Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Merugikan Diri Sendiri Jika Selalu Merasa Insecure

Fimela.com, Jakarta Kebahagiaan tidak ditentukan oleh seberapa sukses, kaya atau cantik dirimu. Meskipun itu memang menjadi faktor pendukung, tapi ketika keserakahan manusia lebih dominan, keberhasilan sememukau apa pun, harta sebanyak apa pun atau kecantikan separipurna apa pun akan terasa tidak cukup. Karena itulah, seringkali kebahagiaan justru diciptakan dari dalam, dari cara pandang dan berpikirmu terhadap sesuatu. Ketika merasa insecure, justru ada lebih banyak hal merugikan yang terjadi padamu. Ini beberapa hal merugikan dirimu jika merasa insecure

1. Mudah mengalami hal buruk

Orang-orang insecure biasanya hanya fokus pada hal-hal negatif. Energi negatif akan menarik lebih banyak hal negatif ke dalam hidupmu. Apalagi jika pikiran sudah terlalu pesimis, semakin susah melihat kebaikan yang datang ke dalam hidup. Karena tak bisa mensyukuri hal baik yang terjadi dalam hidup, kamu jadi lebih sering mengalami masalah dan hal buruk lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mudah curiga dan berprasangka

Jika pikiran tidak tertarik untuk mempercayai keberadaan sifat-sifat positif, maka sulit berprasangka baik. Ketika merasa tak puas dan tak aman dengan dirimu sendiri, akhirnya merembet ke pikiran curiga, berburuk sangka hingga menuduh orang lain. Akibatnya, kamu mudah mengalami masalah dengan banyak orang, merusak hubungan baik dengan teman, rekan bisnis, pasangan hingga keluarga. Jangan heran jika kamu tak punya teman atau siapa-siapa di sisimu.

3. Berpikiran sempit

Seringkali hal-hal di dunia ini tidak selalu hitam dan putih, ada banyak hal yang abu-abu atau justru warna lain. Jika kamu berpikiran sempit, akan sulit menerima perbedaan, sudut pandang dan pemikiran orang lain yang tidak sama dengan dirimu, padahal dunia ini beragam. Pada akhirnya kehidupanmu justru terasa sulit. Kamu juga akan berhenti di zona nyaman dan tidak berkembang. Jangan heran jika hidupmu terasa membosankan atau tak mengalami perubahan baik.

4. Kehilangan kecantikan diri

Orang yang insecure sering merasa minder atau tidak percaya diri dengan segala hal pada dirinya, baik itu bentuk tubuh, warna kulit, hingga kemampuan diri. Pada akhirnya kamu akan kehilangan kecantikan dan pesona dirimu yang alami. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa percaya diri itu salah satu kunci tampil cantik. Jadi jika tak ingin dianggap kurang menarik, belajarlah mengatasi insecure dan lebih percaya dirilah.

5. Merasa kesepian

Orang-orang yang insecure cenderung punya masalah memercayai dirinya sendiri dan memercayai orang lain. Pada akhirnya ia takut membuat keputusan, rentan gagal dan bahkan menyalahkan orang lain atas kegagalan dan kesalahannya sendiri. Sikap ini pasti akan menimbulkan masalah dengan orang lain, kamu menolak dekat dengan siapa pun karena tak yakin bisa disukai dengan tulus dan diapresiasi. Akhirnya kamu akan kesepian sendirian.

Itu beberapa hal merugikan yang terjadi padamu jika terus mempertahankan rasa insecure.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading