Sukses

Health

Penyebab Makanan Sehat Berubah Mengandung Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Makanan yang berkolesterol tinggi sangatlah tidak baik buat kesehatan. Apalagi, jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya. Selain menyebabkan beragam dampak seperti meningkatkan berat badan, konsumsi makanan berkolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko jantung dan penyakit mematikan lainnya. 

Makanan yang berkolesterol tinggi, tidak serta merta karena ia memiliki kandungan kolesterol tinggi. Beberapa makanan berkolesterol tinggi, justru awalnya adalah makanan sehat. Karena proses pemasakan atau cara pengolahan yang kurang tepat, makanan yang semula sehat jadi tak sehat. Makanan yang semula rendah kolesterol jadi tinggi kolesterol bahkan beracun. 

Mengutip dari laman healthline.com, ini penyebab kenapa makanan yang semula sehat rentan menjadi tidak sehat dan berkolesterol tinggi.

Dimasak dengan Digoreng

Penyebab pertama adalah makanan dimasak dengan cara digoreng. Makanan yang digoreng dan menyerap banyak minyak, akan rentan mengalami peningkatkan kolesterol di dalamnya. Makanan yang digoreng juga berpotensi mengandung tinggi lemak di dalamnya. Tak heran, kenapa makanan yang semula sehat jadi tidak sehat karena proses penggorengan.

Mangandung Garam dan Gula Berlebih

Makanan yang sehat akan menjadi tidak sehat, ketika ia ditambahkan gula serta garam berlebih di dalamnya. Tubuh memang memerlukan asupan gula sebagai sumber energi. Tapi, sebenarnya ini cukup dengan gula alami yang ada di dalam makanan itu sendiri. Menambah gula dan garam ke dalam aneka makanan, bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Termasuk diabetes, tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Dipanaskan Berulang Kali

Makanan yang dimasak dalam waktu lama dengan suhu maksimum, ditambah dihangatkan berulang kali, rentan menjadi tinggi kolesterol. Tak hanya itu saja, makanan yang dipanaskan berulang kali juga rentan menyebabkan timbulnya zat kimia atau beracun di dalamnya. Untuk beberapa makanan, proses penghangatan berulang kali akan membuat cita rasanya lebih nikmat. Tapi ingat, ini akan semakin tidak sehat.

Dikonsumsi Bersama Makanan Berkolesterol Tinggi

Makanan yang dikonsumsi bersama makanan berkolesterol tinggi, juga rentan mengalami peningkatkan kolesterol di dalamnya. Apalagi, jika porsi makanan sehat ini jauh lebih sedikit dibanding dengan makanan berkolesterol tinggi yang dikonsumsi. 

Dikonsumsi Secara Berlebih

Penyebab makanan sehat jadi tidak sehat dan berkolesterol tinggi selanjutnya adalah, makanan ini dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Untuk memiliki tubuh yang sehat, kita perlu mencukupi nutrisi tubuh dari makanan yang seimbang. Mengonsumsi satu jenis makanan saja dalam waktu lama dan terus menerus, tentu ini akan mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh. 

Itulah sekian penyebab kenapa makanan sehat berubah jadi berkolesterol tinggi. Agar makanan yang kita konsumsi sehari-hari memiliki manfaat sehat yang optimal, kita pun harus lebih bijak dan mengolah pun mengonsumsi makanan tersebut. Pastikan pula untuk memiliki pola hidup sehat dengan olahraga, istirahat dan konsumsi air putih cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading