Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Cerdas di Balik Sikap yang Sederhana

Fimela.com, Jakarta Mengenali tingkat kecerdasan seseorang memang bukan hal mudah. Kalau nilai IQ yang jadi patokan mungkin cukup mudah untuk mengetahui cerdas tidaknya seseorang dari tinggi rendahnya nilai IQ yang dimiliki. Hanya saja kecerdasan tak hanya terbatas pada angka tertentu saja.

Kali ini kita akan membahas soal orang yang cerdas dalam arti punya kemampuan yang baik untuk terus bertumbuh dan berkembang dengan baik dalam kehidupan yang dijalani. Bahkan di balik sikap yang sederhana, seseorang bisa memiliki kecerdasan yang tinggi. Berikut ini lima hal yang bisa menjadi tanda umum orang yang cerdas.

 

 

1. Bisa Beradaptasi dengan Perubahan

Kemampuanmu yang mudah beradaptasi dengan keadaan juga menandakan kamu pribadi yang cerdas. Setidaknya dengan kemampuan ini kamu tak gampang tertekan atau terpuruk ketika ada sesuatu yang terjadi di luar harapan. Bahkan kamu juga memiliki kemampuan untuk bisa berdamai dengan ketidaksempurnaan. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Kita perlu menyadari bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, maka jangan berharap kesempurnaan. Berharaplah melakukan yang terbaik, untuk menjadi lebih dari masa lalu, tapi bukan kesempurnaan. Kejarlah perubahan, bukan kesempurnaan." Pemahaman bahwa kemampuan beradaptasi sangat penting dimiliki untuk bisa bertahan melewati masa sulit membuatmu punya kecerdasan emosional yang lebih baik juga.

 

 

2. Memiliki Kesadaran Diri yang Baik

Mengutip buku Growing Up Mindful, beberapa bagian otak menunjukkan perubahan positif dengan meditasi kesadaran berpikir. Para peneliti percaya bahwa persimpangan temporoparietal menjadi rumah dari banyak aspek kecerdasan emosional, di antaranya kemampuan untuk melatih situasi dengan sudut pandang yang lebih luas, melihat perspektif orang lain, dan mempertimbangkan konsekuensi lebih jauh dari tindakan dan perilaku. Kemampuanmu dalam mengasah dan melatih kesadaran diri membantu mentalmu lebih kuat dalam menjalani hidup.

 

 

3. Punya Rutinitas yang Bermakna

Orang yang cerdas akan menyadari bahwa setiap waktu yang dimiliki sangatlah berharga. Maka, ia akan memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin. Hal ini yang mendorongnya untuk mengisinya dengan kegiatan dan rutinitas yang bermakna. Setiap kegiatan dan rutinitas yang dijalani bisa mengasah dan menjaga ketajaman berpikir, dan hal ini juga bisa meningkatkan kecerdasan yang dimiliki.

 

 

4. Bersemangat Belajar Hal Baru Setiap Waktu

Kebiasaan membaca dan belajar hal baru telah menjadi bagian dari keseharianmu. Dengan semangatmu yang suka mempelajari hal-hal baru ini, kemampuanmu dalam berpikir bisa terus meningkat. Daya nalar dan kreativitasmu bisa makin baik. Ketika ada masalah atau cobaan hidup yang hadir, kamu bisa berusaha tetap tenang dan berpikir jernih.

 

 

5. Suka Berbagi

Orang yang makin banyak tahu justru bisa merasa "bodoh". Sebab makin banyak hal yang dipelajari, tumbuh kesadaran bahwa sebenarnya masih ada banyak hal yang tidak diketahui. Bagi padi yang makin merunduk saat makin berisi, orang yang cerdas biasanya akan makin bijaksana. Sehingga dia bisa memiliki sikap yang makin rendah hati. Ada semangat suka berbagi yang ia miliki dengan menebar lebih banyak inspirasi, pengetahuan, dan ragam pengalaman ke lebih banyak orang lagi.

Semoga kamu pun termasuk dalam golongan orang yang cerdas juga, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading