Sukses

Lifestyle

Cara Menghilangkan Duri yang Tersangkut di Tenggorokan Sebelah Kiri

Fimela.com, Jakarta Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kekurangan protein bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, seperti rambut rontok, imunitas menurun, atau proses penyembuhan luka jadi lebih lama.

Tak hanya sebagai sumber protein, ikan juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sayangnya, mengonsumsi ikan ada kekurangannya, yaitu duri ikan bisa tersangkut di tenggorokan dan bikin terasa tak nyaman. Ketika hal ini terjadi, mungkin kamu akan merasa panik dan kesulitan untuk mengeluarkan duri tersebut. Namun jangan panik dulu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan.

1. Minum Air Hangat

Minum air hangat adalah salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk menghilangkan duri di tenggorokan. Air hangat bisa membantu melembabkan tenggorokan dan melonggarkan makanan atau serpihan yang terjebak. Cobalah minum setidaknya satu atau dua gelas air hangat secara perlahan, dan rasakan perbedaannya. Hindari minuman berkafein atau minuman dingin, karena ini dapat meningkatkan ketidaknyamanan dan membuat tenggorokan semakin kering.

2. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu meredakan sensasi duri di tenggorokan. Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, aduk hingga garam larut, lalu berkumurlah selama beberapa detik sebelum meludahkannya. Air garam membantu mengurangi peradangan dan dapat membantu mengangkat serpihan atau benda asing dari tenggorokan.

3. Menelan Roti

Menelan roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga bisa menjadi cara menghilangkan duri di tenggorokan kiri.

Menelan roti akan membuat tulang ikut menempel pada roti yang lengket. Kemudian duri akan masuk ke dalam saluran pencernaan. Namun jangan khawatir, duri tersebut tidak akan melukai saluran pencernaanmu kok.

4. Menelan Nasi Tanpa Dikunyah

Ambil nasi secukupnya lalu kepal hingga menjadi berbentuk bola yang agak padat tapi ukurannya tidak terlalu besar. Setelah itu, cobalah untuk menelan kepalan nasi sekaligus tanpa dikunyah.

5. Menelan Pisang

Pisang memiliki tekstur legit yang bisa meraih tulang ikan dan menariknya ke dalam perut.

Caranya tidak sulit kok. Ambil satu gigitan besar pisang dan tahan di mulut setidaknya selama satu menit. Setelah itu coba menelannya dalam satu tegukan besar.

Cara-cara di atas bisa kamu coba untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan sebelah kiri. Namun jika duri tersebut tak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar segera ditangani secara medis sebelum semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading