Sukses

Lifestyle

7 Tips Memulai Pola Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Rutin melakukan olahraga yang diimbangi dengan konsumsi makanan yang seimbang dapat mengatasi dan mencegah dampak negatif gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, meningkatnya jumlah harapan hidup juga didapatkan dengan pola hidup sehat. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang-orang diusia pertengahan memiliki jumlah kondisi kesehatan yang kurang dapat memiliki harapan hidup setidaknya 6-7 tahun jika menerapkan pola hidup sehat

Hal ini juga didukung oleh data dari National Institute for Health and Care Research yang menunjukkan jika tidak menerapkan pola hidup sehat, mereka akan terkena gangguan kesehatan seperti diabetes, depresi, hingga tekanan darah dalam jangka panjang yang tentunya dapat mengurangi harapan hidup. Dengan melakukan pola hidup sehat dapat mengatasi hal tersebut. 

Studi selanjutnya dari UK Biobank Project juga menunjukkan perhatian 500000 orang yang melakukan pola hidup sehat dapat menambah angka harapan hidup serta berkontribusi dalam kesehatan seperti olahraga yang teratur. Melakukan kebiasaan yang sehat dengan pola hidup sehat dapat membuatmu tidak mudah terkena gangguan kesehatan berbahaya. 

Memulai pola hidup sehat juga membutuhkan konsistensi serta hasil yang tidak akan terlihat secara konstan. Bagaimana cara melakukan pola hidup sehat? Berikut 7 tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan berdasarkan informasi dari MedicineNet untuk kamu Sahabat FIMELA.

1. Makan makanan yang seimbang

Untuk memulai gaya hidup sehat kamu bisa mengubah makananmu menjadi lebih variasi. Kamu bisa menggunakan bahan makanan yang seimbang seperti buah, sayur, dedaunan, kacang, biji-bijian dan gandum utuh. Makanlah setidaknya 5 kali sehari atau 400 gram secara teratur setiap harinya terutama buah dan sayuran segar. Jika kamu bukan tipe vegetarian, kamu bisa menggantinya dengan asam lemak yang ada pada ikan karena omega 3 nya dapat mencegah terjadinya inflamasi dan gangguan jantung. 

Jangan menggunakan garam: Konsumsi garam sehari harusnya tidak lebih dari 1 gram atau 1 sendok teh. Kurangi garam pada saat menyiapkan makanan. Mengurangi kadang garam yang menggunakan sodium ini dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. 

Batasi konsumsi gula: Konsumsi gula sehari harusnya tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan 12 sendok teh per harinya. Kamu bisa mengakalinya dengan menghindari olahan manis seperti snack manis, permen, bahkan olahan minuman dengan pemanis buatan seperti soda. Dengan membatasi konsumsi gula, kamu akan terhindar dari penyakit seperti diabetes, gangguan jantung, struk, hingga kanker. 

2. Selalu ingat untuk minum air sebanyak 8 gelas sehari

Tubuh mengandung air sebanyak 80%. Air juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan, mengoptimalkan kinerja otot, serta imun dan menjaga kesehatan kulit. Jika kamu tidak minum air yang cukup kamu akan merasakan dehidrasi, vertigo, pusing, kulit kering, dan imun yang lemah. 

3. Olahraga secara teratur

Setidaknya cobalah untuk berolahraga sebanyak 150 menit per minggu atau 30 menit selama 5 hari per minggu. Meskipun hanya berjalan, jogging, berenang, atau melakukan pilates di rumah, tujuannya tetap menjaga kekuatan fisik. Berolahraga tidak hanya menjaga berat badan yang seimbang dan sehat saja tetapi juga mengurangi risiko gangguan kesehatan karena gaya hidup yang kurang sehat. 

4. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup

Siapa yang sering menenguk kopi dan terbiasa melakukan begadang? Ternyata tidur yang tidak cukup juga akan mempengaruhi kinerja sistem imun pada tubuh lho. Maka dari itu pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebanyak 7 hingga 9 jam agar dapat menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. 

5. Kurangi konsumsi alkohol

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika alkohol sering digunakan sebagai salah satu cara untuk menenangkan pikiran di tengah banyaknya pekerjaan. Bahkan banyak para pekerja yang sering minum alkohol untuk melepaskan rasa stres. Akan tetapi semakin lama mengkonsumsi alkohol akan membuatmu semakin kecanduan. Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan hati hingga kanker hati dalam jangka panjang. Pada kondisi ekstrim, seseorang dengan pengaruh alkohol juga dapat melakukan kekerasan yang berujung kepada luka dan insiden. Kadar alkohol untuk laki-laki adalah 2 gelas sehari sedangkan perempuan cukup 1 gelas sehari saja.  

6. Berhenti merokok

Selain alkohol, rokok juga menjadi salah satu cara untuk melepas rasa stres. Namun, merokok dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker paru yang juga akan menyebar menjadi kanker pada bagian organ tubuh lain. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan gangguan jantung. 

7. Terakhir lindungi tubuh dan kulit dari sinar matahari yang menyengat 

Siang hari menjadi waktu untuk mengerjakan aktivitas pada pekerjaan. Apalagi jika kamu bekerja di luar dan terpapar sinar matahari yang menyengat. Terlalu sering terpapar sinar matahari sering diasosiasikan dengan peningkatan risiko terkena kanker kulit. Kamu juga harus melindungi diri dengan tabir surya maupun baju yang dapat menyerap keringat serta melindungi diri dari sinar matahari. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading