Sukses

Lifestyle

5 Sikap Mandiri Melakukan Banyak Hal Sendiri dan Tak Diremehkan Orang

Fimela.com, Jakarta Melakukan banyak hal sendirian mungkin awalnya terasa sulit. Berusaha untuk mandiri mengerjakan dan menjalani berbagai aktivitas bisa membuat kita mendapatkan banyak tantangan baru. Termasuk tantangan menghadapi orang yang memandang kita sebelah mata atau meremehkan kita.

Tak perlu langsung ciut atau minder menyikapi pandangan buruk orang lain. Kamu masih bisa nyaman melakukan banyak hal secara mandiri dan memiliki mental yang lebih kuat. Caranya bisa dimulai dengan mengedepankan sikap-sikap berikut ini.

1. Fokus Mengutamakan Kenyamanan Diri

Menyepi sejenak atau melakukan sesuatu seorang diri bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengisi ulang energi. Di sini kamu cukup fokus mengutamakan kenyamanan dirimu sendiri lebih dulu. Sadari bahwa tiap orang punya caranya sendiri untuk menghadirkan kenyamanan dalam hidup. Selama kamu tak merugikan siapa pun dan kamu bisa bertanggung jawab atas hal yang kamu lakukan, maka fokus saja untuk menikmati hal yang kamu sukai.

2. Berani Bersikap Realistis

Tak selamanya kamu bisa bergantung pada orang lain. Tak setiap saat kamu bisa mendapat bantuan atau pertolongan orang lain dalam melakukan sesuatu. Di sini kamu bisa bersikap realistis dan memahami kembali konsep psikologi positif. Mengutip buku Growing Up Mindful, "Psikologi positif bukan berpura-pura positif saat kita merasa tidak positif, atau berpura-pura bahagia saat kita tidak merasa demikian. Psikologi positif adalah mengalibrasi kembali 'bias negatif' yang sudah tertanam dalam diri kita sehingga kita melihat dunia dengan cara yang realistis dan seimbang." Dengan bersikap realistis, mentalmu bisa lebih kuat dan kamu tak akan gampang merasa rendah diri saat ada yang memandangmu sebelah mata.

3. Lebih Berdaya

Saatnya untuk menjadi perempuan yang lebih berdaya. Tingkatkan sikap untuk bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan diri sendiri. Serta tetaplah berusaha untuk berbagi pada orang lain. Dengan menjadi perempuan berdaya dan bisa berdiri di atas kaki sendiri, orang-orang yang berniat menjatuhkanmu pada akhirnya akan mundur sendiri.

4. Mau Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Terbiasa melakukan banyak hal sendirian memang tak selalu mudah. Namun, setiap kepuasan batin yang bisa didapatkan dari keberhasilan melakukan sesuatu secara mandiri bisa menghadirkan kebahagiaan sendiri. Hal ini pun bisa makin mendorongmu untuk bisa menikmati hidup lebih baik dengan mengupayakan kebahagiaanmu secara mandiri.

5. Mengedepankan Perspektif Positif

Sikap mengedepankan perspektif positif bisa hadirkan mental yang lebih kuat di dalam dirimu. Kamu bisa lebih bahagia dan nyaman melakukan hal-hal yang kamu sukai secara mandiri sekaligus menjaga fokusmu untuk meningkatkan kualitas hidup terbaikmu. Sehingga dalam menyikapi orang yang meremehkanmu atau merendahkanmu, kamu tidak gampang stres atau terlalu tertekan lagi sebab kamu menyadari tiap orang punya pergulatan dan pergumulan hidupnya sendiri.

Semoga kamu pun bisa makin bahagia dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai secara mandiri, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading