Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Kecil yang Membuat Hidupmu Lebih Bahagia Saat Ini

Fimela.com, Jakarta Hidupmu saat ini mungkin terasa lebih berat dari sebelumnya. Bisa jadi saat ini kamu sedang menjalani fase yang rumit dalam hidupmu. Rasa sedih pun kerap kamu rasakan. Wajahmu pun akhir-akhir ini tampak begitu muram dan murung.

Daripada makin tenggelam dalam rasa hilang arah dan sedih, cobalah untuk mengambil langkah baru. Hadirkan perubahan kecil dalam hidup agar kamu bisa lebih bahagia saat ini. Seperti perubahan-perubahan sederhana berikut ini. Yuk, simak uraiannya di bawah ini, Sahabat Fimela.

 

 

1. Memberanikan Diri Mengunjungi Tempat Baru

Kalau selama ini kamu menjalani rutinitas yang monoton, coba buat jadwal untuk berlibur sejenak. Melanconglah ke tempat baru. Mengutip buku How to Love, "Melancong akan merangsang otak secara langsung. Otak akan menerima informasi baru dan menstimulasi tubuh untuk berjalan dan bergerak. Proses ini akan mempercepa pengelolaan informasi dan data di otak. Dengan kata lain, melancong adalah cara untuk menata ulang gudang memori otak." Pengalaman berlibur atau melancong akan membuatmu bisa menemukan hal-hal baru dan berbeda yang makin memperkaya jiwa.

 

 

2. Mensyukuri Hal-Hal Kecil

Tarik napas dalam, embuskan perlahan. Ulangi beberapa kali. Sembari sebutkan hal-hal kecil dan sederhana yang bisa kamu syukuri saat ini. Bersyukur bisa mengalihkan perhatianmu dari hal-hal yang sekiranya tidak menyenangkan. Sehingga kamu bisa berfokus pada hal-hal yang lebih positif, dan ini bisa meningkatkan apresiasi terhadap kehidupan yang kamu jalani. Hatimu pun bisa terasa makin bahagia dengan hadirnya rasa syukur ini sebab energi baik memenuhi jiwamu.

 

 

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kalinya kamu berolahraga atau berjalan-jalan di luar ruangan? Bisa jadi kamu sulit bahagia karena kurang gerak atau jarang melakukan aktivitas fisik. Agar bisa menghadirkan rasa bahagia, bisa dicoba dengan mulai melakukan aktivitas fisik. Melakukan olahraga bisa meningkatkan produksi endorfin, yaitu hormon yang memiliki peran untuk menghadirkan perasaan bahagia. Coba buat perubahan baru dalam rutinitasmu dengan memasukkan jadwal berolahraga, ya.

 

 

4. Memperbaiki Hubungan dengan Orang Terdekat

Saatnya untuk memberanikan diri memperbaiki hubungan dengan orang-orang terdekatmu. Ada penelitian menarik terkait hal ini. Mengutip buku Healing the Emptiness, Universitas Harvard melakukan studi longitudinal terpanjang mengenai kebahagiaan. Dalam studi tersebut dijelaskan bahwa para peneliti mengikuti peserta selama hampir 80 tahun, mengukur tingkat kebahagiaan mereka, bersama dengan berbagai faktor lain, seperti kekayaan, karier, kesehatan, serta hubungan. Berdasarkan studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa hubungan dekatlah yang membuat orang bahagia sepanjang hidup mereka, melebihi uang ataupun ketenaran. Kualitas hubungan dekat yang kita miliki dengan orang-orang yang ada di dalam hidup ternyata punya pengaruh besar terhadap kebahagiaan kita.

 

5. Belanjakan Uang untuk Pengalaman Baru

Kalau selama ini kamu cenderung menghabiskan uang untuk membeli barang-barang yang sebenarnya kurang kamu butuhkan, kini coba alokasikan sebagian uang yang kamu miliki untuk membeli atau mendapatkan pengalaman baru. Seperti pergi berlibur, mengikuti kursus, mencoba hobi baru, dan sebagainya. Kebahagiaan yang didapatkan dari kenangan baru bisa bertahan lebih lama dibandingkan yang didapatkan dari membeli barang-barang yang sebenarnya belum dibutuhkan.

Yuk, Sahabat Fimela saatnya meraih kebahagiaan dengan cara ternyaman. Perubahan kecil yang dilakukan dengan kesadaran diri baik bisa datangkan kebahagiaan yang berlimpah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading