah.
  • Setelah kantong teh sudah diperas, letakkan ke area bawah mata Anda.
  • Biarkan kantong teh mengompres area bawah mata selama 15 hingga 30 menit.
  • Setelah di kompres, bilas wajah dengan air bersih.

2. Kompres dingin

Kompres dingin bisa bantu redakan bengkak di area mata. Siapkan handuk kecil yang masih bersih, lalu basahi dengan air dingin. Kemudian kompres area bawah mata atau kelopak mata yang bengkak dengan handuk dingin selama beberapa menit.

3. Irisan Timun

Irisan mentimun juga bisa bantu atasi mata bengkak. Siapkan irisan mentimun, cuci bersih, simpan di dalam kulkas. Setelah itu, gunakan irisan mentimun yang dingin untuk mengkompres area mata yang bengkak. Kompres area mata selama beberapa menit sambil berbaring untuk bantu rilekskan kembali otot-otot di area mata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading