Sukses

Lifestyle

Tanda Orang Cerdas Punya 5 Kebiasaan Menarik Ini

Fimela.com, Jakarta Setiap orang bisa menjadi pribadi yang cerdas. Tingkat kecerdasan pun bisa senantiasa diasah makin tajam dari waktu ke waktu melalui kebiasaan-kebiasaan positif yang dimiliki. Kamu pun bisa jadi selama ini sebenarnya juga memiliki kecerdasan yang tinggi.

Kali ini kita akan membahas lima kebiasaan menarik yang umumnya dimiliki orang cerdas. Bagi kamu yang tertarik untuk mengasah daya pikir dan meningkatkan kecerdasan, kebiasaan-kebiasaan ini bisa kamu adopsi dalam keseharian. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Kebiasaan Berpikir Kritis

Orang yang cerdas umumnya memiliki kebiasaan berpikir kritis. Mengutip buku Menjadi, "Kemampuan berpikir kritis adalah kemerdekaan untuk berpikir sendiri. Keleluasaan untuk mengumpulkan informasi secara utuh, memprosesnya secara terstruktur, sehingga kita dapat membaut keputusan terbaik atau mencari solusi yang paling efektif." Terbiasa berpikir secara kritis akan senantiasa mengasah ketajaman pikiran, dan ini bisa meningkatkan cara berpikirmu menjadi pribadi yang lebih independen juga.

2. Kebiasaan Belajar Hal Baru

Terbiasa mencoba hal baru dan mempelajari hal baru juga karakter yang dimiliki orang cerdas. Dengan terus mengasah daya pikir melalui hal-hal baru, ketajaman pikiran akan terus meningkat. Kemampuan berpikir otak pun makin berkembang baik. Mengutip buku Growing Up Mindful, otak sangat mirip dengan tubuh. Dengan melatih otak, terutama dengan kesadaran berpikir dan latihan-latihan terkait, kita dapat mengubah bentuk dan ukuran otak, mendorong konsentrasi, fleksibilitas, dan kecerdasan, serta membangun jalur-jalur dan jaringan syaraf baru.

3. Kebiasaan Berbagi

Orang yang cerdas biasanya akan menjadi pribadi yang lebih bijak. Makin banyak hal yang diketahui, makin sadar diri bahwa sebenarnya masih ada banyak hal yang belum benar-benar diketahui. Sehingga orang cerdas akan senantiasa suka berbagi karena melaui berbagi ada banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang bisa diperoleh. Berbagi di sini bukan soal berbagi materi semata, melainkan juga berbagi ilmu, wawasan, hingga pengalaman. 

4. Kebiasaan Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjaga pola makan yang baik hingga rutin berolahraga juga merupakan kebiasaan orang cerdas. Menyadari bahwa kesehatan dan kebugaran tubuh sangat dibutuhkan untuk menjalani hidup dengan kualitas yang lebih baik, maka kesadaran ini akan dimiliki orang yang punya kecerdasan tinggi. Saat tubuh sehat, otak pun bisa melakukan fungsinya yang terbaik.

 

 

5. Kebiasaan Melakukan Refleksi Diri

Saat kamu suka membuat refleksi atas hal-hal yang baru kamu kerjakan atau lakukan, kemampuan berpikirmu pun bisa ikut meningkat. Kebiasaan melakukan refleksi diri bisa bantu menjaga kesehatan mental. Kebiasaan ini juga bisa memudahkanmu untuk mengatasi stres dan persoalan yang kamu hadapi dalam keseharian.

Orang cerdas pastinya punya banyak kebiasaan baik dan positif dalam kesehariannya. Lima hal di atas baru sebagian dari banyak kebiasaan yang bisa dimiliki orang cerdas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading