Sukses

Lifestyle

5 Ciri Orang Cerdas Ditandai dengan Punya Kebiasaan Ini

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan yang kita lakukan dalam keseharian bisa mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan diri kita. Kalau kita terbiasa melatih otak untuk terus belajar hal baru dan melakukan aktivitas yang mengasah ketajaman pikiran kita, maka kita bisa menjadi pribadi yang makin cerdas.

Orang cerdas pun umumnya punya kebiasaan-kebiasaan positif dalam kesehariannya. Berikut ini lima kebiasaan yang biasanya dimiliki oleh orang cerdas. Bahkan bagi dirimu yang ingin meningkatkan kecerdasan dirimu bisa coba mulai menerapkan kebiasaan ini dalam rutinitasmu.

1. Membaca Secara Rutin

Saat kita membaca sesuatu, kita akan belajar banyak hal baru dari hal-hal yang disampaikan oleh penulis lewat tulisannya. Ada konsep dan situasi yang perlu kita cerna dan pahami lagi. Kebiasaan membaca pun akan senantiasa melatih fungsi otak jadi makin optimal. Pengetahuan lebih luas dan ketajaman pikiran ikut meningkat. Hal ini jelas mempengaruhi kecerdasan yang kita punya.

2. Disiplin Mengatur Waktu

Kebiasaan disiplin dalam mengatur waktu juga menjadi pertanda dirimu pribadi yang cerdas. Sebab kamu jadi bisa lebih fokus dalam mewujudkan hal-hal dan prioritas penting dalam hidup. Serta memiliki rutinitas yang lebih bermakna lagi. Dengan kedisiplinan diri ini kamu juga bisa makin terbantu untuk mencapai kehidupan yang lebih seimbang.

3. Suka Mencoba Hal Baru

Rasa ingin tahu yang tinggi juga bisa menjadi tanda orang cerdas. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi ini kamu pun terdorong untuk senantisa mencoba hal baru dan berbeda, serta bisa makin meningkatkan fungsi otak dengan cara yang lebih kreatif. Mengutip buku Growing Up Mindful, otak sangat mirip dengan tubuh. Dengan melatih otak, terutama dengan kesadaran berpikir dan latihan-latihan terkait, kita dapat mengubah bentuk dan ukuran otak, mendorong konsentrasi, fleksibilitas, dan kecerdasan, serta membangun jalur-jalur dan jaringan syaraf baru.

4. Antusias Menambah Pengalaman Baru

Makin banyak wawasan dan pengetahuan baru yang kamu dapatkan, makin kamu menyadari betapa banyak hal yang masih belum kamu pahami dengan baik. Hal ini pun mendorongmu untuk senantiasa bersemangat dan antusias menambah pengalaman baru. Makin banyak pengalaman yang dimiliki makin kaya wawasanmu, dan ini membuatmu bisa makin cerdas lagi. Hal ini juga makin mendukung perkembangan pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan itu dapat tumbuh (growth mindset).

5. Suka Berbagi

Kebiasaan suka berbagi juga biasa dimiliki orang yang cerdas. Sebab dari berbagai sesuatu seperti berbagi ilmu dan pengalaman, kita bisa belajar hal baru dan hal ini bisa menambah kecerdasan kita. Makin banyak pengetahuan yang kita bagi, makin banyak hal baru yang akan kita pelajari lagi.

Semoga kamu pun punya kebiasaan-kebiasaan positif yang bisa mendukung semangatmu untuk menjadi pribadi yang lebih cerdas lagi, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading