Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenang Menghadapi Orang yang Suka Mengkritik dan Menjatuhkan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu dikritik atau bahkan dijatuhkan oleh orang lain? Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam dirinya. Karena kelebihan dan kekurangan ini, tak sedikit orang yang saling mengkritik dan menjatuhkan. Tak sedikit orang yang mencari-cari kesalahan dan kekurangan orang lain, lantas berusaha memperburuk keadaan. 

Ketika kamu dihadapkan pada orang yang suka mengkritik dan menjatuhkan, kamu harus bersikap lebih tenang. Marah atau emosi dengan orang tersebut, hanya akan membuat kekurangan dalam dirimu dinilai semakin banyak. Ada beberapa cara tenang dan elegan yang bisa dilakukan untuk menghadapi pengkritik. Adapun cara tersebut antara lain sebagai berikut.

Introspeksi Diri

Ini merupakan sikap yang sangat elegan untuk menghadapi pengkritik. Mengintrospeksi diri, membuatmu lebih tahu apa kesalahan dan kekurangan dalam dirimu. Ketika kamu sudah mengetahui kesalahan dan kekurangan itu, tentunya kamu akan memperbaiki segalanya. Kamu juga akan lebih bijak dan hati-hati ke depannya. Semakin baik kualitas dalam dirimu, akan semakin sulit bagi orang lain untuk mengkritik pun menjatuhkanmu.

Sabar

Pastikan untuk senantiasa sabar ketika ada orang yang mengkritikmu. Kesabaran akan membuat kualitas dirimu semakin meningkat. Kesabaranmu, akan membuat orang yang mengkritikmu jenuh sendiri dengan apa yang dilakukannya. Disadari atau tidak, perlahan tapi pasti ia tak akan lagi mengkritik dan mencari-cari kekurangan dalam dirimu.

Jangan Mudah Tersulut Amarah

Dikritik dan dijatuhkan orang lain memang menyakitkan. Hanya saja, jangan sampai hal ini membuatmu semakin mudah tersulut emosi atau amarah. Kamu yang mudah marah, akan dinilai buruk oleh orang lain. Marah tak akan menyelesaikan masalah yang ada. Ini justru memperparah keadaan dan memperpanjang masalah yang ada.

Berikan Maaf, Buktikan Kamu Lebih Baik Darinya

Tak apa dikritik dan dijatuhkan oleh orang lain. Kritik yang datang, justru sebagai penyemangat agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Berikan maaf orang yang telah mengkritik dan menjatuhkanmu. Buktikan saja bahwa kamu lebih baik darinya. Tunjukkan jika semakin kamu dijatuhkan olehnya, akan semakin baik dan mengesankan kamu dibanding dia.

Cuek Saja

Ada saat di mana kamu perlu menjadi seseorang yang cuek. Bukan berarti kamu tak peduli dengan orang lain, cuek ini justru sebagai cara menjaga kewarasan dan kebahagiaan. Tetap berpikir positif dan jangan pikirkan apapun secara berlebihan. Semakin kamu memikirkan sesuatu secara berlebihan, semakin mudah dirimu untuk dikritik dan dijatuhkan. Jadi, cuek saja tapi tetap bijaksana ya. 

Itulah sekian sikap tenang untuk menghadapi orang yang suka mengkritik dan menjatuhkanmu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading