Sukses

Lifestyle

Jangan Lakukan 5 Hal Ini saat Sedang Bertengkar

Fimela.com, Jakarta Pertengkaran adalah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan. Setiap orang pasti pernah bertengkar entah bersama teman, pasangan, atau keluarga. Tidak ada seorang pun yang sempurna termasuk saat kamu sedang bertengkar.

Ada banyak hal yang tidak boleh kamu lakukan saat sedang bertengkar, kecuali jika kamu bertengkar untuk bersenang-senang atau membuat orang lain membenci kamu. Jika kamu ingin mendapatkan sesuatu yang konstruktif dari sebuah argumen dan menyelesaikan masalah, dilansir dari hoospeak dan thomasvan (14/8) jangan lakukan 5 hal ini ketika sedang bertengkar.

Jangan membahas masalah lain

Selama terlibat argumen atau perdebatan apapun, secara alami kamu akan mengatakan sesuatu yang mengingatkan kamu dengan masalah-masalah lain. Jika kamu tidak berpegang teguh pada masalah yang sedang dibahas, kamu tidak akan pernah menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. 

Mencoba memenangkan argumen

Setiap perdebatan, tidak ada yang menang atau kalah. Jika kamu terlibat sebuah argumen dan berpikir bahwa kamu harus keluar sebagai pemenang, hal itu hanya memperburuk keadaan. Kamu harus mencoba mengekspresikan pendapat dan mencapai kompromi untuk mencapai kesepakatan bersama.

Jangan pergi sampai masalah selesai

Pergi begitu saja ketika terlibat sebuah perdebatan akan menunjukan bahwa kamu tidak sopan dan tidak peduli dengan masalah yang terjadi. Kamu boleh meninggalkan sebuah argumen jika argumen tersebut berubah menjadi kasar secara emosional atau verbal. Selama hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamu tetap tinggal dan berpartisipasi jika kamu ingin menunjukan bahwa kamu menghormati orang lain. 

Jangan bersikap tidak sopan

Hal ini seperti memutar mata, menggelengkan kepala dan menggunakan kata-kata seperti kamu bodoh. Jangan gunakan bahasa tubuh kamu untuk bersikap tidak dan sopan dan menyindir atau menghina orang lain dengan kata-kata klise. Hal ini akan membuat kamu terlihat seperti orang bodoh. 

Jangan meninggikan suara

Kata-kata yang lembut dapat meredakan kemarahan, sebaliknya kata-kata yang keras akan memicu kemarahan dan memperburuk keadaan. Ketika terlibat pertengkaran, orang-orang akan meninggikan suara mereka, ini terjadi karena disela atau menyela ucapan orang lain ketika mereka tidak mengerti apa yang kamu katakan. Tidak jarang, pertengkaran ini berakhir saling menghina satu sama lain. Hal ini tentu tidak akan menyelesaikan masalah.

Sahabat Fimela, demikian 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang bertengkar. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading