Sukses

Health

7 Makanan Enak yang Bermanfaat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki otak cerdas dan daya ingat yang baik? Bisa dipastikan bahwa semua orang ingin memiliki otak cerdas, daya ingat baik dan sehat. Otak sendiri merupakan organ paling penting dalam kehidupan seseorang. Sebagai pusat sistem saraf, otak berperan penting dalam mengatur organ tubuh secara keseluruhan. 

Mengutip dari laman healtline.com, selain membutuhkan pikiran yang rileks atau menghindari stres, otak juga penting mendapat asupan nutrisi terbaik setiap harinya. Nutrisi yang tepat, akan membantu otak semakin cerdas. Ini juga membantu seseorang memiliki daya ingat optimal serta pola pikir yang mengesankan. Ada beberapa makanan enak yang bermanfaat menutrisi otak dengan baik. Makanan ini bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja?

Gandum

Makanan pertama ada gandum. Selain meningkatkan kecerdasan otak, gandum bisa mencegah risiko jantung, diabetes dan naiknya kolesterol dalam tubuh. Gandum bahkan bisa menjadi nutrisi diet terbaik bagi mereka yang ingin memiliki berat badan ideal.

Ikan Kaya Omega 3

Asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA, sangat penting untuk perkembangan otak. Tak hanya pada otak orang dewasa, ini sangat penting bagi otak janin yang masih ada di dalam kandungan. Omega 3 pada ikan, baik bagi peningkatan kecerdasan dan kekuatan daya ingat. Salah satu ikan dengan omega adalah ikan salmon.

Tomat

Tomat adalah sumber nutrisi yang memiliki segudang manfaat buat tubuh. Salah satunya baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Tomat diduga bisa meningkatkan fungsi kognitif dan ingatan jangka panjang. Kandungan zat pada tomat, juga ampuh menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi dan mencegah stroke.

Blueberry

Penelitian dari Reading University, Inggris, mengungkap bahwa antioksidan pada blueberry membantu menstimulasi aliran darah dan oksigen ke otak. Alhasil, kesehatan, kekuatan dan performa otak akan senantiasa optimal. Konsumsi rutin blueberry bahkan dipercaya bisa mencegah risiko masalah kesehatan terkait dengan otak baik itu demensia hingga alzeimer.

Bayam

Bayam adalah salah satu sayur dengan segudang manfaat buat kesehatan. Salah satu manfaat terbaik bayam adalah meningkatkan kecerdasan otak. Bayam mengandung zat besi dan asam folat yang mengoptimalkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk otak.

Brokoli

Para ahli mengungkapkan jika brokoli sebagai salah satu super food. Ini mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk tubuh. Ini juga mengandung antioksidan serta vitamin yang meningkatkan kecerdasan otak.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin E yang baik. Studi yang diterbitkan pada American Journal of Epidemiology, menunjukkan bahwa mencukupi kebutuhan vitamin E bisa bantu mencegah penurunan fungsi kognitif. Ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kecerdasan otak. 

Itulah sekian makanan enak yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak. Makanan ini penting dikonsumsi oleh semua orang di segala usia termasuk anak-anak dan balita. Selain makanan di atas, kunyit, buah bit, sayuran hijau, teh hijau dan telur juga ampuh meningkatkan kecerdasan otak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading