Sukses

Lifestyle

Apa itu Manifestasi dan Bagaimana Cara Menerapkannya

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu ke belakang, istilah manifestasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang. Istilah ini juga sudah telah dibahas di beberapa buku psikologi bahkan hingga platform media sosial, seperti TikTok. Dengan adanya pengaruh tersebut, banyak orang mulai mencoba menerapkan manifestasi untuk keinginan atau goals yang mereka miliki.

Banyak orang merasa tertarik dengan istilah ini hingga akhirnya mengaplikasikannya di dalam kehidupan. Sebenarnya, apa sih maksud dari manifestasi itu?

Apa Itu Manifestasi?

Menurut definisinya, manifestasi adalah sebuah gagasan untuk mewujudkan sesuatu yang diinginkan melalui adanya praktik dari pemikiran seseorang. Manifestasi dapat bermula dari adanya niat, kemudian ketika kamu terus memikirkannya dan melakukan tindakan untuk mewujudkannya, maka pikiran tersebut bisa menjadi kenyataan. Secara sederhana, manifestasi berarti menciptakan hidup sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Alasan Untuk Melakukan Manifestasi

Gagasan ini diciptakan untuk menghendaki adanya perubahan positif sehingga kamu akan melakukan tindakan untuk merealisasikan segala hal yang diinginkan. Dengan cara ini, maka kamu dapat lebih berkonsentrasi dan termotivasi untuk mencapai tujuan. Terkadang, terasa sulit untuk melakukan perencanaan, terutama dalam jangka waktu panjang untuk masa depan, tetapi sebenarnya perencanaan bisa berdampak baik untuk kesehatan mental. Ketika sesuatu yang tidak diprediksi terjadi, kamu bisa tetap fokus pada tujuan yang telah ditetapkan dan bersiap untuk melakukan perubahan. 

Perlu diingat bahwa energi positif juga secara tidak langsung bisa menarik banyak peluang dalam hidupmu karena adanya kepercayaan pada diri sendiri. Selain itu, pastinya kamu akan lebih suka jika berada di lingkungan yang positif dan optimistis, bukan? Lingkungan yang mendukung juga pastinya bisa menciptakan pemikiran positif sehingga Sahabat Fimela juga dapat dengan mudah percaya dengan kemampuan diri sendiri. 

Cara Melakukan Manifestasi

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan teknik manifestasi, yaitu :

1. Mulai membuat vision board

Untuk membuat hidup yang lebih positif dan terencana, vision board bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk mencapai keinginanmu. Kamu hanya perlu menyusun tujuan spesifik dengan gambar dan kata - kata di papan sesuai dengan keinginanmu. Gambar tersebut dicetak untuk digantung atau ditempel pada tembok agar kamu bisa melihatnya setiap hari. Jika kamu ingin membuatnya secara digital, maka kamu hanya perlu untuk mengedit foto atau tulisan, kemudian menjadikannya sebagai wallpaper. Melalui cara ini, vision board bisa dijadikan sebagai pengingat akan tujuanmu supaya semakin bersemangat untuk mencapai sasaran yang telah kamu tetapkan. 

2. Mengucapkan afirmasi positif setiap hari

Setelah kamu mengetahui dengan jelas apa yang ingin diwujudkan, maka pikirkan hal - hal positif dan ambil tindakan yang menunjukkan bahwa kamu percaya pada diri sendiri. Pola pikir akan mempengaruhi cara seseorang untuk bertindak. Oleh karenanya, penting untuk menanamkan afirmasi positif setiap harinya untuk diri sendiri. Kamu bisa mengulang afirmasi untuk mengurangi tekanan ketika menghadapi masa - masa yang sulit dan meyakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa melaluinya dengan baik.

3. Journalling

Jika Sahabat Fimela membutuhkan ruang untuk menuangkan segala pikiran, mencatat hal yang dibutuhkan, dan menetapkan tujuan tanpa ada yang menghakimi, maka journaling bisa menjadi solusinya. Hanya melalui kertas, kamu bisa menyampaikan rasa syukur, mengingat berbagai hal yang bisa kamu syukuri di hari itu, hingga manifestasi untuk tetap fokus pada sesuatu yang ingin dicapai. Journaling bisa membuat kamu merefleksikan lebih dalam sejauh mana langkah yang telah kamu lakukan. 

Tak hanya itu, journaling juga bisa digunakan sebagai metode untuk mengetahui kebiasaan apa yang konsisten kamu lakukan, ide yang tiba - tiba terlintas dalam pikiran, atau sekedar ingin mengulas sesuatu yang kamu suka. Begitu banyaknya manfaat dari manifestasi diri dalam sebuah jurnal. Namun, usahakan tetap realistis berada di masa sekarang, hubungkan dengan emosimu, dan tinggalkan sesuatu yang tidak diinginkan. 

4. Metode Manifestasi 369

Metode ini sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari - hari karena hanya memerlukan secarik kertas dan menuliskan hal - hal yang ingin kamu manifestasikan. Kenapa namanya 369 ya? Mengutip dari mind body green, istilah ini berasal dari gabungan numerologi dan hukum Law Of Attraction. Setiap hari, kamu akan menuliskan apa yang ingin diwujudkan secara rutin, yaitu  3 kali di pagi hari, 6 kali sepanjang hari, dan 9 kali di malam hari. 

Tujuan utamanya yaitu sebagai pengingat untuk kembali pada niat dan tujuanmu setiap harinya. Jika kamu telah menulis secara konsisten, secara otomatis, niat tersebut bisa mengarahkan pikiran dan caramu untuk bertindak. 

5. Berada di lingkungan yang positif

Memiliki teman yang suportif tentunya bisa membuatmu menjadi lebih semangat untuk mencapai keinginanmu. Penting untuk berada pada lingkungan yang selalu membuatmu fokus dan tetap berada pada tujuanmu. Selain itu, dengan berada di sekitar orang yang memiliki pemikiran yang sama, kamu bisa memiliki pola pikir yang sehat. Kamu juga bisa saling mendukung dengan cara menyampaikan kata positif untuk tetap bersama meraih keinginan masing- masing. 

Setelah mengetahui cara berikut, kamu bisa mulai dari sekarang untuk mencoba manifestasi dengan hal-hal sederhana. Cobalah untuk melakukan kebiasaan tersebut secara rutin setiap harinya. Mulai sekarang, selalu percaya pada dirimu sendiri, ya! 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading