Sukses

Lifestyle

5 Ciri Perempuan Cerdas meski Sering Dianggap Penyendiri

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin kamu sering dianggap penyendiri karena terbiasa melakukan banyak hal sendiri. Di saat butuh waktu untuk menjernihkan pikiran pun kamu akan mencari waktu paling nyaman dan tenang untuk dirimu sendiri. Meskipun sering dianggap penyendiri, tetapi sebenarnya kamu punya kecerdasan sendiri.

Kamu termasuk golongan orang cerdas di balik sikapmu yang terbiasa mandiri. Walau ada yang menganggapmu pemalu bahkan egois karena suka melakukan banyak hal seorang diri, tetapi bisa jadi justru di situlah letak kekuatan terbesarmu yang membantumu bisa meraih potensi terbaik dirimu. Selengkapnya, mari simak sejumlah tanda berikut ini yang menunjukkan bahwa sebenarnya kamu juga termasuk dalam golongan perempuan cerdas.

1. Punya Kesadaran Diri Emosional yang Baik

Saat kamu punya kesadaran diri emosional yang baik kamu akan lebih mudah bertahan melewati masa-masa sulit. Kamu pun bisa lebih mudah mengatasi dan meredakan stres yang kamu rasakan. Mengutip buku Emotional Intelligence, kesadaran diri emosional ini mencakup perbaikan dalam mengenali dan merasakan emosi sendiri; lebih mampu memahami penyebab perasaan yang timbul; dan mengenali perbedaan perasaan dan tindakan. Punya kesadaran diri emosional yang baik menjadi tanda kamu punya kecerdasan emosinal yang baik sebab itu sangat membantumu untuk mengontrol emosi dan mengendalikan perasaan yang kamu miliki.

2. Suka Mempelajari Hal-Hal Baru

Rasa ingin tahu yang tinggi bisa menjadi salah satu tanda kecerdasan. Saat kamu tergerak untuk mempelajari hal-hal baru, kamu punya rasa ingin tahu yang ingin kamu penuhi. Hal ini pun bisa mengasah ketajaman pikiran. Serta, meningkatkan fungsi otakmu untuk berkembang lebih baik lagi. Di saat orang lain menganggapmu suka menyendiri, sebenarnya kamu sedang tekun dan fokus mempelajari hal-hal baru dan ini pada dasarnya akan meningkatkan kecerdasanmu sendiri.

3. Bisa Membuat Perubahan Lebih Baik

Menyendiri tak lantas membuatmu anti sosial. Melainkan kamu tahu cara memfokuskan energi dan waktu yang kamu punya untuk membuat perubahan yang lebih baik. Bahkan kamu pun tak merasa selalu sempurna dalam melakukan sesuatu sebab yang kamu kejar adalah perubahan yang lebih baik. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Kita perlu menyadari bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, maka jangan berharap kesempurnaan. Berharaplah melakukan yang terbaik, untuk menjadi lebih dari masa lalu, tapi bukan kesempurnaan. Kejarlah perubahan, bukan kesempurnaan." Dengan pemahaman ini dan semangatmu untuk membuat perubahan yang lebih baik, maka sebenarnya kamu punya kecerdasan yang istimewa.

4. Suka Meluangkan Waktu untuk Melatih Kesadaran Berpikir

Kamu punya rutinitas yang membantumu untuk melatih kesadaran berpikir, seperti meditasi, yoga, latihan pernapasan, dan lain sebagainya. Mengutip buku Growing Up Mindful, beberapa bagian otak menunjukkan perubahan positif dengan meditasi kesadaran berpikir. Para peneliti percaya bahwa persimpangan temporoparietal menjadi rumah dari banyak aspek kecerdasan emosional, di antaranya kemampuan untuk melatih situasi dengan sudut pandang yang lebih luas, melihat perspektif orang lain, dan mempertimbangkan konsekuensi lebih jauh dari tindakan dan perilaku. Ketika kamu menepi dari keramaian dan melakukan latihan untuk mempertajam kesadaran berpikir, maka sebenarnya kamu juga sedang mengoptimalkan fungsi otakmu.

5. Berani Mengoptimalkan Kelebihan Diri

Mengoptimalkan kelebihan diri bisa membuat hidupmu terasa lebih bermakna. Menjadi perempuan yang berdaya dan bisa memaksimalkan peran yang dimiliki membantumu untuk mendapatkan kebahagiaan tersendiri. Di balik sikapmu yang rendah hati kamu tetap bersemangat untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dengan cara yang kamu sukai. Sikap ini pun akan menjadi salah satu modal penting menjadi pribadi yang makin cerdas dari waktu ke waktu juga.

Yuk, tetap semangat menjadi pribadi yang cerdas dan lebih bahagia lagi ke depannya. Terima kasih sudah berusaha menjalani hidupmu sebaik mungkin hingga titik ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading