Sukses

Lifestyle

5 Cara Menikmati Pekerjaan yang Tidak Sesuai Harapan

Fimela.com, Jakarta Dunia karir selalu memiliki tantangan yang harus selalu dilalui. Apalagi bila bekerja dalam bidang yang tidak sesuai harapan, pekerjaan jadi terasa lebih berat. Berjuang untuk bertahan tidaklah mudah, dan mengganti pekerjaan pun sama sulitnya. Ditambah dengan banyaknya pesaing dengan latar belakang hebat dan kriteria tiap perusahaan yang tinggi, mengganti pekerjaan malah bisa menimbulkan kesulitan baru.

Bekerja memang tidak selalu sesuai harapanmu. Kadang kala kamu harus bertahan dan menikmati karir saat ini sambil menyusun rencana untuk perubahan karir masa depan. Namun, bagaimana cara menikmati pekerjaan yang tidak sesuai harapan? Berikut tips yang bisa diterapkan.

1. Sadari Hal yang Bisa dan Tidak Bisa Dikendalikan

Setiap tantangan dalam hidup tidak selalu dapat dikendalikan. Kadang kala kamu harus menikmati hal yang tidak bisa dikendalikan. Seperti perubahan sistem kantor atau posisi baru yang tidak sesuai harapan. Cara mengatasi rasa tidak nyaman adalah dengan mengendalikan emosi dalam dirimu. Tidak semua hal akan berjalan sesuai harapan, maka nikmatilah pencapaian saat ini. Pandang pekerjaan saat ini sebagai langkah awal menuju karir lebih sukses di masa depan.

2. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Baik melakukan hobi, bersantai, atau bersenang-senang lakukanlah untuk mengubah mood. Suasana hati baik akan membawa hari yang baik. Bila perlu, lakukan hal menyenangkan sebelum berangkat kerja. Cara ini bisa membuatmu rileks dan meningkatkan mood saat kerja.

3. Lakukan Hal Menyenangkan di Kantor

Berbincang dengan rekan kerja, menikmati menu kesukaan untuk makan siang, atau mendengarkan lagu sambil menyelesaikan pekerjaan bisa membuatmu senang. Kegiatan menyenangkan memberi suasana hati baik dan rileks saat bekerja. Pada akhirnya, kamu akan menikmati proses bekerja.

4. Ubah Cara Berpikir

Tidak ada pekerjaan yang sempurna. Ingatlah bahwa untuk mencapai pekerjaan impian, kamu harus menikmati tiap prosesnya. Mengubah pola pikir akan memberi makna lain dari tiap proses dalam karirmu. Dengan begitu, pekerjaan yang tidak sesuai harapan dapat dijadikan pelajaran.

5. Buat Rencana untuk Pekerjaan Baru

Jika semua usaha gagal, mungkin sudah waktunya untukmu keluar dari pekerjaan saat ini dan membuat rencana baru. Susun daftar tujuan dan carilah banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan. Jangan lupa untuk perbarui resume. Pastikan langkah ini telah dipertimbangkan dengan baik agar tidak menyesal.

Memiliki pekerjaan tidak sesuai harapan berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Belajar untuk menikmati kondisi saat ini dan susun rencana untuk masa depan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading