Sukses

Beauty

5 Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang wajah yang sehat tentu menjadi impian setiap orang. Kesehatan kulit perlu dijaga agar terhindar dari penyakit kulit seperti jerawat, cacar air, dermatitis, hingga kanker kulit. Kulit yang sehat tidak datang dengan sendirinya, tapi perlu usaha untuk mendapatkannya.

Tapi, merawat kulit agar sehat tidak selalu tentang perawatan yang membutuhkan biaya yang mahal. Merawat kulit dapat dimulai dengan tindakan-tindakan yang sederhana. Fimela telah merangkum 6 tips sederhana dilansir dari laman American Academy of Dermatology untuk menjaga kesehatan kulit wajah Sahabat Fimela:

1. Rutin Memakai Sunscreen

Indonesia merupakan negara tropis yang terpapar sinar matahari sepanjang tahun. Sinar matahari mengandung sinar UV. Apabila terpapar sinar ini secara berlebihan dapat menyebabkan kulit terbakar hingga kanker kulit. Sunscreen atau tabir surya sangat diperlukan setiap orang. Sunscreen dapat dipakai setiap hari dan diaplikasikan kembali setiap 2 jam sekali.

2. Memakai Rangkaian Skincare Secara Teratur

Sebelum membeli produk skincare. Sahabat Fimela perlu mengenal jenis kulitmu terlebih dahulu. Terdapat 5 jenis kulit, yaitu kulit sensitif, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Pilih skincare sesuai dengan jenis kulit agar kandungan yang ada di skincare dapat bekerja secara maksimal. Tidak lupa juga untuk selalu menggunakan skincare secara teratur.

3. Rutin Mengganti Sarung Bantal

Langkah ini merupakan tindakan sederhana yang mungkin sering dilupakan. Kebersihan bantal perlu dijaga karena bantal selalu bersentuhan dengan wajah sebelum tidur. Oleh karena itu, penting untuk rutin mengganti sarung bantal. Setidaknya seminggu atau dua minggu sekali untuk menjaga kebersihan bantal.

4. Jauhkan Tangan dari Wajah

Tidak dapat dipungkiri bahwa tangan menjadi sumber kotoran, kuman, hingga minyak. Setiap tangan menyentuh wajah, kotoran-kotoran yang menempel di tangan akan berpindah ke wajah.  Hindari menyentuh wajah dengan tangan sebelum mencuci tangan dengan bersih. Hindari juga untuk memencet jerawat. Agar tidak menyebabkan luka dan kerusakan jaringan.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain beberapa tips tadi, hal terutama untuk menjaga kesehatan kulit wajah adalah menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini mencakup mengonsumsi makanan sehat, rutin olahraga, tidur yang cukup, menjaga kebersihan, dan pengelolaan stres. Pola hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Nah Sahabat Fimela, itu tadi adalah 5 tips sederhana yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan kulit yang sehat juga perlu usaha yang maksimal pula. Tips di atas juga perlu diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup agar cairan dalam tubuh tetap terjaga ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading