Sukses

Lifestyle

4 Kesalahan Umum Saat Menyiapkan Event yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Merencanakan acara sebelum menyiapkannya dengan maksimal itu penting. Perencanaan acara akan berdampak pada kesuksesan acara saat hari pelaksanaan. Meski sudah menggunakan bantuan event organizer, tetap terdapat kemungkinan acaramu gagal dan tidak sesuai harapan.

Perencanaan acara yang sukses dilihat pada acara yang mencapai tujuan, tetap sesuai anggaran, dan memberi pengalaman yang tak terlupakan bagi para tamu yang diundang. Karena itulah merencanakan dan menyiapkannya dengan matang sangat penting. Mulai dari pesta ulang tahun, prosesi pernikahan, pameran, dan lainnya, hindari kesalahan di bawah ini untuk menghindari kegagalan acara.

1. Tidak Mempertimbangkan Pengalaman Tim Perencana

Perencana acara atau event organizer harus menjadi pertimbangan utama dalam menyiapkan acara. Tentu tanpa bantuan tim perencana acara kamu akan kesulitan menyiapkannya sendiri. Namun memilih tim perencana yang tepat pun harus cermat. Pilih berdasarkan pengalaman tim dalam menangani acara serupa yang akan kamu adakan. Pengalaman tim akan menjadi gambaran kesuksesan acara yang mereka siapkan untukmu.

2. Menghabiskan Seluruh Anggaran Dana

Memiliki budget yang besar? Jangan dihabiskan! Sisihkan sebagian untuk disimpan menjadi dana darurat. Meski memiliki dana yang besar tidak menutup kemungkinan akan terdapat biaya tak terduga saat hari pelaksanaan acara. Hal inilah yang kerap menjadi alasan tiap penyelenggara acara mengeluarkan budget lebih besar dari anggaran seharusnya. Akan lebih baik bila menyisihkan dana lebih awal untuk mengurangi risiko pengeluaran besar.

3. Tidak Menyiapkan Rencana Darurat

Kondisi saat hari pelaksanaan tidak dapat diperkirakan. Karena itu penting untuk menyiapkan rencana cadangan untuk mengatasi keadaan darurat. Misalnya kamu ingin mengelar pesta outdoor, maka siapkan rencana lainnya saat terjadi perubahan cuaca yang tidak diinginkan. Jangan hanya fokus pada satu rencana, siapkanlah banyak rencana lain agar acara berjalan lancar meski terdapat hambatan.

4. Tidak Menyiapkan Banyak Waktu untuk Persiapan

Briefing seluruh tim, pengecekan kembali lokasi acara, hingga mengatur waktu sangat penting dilakukan sebelum acara dimulai. Kebanyakan orang merasa terburu-buru dan ingin acara cepat dimulai. Padahal tanpa meluangkan waktu untuk pengecekan kembali akan meningkatkan risiko kegagalan acara. 

Menyiapkan acara memang tidak mudah, karena itulah perlu kerja sama baik antara dirimu sebagai pemilik acara dan event organizer yang membantu menyelenggarakannya dengan sempurna. Tak perlu khawatir, Fimela Event hadir untuk mengatasi segala kebutuhanmu. Acara impianmu dapat terwujud tanpa repot. Segera cek event.fimela.com atau hubungi 0821-2459-2963 untuk informasi selanjutnya. Fimela Event will make your dream moments come true!

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

https://www.newshub.id/interactive2/3708

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading