Sukses

Lifestyle

Menteri PPPA Bintang Puspayoga Sebut Dugaan Pelecehan Seksual di Miss Universe 2023 Langgar HAM

Fimela.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga memberikan tanggapan resmi atas dugaan kasus pelecehan seksual yang terjadi di ajang Miss Universe Indonesia 2023. Ia pun menyebut peristiwa ini sebagai salah satu pelanggaran hak asasi manusia.

Dalam pernyataan yang dikutip dari laman resmi Kementerian PPPA, Menteri PPPA Bintang Puspayoga menerima empat finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang menjadi korban dugaan kasus pelecehan seksual di kantornya.

"Saya sudah mendengarkan semua kronologis kejadian yang menimpa para korban dan diduga semua finalis mendapatkan perlakuan yang tidak pantas. Perlakuan yang merendahkan martabat perempuan dan ini sudah melanggar hak asasi manusia," kata Bintang dikutip dari laman resmi Kementerian PPPA, Rabu, 8 Agustus 2023.

Menurut Bintang, ajang kontes seperti Miss Universe Indonesia menjadi salah satu sarana aktualisasi diri, kompetisi bakat dan kepribadian dari para finalis yang merupakan terduga korban. Dengan mengikuti kontes ini, diharapkan bisa menjadi duta bangsa.

 

Berkoordinasi dengan Kapolri

Menteri PPPA Bintang Puspayoga telah berkomunikasi dengan Polda Metro Jaya untuk mengusut kasus ini.

"Kami tentu saja sangat menyayangkan dugaan kasus pelecehan seksual yang oleh panitia mengatasnamakan proses body checking. Saya sudah mengkomunikasikan hal ini dengan Bapak Kapolri dan saya sampaikan agar kasus ini bisa dikawal hingga tuntas," tuturnya.

Di samping itu, Menteri PPPA juga memberikan apresiasi atas keberanian dari para korban yang berani bersuara dan melaporkan dugaan pelecehan seksual ini. Kementerian PPPA bakal mengawal proses hukum yang berlangsung dan memastikan setiap korban mendapatkan hak perlindungan.

 

Pendampingan bagi korban

Pihaknya juga telah berkoordinasi Suku Dinas PPA Jakarta untuk mengetahui perkembangan kasus ini. Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) siap melakukan pendampingan psikologis bagi para korban jika dibutuhkan.

"Perempuan Indonesia yang ingin mengikuti kontes harus cerdas dalam membaca dengan teliti dokumen dan persyaratan termasuk saat menandatangani perjanjian sebagai kontestan. Jadi, bukan hanya memiliki 3B (Brain, Beatuy, Behavior), perempuan Indonesia juga mampu mencegah lebih dini hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang dialami para korban," pesan Bintang Puspayoga.

Hingga kini Pemilik sekaligus National Director Miss Universe Indonesia Poppy Capella belum memberikan klarifikasi secara jelas terkait dugaan pelecehan seksual yang menimpa finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading