Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

Fimela.com, Jakarta Setiap orang terlahir dengan tingkat kecerdasan masing-masing. Beberapa berada di tingkat teratas sehingga ia adalah tipe pribadi yang sangat mengesankan. Sementara beberapa lainnya, berada di tingkat yang sama dengan orang lain secara umum. Orang ini tak kalah mengesankan dan istimewa di mata semua orang. 

Mengutip dari laman healtline.com, para ahli meyakini bahwa setiap orang memiliki potensi untuk meningkatkan kecerdasan dalam dirinya. Ada beberapa aktivitas atau kebiasaan sehari-hari yang bisa meningkatkan kecerdasan. Berikut beberapa kebiasaan tersebut.

Bermain Musik

Untuk meningkatkan kecerdasan otak, salah satu kebiasaan sehari-hari yang bisa dilakukan adalah bermain musik. Bermain musik bermanfaat mengasah kemampuan otak, melatih kreativitas, melatih keterampilan mengolah bahasa, nada, matematika dan masih banyak lagi. Ini juga bermanfaat memaksimalkan fungsi otak berapapun usia seseorang. 

Membaca

Kebiasaan membaca tak hanya mencerdaskan otak, tapi juga memperluas wawasanmu. Para ahli bahkan menemukan jika membaca bisa mengurangi stres, menyehatkan mental dan membuat perasaan lebih bahagia. Perasaan ini yang memungkinkan seseorang memiliki otak lebih cerdas, mengesankan dan mengagumkan.

Olahraga

Jangan pernah melewatkan kebiasaan baik untuk berolahraga setiap harinya. Olahraga secara teratur, bisa memompa aliran darah menuju ke otak dengan baik. Ini juga membuat tubuh lebih sehat. Tubuh yang sehat, berpengaruh besar pada kecerdasan otak. Dibandingkan orang yang hanya bekerja dengan duduk terlalu lama, orang yang banyak bergerak lebih cerdas. Otak bisa bekerja secara lebih cepat dengan gerak tubuh yang cukup setiap harinya.

Meditasi

Kegiatan bermeditasi juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Studi yang dipublikasikan di Prosiding National Academy of Sciences, ditemukan jika bermeditasi seperti berdiam diri dan melakukan yoga, akan meningkatkan kecerdasan otak secara maksimal. 

Melatih Otak

Aktivitas melatih otak seperti bermain teka-teki silang, sudoku, catur, permainan papan, permainan kartu dan sejenis, juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Orang-orang yang hobi melatih otak mereka, bahkan ditemukan rendah risiko terhadap depresi dan kecemasan. 

Itulah sekian kebiasaan sehari-hari yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak. Penting bagi kita untuk membiasakan diri dengan aktivitas di atas. Selain mencerdaskan otak, aktivitas di atas dipercaya bisa mencegah alzeimer, demensia dan masalah otak lainnya di masa tua. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading