Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab Badan Terasa Sakit Semua? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Waktu tidur adalah hal yang sangat penting. Manusia paling tidak butuh tidur selama 7-9 jam sehari. Jika kebutuhan ini tidak tercukupi, maka bisa menimbulkan permasalahan pada fisik maupun mental.

Oleh karena itu, sebisa mungkin di malam hari kamu mempersiapkan aktivitasmu agar bisa mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Ada pula beberapa hal yang harus dihindari agar tidurmu nyenyak.

Terdengar ribet, ya? Namun itulah yang harus dilakukan. Tidur sangat berpengaruh besar terhadap fisik serta keseharianmu di keesokan paginya. Pernahkah kamu merasakan badan sakit semua ketika bangun tidur? Nah itulah salah satu akibat kalau ada yang salah dengan tidurmu.

Badan yang terasa sakit saat bangun tidur bukan terjadi tanpa alasan. Berikut beberapa penyebab badan sakit saat bangun tidur.

Penyebab Badan Terasa Sakit Semua Saat Bangun Tidur

1. Terlalu dekat dengan kipas angin saat tidur

Apakah kamu suka tidur dengan kipas angin yang menyala? Jika ya, maka inilah penyebab badanmu terasa sakit saat bangun tidur.

Menggunakan kipas angin ketika cuaca sedang gerah dan panas memang akan membuatmu jadi nyaman dan tidur lebih nyenyak. Namun sayangnya kipas angin yang menyala ini bisa membuat badanmu terasa sakit saat bangun tidur.

Angin yang mengenai langsung tubuhmu dalam waktu semalaman bisa membuat otot tegang. Akibatnya, otot bisa terasa kaku dan kram saat kamu bangun di pagi hari. Tidak hanya itu saja, tidur dekat kipas angin yang menyala bisa membuat kulitmu kering dan masalah pernapasan, seperti hidung tersumbat, serta memicu alergi debu.

2. Olahraga berlebihan

Olahraga memang menyehatkan. Namun, kalau kamu berolahraga secara berlebihan bisa jadi akan mendatangkan masalah. Salah satunya, bangun tidur dengan kondisi badan sakit semua.

Saat olahraga, otot-otot pada tubuh bekerja keras untuk menggerakkan anggota badan. Ketika kamu melakukan gerakan yang sama secara berulang dan terus-menerus, bisa jadi esok harinya badanmu akan terasa sakit.

3. Salah bantal

Posisi bantal atau posisi tidur yang tidak benar bisa membuat lehermu nyeri. Kondisi ini sering disebut sebagai salah bantal. Tidak hanya leher, badanmu juga bisa terasa sakit semua akibat posisi tidur yang tidak sesuai. Umumnya, keluhan ini terjadi kalau kamu tidur dengan posisi tengkurap.

4. Minum alkohol dan merokok sebelum tidur

Kebiasaan minum alkohol dibarengi dengan merokok bisa jadi penyebab badanmu sakit semua saat bangun tidur. George Girgis, DO, spesialis obat pereda nyeri pada Cleveland Clinic menyebutkan bahwa asap rokok bisa mengganggu aliran darah kaya oksigen dan nutrisi mencapai tulang dan jaringan.

Bahan kimia rokok juga membatasi pertukaran karbondioksida dengan oksigen dalam darah. Akibatnya, kadar oksigen dalam darah rendah dan sirkulasi darah terganggu. Pada akhirnya, kondisi ini bisa membuat otot melemah dan terasa nyeri.

5. Pertanda masalah kesehatan

Keluhan badan sakit semua saat bangun tidur, ternyata bisa jadi tanda bahwa kamu memiliki masalah kesehatan, seperti:

1. Rematik 

Peradangan pada sendi akibat sistem imun yang keliru dan menyerang sendi ini sangat umum menyebabkan rasa nyeri pada tubuh. Rasa nyeri memang bisa muncul kapan saja, termasuk ketika bangun di pagi hari.

2. Kadar vitamin D yang rendah

Kondisi rendahnya asupan vitamin D yang penting untuk tulang bisa menimbulkan berbagai gejala, salah satunya nyeri pada tubuh yang terjadi di pagi hari.

3. Sleep apnea

Gangguan tidur, seperti sleep apnea bisa menyebabkan napas seseorang terhenti dalam beberapa detik. Akibatnya, penderitanya bangun dalam kondisi kaget dan terengah-engah. Asupan oksigen mungkin juga tidak tercukupi dengan baik sehingga menimbulkan badan sakit semua saat bangun tidur.

Cara Mengatasi

Agar badan tidak lagi nyeri saat bangun tidur, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mencoba posisi tidur yang sehat, memilih bantal untuk tidur yang tepat dan memposisikan bantal tidur dengan sesuai.

Hindari kebiasaan minum alkohol dan merokok di malam hari yang bisa mengganggu tidur. Kemudian, atur kembali waktu kamu untuk berolahraga dan sesuaikan durasinya. Ketimbang melakukan olahraga sekaligus dalam waktu lama, lebih baik kamu menerapkan 30 menit setiap harinya. Pastikan juga jarak kamu dan kipas angin tidak terlalu dekat agar tidak timbul masalah keesokan harinya. 

Kalau ternyata semua cara sudah kamu lakukan namun badanmu masih terasa sakit saat bangun tidur, maka sebaiknya kamu konsultasikan kepada dokter. Bisa jadi badanmu yang sakit setelah bangun tidur itu terjadi karena kamu punya masalah kesehatan yang harus ditangani.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading