Sukses

Lifestyle

Ciri Seseorang Memiliki Kecerdasan Naturalis

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki tipe kecerdasan yang berbeda. Dengan kecerdasan yang kamu punya, kamu bisa mengembangkan potensi serta kemampuan diri yang kamu punya. Tidak hanya itu, ketika kamu memahami jenis kecerdasan yang kamu punya, kamu sudah dapat melihat karir dan jalur ke depan yang ingin kamu ambil, hal ini tidak membuat kamu kesulitan untuk menentukan masa depan kamu. 

Di antara beragamnya kecerdasan manusia, ada satu kecerdasan yang sangat ini. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini sangat suka menyatu dengan alam dan sangat dekat dengan alam. Mereka suka melakukan aktivitas terbuka, berani untuk kotor-kotoran, punya rasa penasaran yang tinggi, peduli dengan hewan dan lingkungan, dan rasa empati yang baik. Kecerdasan ini disebut dengan Kecerdasan Naturalis. Apa sih yang dimaksud dengan Kecerdasan Naturalis? Indeed Career Guide memberikan informasi-informasi menarik untuk kamu yang memiliki Kecerdasan Naturalis, Berikut penjelasannya. 

Apa itu Kecerdasan Naturalis?

Kecerdasan Naturalis atau nama lainnya Kecerdasan Lingkungan adalah salah satu dari tipe kecerdasan manusia yang diperkenalkan oleh Howard Gardner pada tahun 1983 melalui Theory of Multiple Intelligence.

Theory of Multiple Intelligences milik Gardner ini memperkenalkan kecerdasan manusia yang berbeda seperti linguistik, logika-matematika, spasial, musikal, kinestetik, interpersonal, dan intrapersonal. Tetapi yang membedakan dari kecerdasan lain adalah Kecerdasan Naturalis ini fokus pada alam. 

Apa saja karakteristik orang dengan Kecerdasan Naturalis?

Orang-orang dengan kecerdasan naturalis sangat senang mencari pembahasan tentang alam di sekitarnya. Mereka sangat menghargai kesempatan untuk mengeksplor, mempelajari, bahkan mengaplikasikan kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan alam. Berikut 5 ciri-ciri khas dari Kecerdasan Naturalis 

1 Peduli dengan lingkungan

Orang-orang dengan Kecerdasan Naturalis sangat sadar bahwa alam berubah. Maksudnya, alam saat ini berubah menjadi kotor dan tidak bersih seperti sedia kala membuat mereka berupaya untuk mengurangi dampak negatif. Hal yang menjadi sangat concern untuk mereka misalnya adalah limbah. Kamu pasti menyadari saat ini pembuangan limbah menjadi topik yang sering diperbicarakan karena ada jenis limbah seperti limbah rumah tangga yang sulit untuk diolah. 

Untuk mengurangi dampak buruk misalnya mereka akan melakukan hal-hal seperti, membawa kantong belanja saat sedang berbelanja dibanding membeli plastik, membawa tumbler atau botol minum pribadi dibanding memesan minuman dengan cup yang disediakan, membawa sedotan yang environmental friendly seperti jenis sedotan stainless steel. 

2 Senang berinteraksi dengan alam

Seseorang yang memiliki Kecerdasan Naturalis sangatlah senang berinteraksi dengan alam. Mereka biasanya suka mengunjungi hutan, mendaki gunung, ataupun mengarungi laut biru. Dengan mereka mengunjungi hutan, mendaki gunung, ataupun mengarungi laut biru mereka dapat menggunakan kecerdasan mereka untuk mengidentifikasi spesies hewan maupun tumbuhan yang mereka temui. 

Biasanya, orang-orang yang memiliki kegemaran ini identik dengan pekerjaan seperti ahli botani, ahli biologi, dan dokter hewan. 

3 Tertarik dengan kehidupan alam yang liar dan menantang

Seseorang dengan Kecerdasan Natural sangat senang jika dapat menyatu dengan alam. Mereka senang menemukan makna dibalik aktivitas yang mereka lakukan. Bersepeda dengan trek yang tajam, mendaki gunung yang tinggi, scuba diving dengan birunya samudera dan biota laut yang beragam. 

Mereka suka memikirkan hal seperti “Mengapa gunung ini tinggi sekali?” “Mengapa batuan yang dijumpai sangat berbeda dengan batuan di tempat lain.” “Mengapa jenis tanah ini lebih padat teksturnya daripada tanah yang dijumpai di tempat X.” atau “Hewan yang sedang ku lihat ini memiliki jenis yang berbeda dengan hewan pada umumnya. Bagaimana bisa?” Dari pikiran-pikiran tersebut, mereka akan tertantang untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka tanyakan. 

4 Peduli dengan hewan

Sudah tidak kaget jika melihat orang-orang dengan Kecerdasan Naturalis sangat peduli dengan hewan. Mereka bahkan juga memiliki hewan peliharaan di rumah yang siap menemani. Selain dijadikan sebagai teman, hewan peliharaan juga sering dijadikan sebagai sumber belajar. Mereka biasanya suka mengobservasi kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan oleh hewan peliharaan mereka. 

Biasanya dengan kebiasaan ini, fokus mereka akan diarahkan untuk menjadi dokter hewan ataupun zookeeper. Dengan peduli pada hewan di sekitar, kemampuan empati mereka juga semakin terasah. Banyak orang dengan Kecerdasan Naturalis ikut ke komunitas pecinta hewan dan mengkampanyekan peduli hewan. 

5 Suka menyatu dengan alam 

Terakhir, ciri-ciri orang dengan Kecerdasan Naturalis. Adalah suka menyatu dengan alam. Mereka lebih mudah menggunakan kemampuan mereka ketika berada di luar daripada berada di suatu ruangan. 

Menyatu dengan alam dapat memberikan penjelasan mengapa manusia dan alam selalu beriringan. Manusia dan alam adalah satu kesatuan kolektif yang tidak dapat dipisahkan. Manusia mengelola alam sedangkan alam memberikan manusia sumber daya. Manusia mempelajari alam sedangkan alam menjadi sumber pelajaran untuk manusia. 

Strategi untuk meningkatkan Kecerdasan Naturalis

Untuk kamu dengan Kecerdasan Naturalis kamu bisa lakukan kegiatan seperti:

1 Pilihlah aktivitas yang menyenangkan 

Pilih aktivitas yang menyenangkan yang kamu suka. Kamu bisa melakukan aktivitas untuk lebih mengenal alam  seperti foto objek alam, menanam, mengoleksi batuan dan mineral yang kamu temukan, atau hiking dengan trek yang menantang. 

Dengan memilih aktivitas yang menyenangkan kamu akan semakin memahami alam dengan baik dan meningkatkan Kecerdasan Naturalis kamu. 

2 Tingkatkan kemampuan observasi 

Tingkatkan kemampuan kamu dengan mengeksplor area pegunungan dengan jalur yang beragam dan sesekali berhenti untuk observasi pohon, tanah, ataupun bentangan alam lain yang menarik. 

Kamu juga dapat memfoto atau membuat jurnal tentang hal yang kamu teliti. 

3 Tingkatkan rasa empati dengan kegiatan menyatu dengan alam

Kamu bisa meningkatkan rasa empati dengan kegiatan yang menyatu dengan alam. Hal ini penting  untuk mengerti lebih jauh tentang alam yang menjadi “tempat” untuk manusia dan hewan tumbuh. Kamu juga bisa memperhatikan fenomena alam yang terjadi di sekitar seperti hujan misalnya. 

Hujan yang besar dapat menyebabkan banjir dan kamu kaitkan dengan manusia yang suka membuang sampah sembarangan. Hal ini akan meningkatkan rasa empatimu sehingga kamu dapat lebih menghargai alam. 

 

4 Biarkan rasa penasaran mengalir

Biarkan rasa penasaran kamu mengalir dari dalam dirimu. Misalnya ketika kamu sedang hiking kamu menemukan hewan yang aneh ataupun menjumpai tumbuhan yang berbeda atau tidak umum. Kamu bisa abadikan momen dengan memotretnya ataupun menggambarnya.

Setelah turun kamu bisa riset dan menggali informasi lebih jauh. Selain melakukan riset cobalah untuk bertanya kepada orang yang lebih tahu seperti guru, dosen, ahli biologi, dan orang-orang yang berkompeten dibidangnya. 

 

5 Dapatkan pendidikan formal yang sesuai 

Selain dengan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan alam, pengetahuan lebih seperti pendidikan juga penting untuk menambah wawasan kamu serta mempersiapkan bekal kamu untuk jenjang karir dan masa depan yang akan kamu ambil. 

Dengan Kecerdasan Naturalis yang kamu ambil, kamu bisa pertimbangkan untuk memilih jurusan yang mempelajari tentang alam serta memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan alam seperti biologi, dokter hewan, geologi, botani, dan sebagainya. 

Aktivitas lain yang dapat kamu lakukan untuk tingkatkan Kecerdasan Naturalis

Aktivitas lain di bawah ini juga dapat kamu lakukan untuk tingkatkan Kecerdasan Naturalis yang kamu punya. Kecerdasan-kecerdasan tersebut antara lain: 

  1. Mengelompokan dan membedakan benda-benda yang berkaitan dengan alam 
  2. Observasi alam secara detail 
  3. Pergi dan habiskan waktu di tempat terbuka seperti hutan ataupun pantai 
  4. Mengunjungi kebun binatang atau akuarium
  5. Menanam tanaman ataupun mencari benda-benda masa lampau seperti fossil 

Prospek Karir yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu memiliki Kecerdasan Naturalis

Jika kamu memiliki Kecerdasan Naturalis jangan bersedih sebab kamu juga punya prospek karir yang tidak kalah menarik. Pekerjaan-pekerjaan di bawah ini dapat menjadi pertimbangan untuk kamu ambil. Pekerjaan-pekerjaan tersebut antara lain: 

  1. Petugas di taman nasional 
  2. Peneliti lingkungan
  3. Petugas di kebun binatang
  4. Dokter hewan
  5. Ahli biologi
  6.  Petugas di kawasan konservasi 
  7. Konservasionis 
  8. Saintis 
  9. Arsitek lanskap 
  10. Ahli hortikultura 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading