Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Terbukti Membuatmu Makin Cerdas

Fimela.com, Jakarta Keajaiban neuroplastisitas otak memberi tahu kita bahwa otak kita dapat mempelajari keterampilan baru. Bila kita senantiasa mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilan baru dari waktu ke waktu, maka kita pun bisa menjadi pribadi yang makin cerdas.

Bahkan dari kebiasaan-kebiasaan baik yang kita terapkan dalam keseharian, kita bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas. Kali ini kita akan membahas lima kebiasaan yang terbukti bisa meningkatkan kecerdasan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Membaca

Melansir laman Fearless Motivation, membaca secara konsisten telah terbukti membantu pemecahan masalah, mendeteksi pola, dan berkomunikasi secara lebih efektif yang menghasilkan hubungan yang lebih kuat dengan orang lain. Kebiasaan membaca bisa menjadi kebiasaan baik untuk dilakukan secara rutin dan konsisten untuk meningkatkan kecerdasan. Membaca di sini bisa dimaknai secara luas, mulai dari membaca buku hingga aktif menyerap informasi terbaru dari internet dan sumber informasi terpercaya lainnya.

 

 

2. Berolahraga

Berolahraga juga bisa bantu meningkatkan kecerdasan kita. Olahraga teratur menghasilkan BDNF (fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak) dan otak kita menyukainya. BDNF adalah protein yang membantu daya ingat, belajar, fokus, konsentrasi, dan pemahaman. Ini juga alasan kenapa seringkali setiap kali selesai berolahraga pikiran bisa terasa lebih tajam dan kemampuan berkonsentrasi meningkat.

 

 

3. Bermain Alat Musik

Memainkan musik dapat membantu meningkatkan kemampuan matematika, keterampilan motorik halus, kreativitas, keterampilan analitis, dan banyak lagi. Kalau belum menguasai alat musik tertentu belum terlambat untuk mulai mempelajari. Belajar hal baru seperti belajar main alat musik bisa meningkatkan kecerdasan kita.

 

 

4. Belajar Bahasa Baru

Belajar bahasa baru memungkinkan otak kita melakukan dan mengerjakan tugas sulit dengan cara yang lebih mudah. Kemampuan kita memproses sesuatu juga bisa membaik dengan kemampuan kita menguasai bahasa baru. Makin sering kita mengasah kemampuan otak dengan belajar hal-hal baru seperti bahasa baru, makin besar peluang kita untuk meningkatkan kecerdasan kita.

 

 

5. Melakukan Permainan yang Mengasah Otak

Luangkan waktu untuk bermain. Permainan seperti seperti teka-teki, permainan papan, sudoku, teka-teki, video game, permainan kartu, dan aktivitas serupa semuanya membantu meningkatkan neuroplastisitas. Tak harus selalu menerapkan kebiasaan yang kaku untuk bisa menjadi orang yang makin cerdas. Melalui permainan kita pun punya peluang untuk meningkatkan kecerdasan kita.

Itu tadi lima kebiasaan baik yang bisa dilakukan dalam keseharian untuk meningkatkan kecerdasan. Tentu saja masih ada banyak kebiasaan lain yang bisa mendukung pertumbuhanmu untuk menjadi pribadi cerdas, dan lima hal di atas baru sebagiannya saja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading