Sukses

Lifestyle

Penyebab Munculnya Kutu Beras yang Mengganggu dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Beras adalah salah satu bahan makanan pokok di Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia yang menyimpan beras dalam jumlah banyak untuk stok makanan di rumah. Namun sayangnya ketika disimpan banyak kutu beras di dalamnya.

Kutu beras, juga dikenal sebagai hama beras, adalah serangga kecil yang sering ditemukan di dalam beras dan produk-produk beras lainnya. Kutu beras dapat menyebabkan kerugian pada stok beras dan mengganggu kebersihan makanan.

Kutu beras harus segera dihilangkan jika kamu menemukannya di dalam beras. Namun sebelumnya kamu harus tahu penyebab munculnya kutu beras. Berikut penjelasan serta cara mengatasinya.

Penyebab Munculnya Kutu Beras

1. Penyimpanan yang tidak tepat

Kutu beras sering kali muncul ketika beras disimpan dalam kondisi yang tidak tepat, terutama jika terjadi paparan terhadap kelembaban tinggi atau suhu yang hangat. Tempat penyimpanan yang lembap atau tidak tertutup dengan baik memberikan lingkungan yang ideal bagi kutu beras untuk berkembang biak.

2. Beras terkontaminasi

Kutu beras dapat masuk ke dalam beras saat masih dalam proses produksi atau saat disimpan bersama beras yang sudah terinfestasi. Jika beras yang terinfestasi tidak diidentifikasi dan diatasi dengan cepat, kutu beras dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebar ke stok beras yang lain.

Cara Mengatasi Kutu Beras

1. Jemur di Sinar Matahari

Cara pertama untuk mengatasi masalah kutu beras adalah dengan menjemur beras di bawah sinar matahari langsung. Cara ini akan membantu menghilangkan kutu beras. Kutu beras muncul saat beras lebih lembab dari biasanya. Menjemur beras dan membuatnya makin kering akan mengatasi masalah kutu beras.

2. Kayu Manis

Cara selanjutnya dengan memanfaatkan kayu manis. Letakkan kayu manis utuh di dalam beras yang disimpan. Cara ini bisa mengatasi masalah kutu beras dan mencegah munculnya kutu beras. Ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kutu pada bahan makanan lain berupa tepung dan gandum.

3. Daun Jeruk Nipis

Letakkan daun jeruk nipis di dalam beras yang disimpan. Aroma menyengat daun jeruk nipis tidak disukai oleh kutu beras. Cara ini bisa mengatasi dan mencegah munculnya kutu beras.

4. Jahe

Gunakan juga jahe untuk mengatasi kutu beras. Caranya sangat mudah. Ambil satu rimpang jahe kemudian masukkan ke dalam wadah penyimpanan beras. Ini bisa mencegah sekaligus mengatasi masalah kutu beras. Namun ingat, saat memasukkan jahe ke dalam wadah beras, usahakan agar jahe dalam keadaan kering.

5. Cabai

Manfaatkan juga cabai sebagai pencegah munculnya kutu beras. Sifat cabai yang pedas juga tidak disukai oleh kutu beras. Sebaiknya gunakan cabai kering untuk mengatasi dan mencegah kutu beras. Cabai kering tidak akan busuk di dalam wadah penyimpanan beras.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kutu beras yang bermunculan. Semoga bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading