Sukses

Lifestyle

5 Bukti Kamu Lebih Cerdas dari yang Kamu Kira Tanpa Pamer Prestasi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan otak orang bisa diukur dari banyak hal, tidak hanya dari tes IQ. Kecerdasan juga punya banyak jenisnya, bukan hanya kecerdasan intelektual, ada juga jenis kecerdasan lain, seperti kecerdasan emosional, sosial, musikal, kinestetik, dan sebagainya.

Oleh karena itu, untuk mengukur kecerdasan otak orang secara menyeluruh, kita perlu menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan jenis kecerdasan yang ingin diukur. Terkadang kita juga tak sadar sebenarnya lebih cerdas dari yang kita kira. Tapi kamu bisa membuktikan bahwa dirimu lebih cerdas dari yang kamu kira selama ini jika memiliki sekian hal berikut.

1. Tak pernah menganggap diri sendiri pintar

Orang cerdas sesungguhnya tak pernah berpikir dirinya lebih pintar dari orang lain. Ia sadar dirinya tak tahu banyak hal. Dunia ini luas dan penuh teka-teki, ia hanya tahu segelintir hal tentang dunia ini, karena itulah ia punya banyak pertanyaan dan ingin mencari jawaban atas segala hal yang muncul di kepalanya. Ketidaktahuannya akan banyak hal justru membuanya lebih bijaksana dalam menyikapi segala hal. Ia ingin tahu banyak hal dan mencari banyak pengalaman.

2. Suka mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik ternyata merupakan ciri kecerdasan emosional yang kuat. Lebih banyak orang ingin didengarkan ketimbang mendengarkan. Itu bukan hanya menjadi tanda keegoisan tapi juga kurangnya kemampuan intelektual. Semakin suka pamer dan banyak bicara seseorang, semakin rendah tingkat kecerdasan emosionalnya. Terkadang kebiasaan tak suka mendengarkan ini juga segaris lurus dengan kesabaran yang tipis alias mudah marah.

3. Punya kemampuan mengendalikan diri

Penelitian yang dimuat dalam Sage Journals dengan judul Individual Differences in Delay Discounting: Relation to Intelligence, Working Memory, and Anterior Prefrontal Cortex menemukan bahwa punya kemampuan pengendalian diri yang baik merupakan pertanda tingginya kecerdasan intelektual dan emosional seseorang karena ia memiliki disiplin diri yang lebih baik dibandingkan orang lain. Siapa pun yang punya pengendalian diri yang bagus juga cenderung bijaksana dan dewasa.

4. Sering merasa bosan

Orang cerdas selalu merasa bosan ketika melakukan hal yang sama setiap hari. Bukan berarti orang yang mencintai rutinitas tidak pintar, tapi orang cerdas memiliki kecenderungan ingin mencoba banyak hal karena ia punya rasa penasaran yang besar. Lagipula, Penelitian yang dimuat dalam International Journal on Integrated Education dengan judul A Study of Curiosity among School Children in Relation to Intelligence and Scholastic Achievement membuktikan bahwa anak cerdas berkolerasi kuat dengan tingkat keingintahuan yang besar.

5. Mampu menolak apa yang tidak diinginkan

Kamu tahu cara menghargai diri sendiri dan memilih apa yang ingin kamu lakukan. Kamu tak butuh orang lain memvalidasi keberadaan dan kemampuanmu karena kamu merasa cukup dengan dirimu sendiri. Terlalu dangkal jika harus berpatok pada pendapat orang lain. Hidupmu adalah pilihanmu jadi sebisa mungkin kamu menciptakan kehidupan yang bahagia dan bermakna versimu. Dan mampu menolak apa yang tidak kamu inginkan masuk ke dalam kecerdasan emosional dan interpersonal yang kuat. Kamu mandiri dan bisa menentukan keinginanmu.

Jika memiliki semua poin di atas, pertanda kamu lebih cerdas dari yang kamu kira selama ini bahkan tanpa pamer prestasi.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading