Sukses

Lifestyle

6 Lagu Nasional yang Biasa Dinyanyikan saat Acara Kemerdekaan

Fimela.com, Jakarta Sebentar lagi Indonesia akan segera memperingati hari kemerdekaan yang ke-78. Ada banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan ketika hari kemerdekaan sedang berlangsung, salah satunya adalah upacara bendera. Upacara bendera merupakan momen sakral untuk memperingati Indonesia yang berhasil Merdeka dan mengibarkan bendera Merah putih di tanah air sendiri. 

Salah satu rangkaian dalam sesi upacara Indonesia adalah menyanyikan lagu-lagu nasional. Ada banyak jenis lagu yang sering dinyanyikan saat sesi ini berlangsung selain lagu Indonesia Raya yang merupakan lagu wajib saat pengibaran bendera. Berikut ini 6 lagu nasional yang biasa dinyanyikan saat acara kemerdekaan. Apa saja?

Hari Merdeka

Lagu nasional ciptaan Husein Mutahar ini merupakan salah satu lagu yang sering dinyanyikan saat upacara kemerdekaan. Lagu ini berisikan lirik yang menggambarkan Indonesia pada saat ini sudah benar-benar Merdeka. Oleh karena itu lagu ingin sangat cocok dinyanyikan ketika hari kemerdekaan tiba.

Tanah Airku

Lagu berikutnya yang tidak kalah sering dinyanyikan ketika acara kemerdekaan adalah lagu Tanah Airku ciptaan Ibu Sud. Dengan irama yang syahdu dan mendayu-dayu serta lirik yang menggambarkan kebangaan terhadap tanah air membuat lagu ini sangat cocok dinyanyikan untuk mengobarkan semangat kebangsaan di hari Merdeka.

Bangun Pemudi- Pemuda

Bangun pemudi-pemuda menggambarkan generasi muda Indonesia yang akan meneruskan bangsa Indonesia. Tanggung jawab bangsa dan masa depan bangsa berada di tangan pemudi dan pemuda Indonesia. oleh karena itu lagu ciptaan Alfred Simanjuntak ini kerap kali dinyanyikan ketika kemerdekaan untuk mengingatkan pemuda-pemudi akan masa depan bangsa Indonesia. 

Maju Tak Gentar

Lagu ciptaan Cornel Simanjuntak ini memberikan gambaran bahwa jangan pernah takut untuk membela sesuatu yang kamu anggap benar. Hal ini sama seperti yang dilakukan para pahlawan terdahulu yang terus maju melawan penjajahan tanpa rasa gentar karena mereka melakukan hal yang benar.

Satu Nusa Satu Bangsa

Lagu ini sangat menggambar keadaan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki adat istiadat berbeda di setiap daerahnya namun tetap memiliki satu tujuan yaitu bangsa Indonesia. lagu ini juga sesuai dengan peribahasa berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Lagu ini diciptakan oleh penyiar radio RRI Yogyakarta pada masanya yaitu Liberty Manik. 

Indonesia Pusaka

Lirik lagu menggambarkan kecintaan yang tinggi terhadap tanah air Indonesia. Lagu ciptaan Ismail Marzuki ini merupakan salah satu lagu nasional yang selalu dinyanyikan saat hari kemerdekaan.

Lagu – lagu kemerdekaan di atas bisa kamu terapkan untuk acara kemerdekaan di rumah. Bila ingin acara kemerdekaan yang seru sesuai impianmu, wujudkan bersama Fimela Event. Tunggu apa lagi? segera cek event.fimela,com atau hubungi 0821-2459-2963 untuk informasi selanjutnya. Fimela event will make your dream moments come true!

https://www.newshub.id/interactive2/3708

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading