Sukses

Lifestyle

Tips Membangun Hidup yang Lebih Baik ala Caca Tengker dan Riska Elastria

Fimela.com, Jakarta Bisa karena terbiasa, merupakan pepatah yang menggambarkan bahwa suatu perubahan dapat dilakukan jika kita berani mencoba. Gambaran yang sama juga dapat diaplikasikan ketika seseorang memiliki keinginan untuk membangun kebiasaan baik untuk diri sendiri maupun lingkungannya.

Melakukan langkah kecil sederhana secara konsisten menjadi sebuah proses dalam mewujudkan resolusi. Memeriahkan kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day, Caca Tengker (Public Figure & Mom) dan Riska Elastria (Owner True To Skin) berbagi kisah mengenai perjalanannya yang mulai menanamkan kebiasaan baru pada rutinitas kesehariannya, baik itu saat berkumpul dengan keluarga, bekerja, maupun saat pengambilan keputusan. Dengan tema ‘Meniti Langkah Kecil Menuju Kebiasaan Baik’, acara ini juga menyajikan ruang berdiskusi yang membahas mengenai serba serbi kekuatan langkah nyata dan proses akan perubahan yang ingin diciptakan.

Dikutip dari rilis yang diterima tim Fimela.com oleh pihak Shopee pada Senin (4/9/2023), Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, "Dalam mewujudkan sebuah impian, berfokus pada langkah kecil dan sederhana tentu memudahkan kita untuk melakukannya secara perlahan. Namun hal yang mudah tetap memerlukan kedisiplinan agar bisa berjalan sesuai rencana. Dan setiap orang pun diharapkan membuat to do list sebagai motivasi dan pengingat diri akan kebutuhan yang perlu disiapkan untuk menciptakan perubahan baik tersebut,"

"Kini, Shopee berupaya untuk menjadi wadah pemenuhan kebutuhan seluruh pengguna dan juga menjadi tempat yang tepat untuk membantu individu yang ingin mencoba melakukan hal baru. Acara hari ini diharapkan dapat menjadi inspirasi akan bagaimana kita bisa memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar kita, seperti ragam pilihan produk dari berbagai kategori yang dihadirkan pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day," lanjutnya.

Sehat Luar dan Dalam, Motivasi Awal Perjalanan Brand Kecantikan Lokal True To Skin

Mimpi yang besar bisa terwujud dari langkah kecil yang diambil hari ini. Itulah yang dilakukan oleh Riska Elastria dalam membangun brand kecantikan lokal miliknya di tahun 2020 lalu yang bernama True To Skin. Memiliki kondisi kulit yang sangat sensitif, membuat Riska selalu harus memperhatikan kandungan skincare yang ia gunakan.

Riska Elastria, Owner True To Skin mengatakan, “Dari sinilah aku mencoba pelan-pelan menciptakan skincare yang bisa jadi solusi dari masalah kulit yang aku miliki yang belum terjawab di tengah masyarakat. Aku memanfaatkan ilmu-ilmu yang aku punya mengenai skincare dan menghadirkan True To Skin sebagai brand lokal minimalis yang mengusung konsep bahan aktif tunggal yang dipadukan dengan bahan alami lokal, sehingga menghasilkan formulasi yang lembut dan aktif. Melalui True To Skin, aku juga mau mengedukasi masyarakat tentang kandungan apa yang sebenarnya perlu mereka gunakan dan apa yang benar-benar bermanfaat bagi kulit mereka, sehingga mereka tidak hanya membeli tanpa menyadari kegunaannya.”

Memiliki misi menjadi brand yang clean and minimalist, seluruh produk True to Skin terbuat dari bahan-bahan natural, tanpa parfum, tanpa paraben, dan tanpa pewarna sehingga aman digunakan untuk semua kalangan, baik itu tipe kulit sensitif, ibu hamil, bahkan ibu menyusui. Tidak cuma baik untuk kulit masyarakat karena menggunakan bahan alami yang berkualitas, Riska juga ingin menciptakan produk yang baik untuk lingkungan, dimana produk True To Skin juga vegan friendly dan cruelty free. Bersama langkah-langkah kecil yang Riska ambil yang diwujudkan lewat brandnya, ia ingin memotivasi masyarakat untuk menuju kebiasaan baik dengan memilih produk skin care yang lebih baik untuk kulit wajah dan lingkungan tanpa perlu khawatir harus mengeluarkan biaya yang besar.

Membangun bisnis di tengah pandemi yang melanda tidaklah mudah. Setelah melewati proses panjang selama dua tahun untuk menciptakan produk dan mencari kandungan skincare yang tepat untuk negara tropis dan bagus untuk kulit sensitif, akhirnya True To Skin pun diluncurkan pada 12 Desember 2020.

Riska pun harus beradaptasi dengan perilaku belanja masyarakat di kala itu yang beralih ke belanja online. Sehingga bersamaan dengan peluncuran pertama True To Skin, ia juga membuka toko online pertama di Shopee untuk menjual dan memperkenalkan produk-produk yang dimiliki. Berbagai kampanye dan fitur yang Shopee miliki terus Riska eksplor dan pelajari hingga akhirnya memberikan manfaat yang signifikan terhadap penjualan True To Skin. Berawal dari 4 orang karyawan yang harus mengerjakan berbagai hal operasional, kini sudah berkembang dan memiliki lebih dari 30 orang karyawan.

Langkah Kecil yang Membawa Caca Tengker Menjadi Versi Dirinya Saat ini

Sebuah perubahan dengan dampak besar yang nyata untuk masyarakat bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk individu. Hal ini juga dilakukan oleh Alsi Mega Marsha Tengker, atau akrab dipanggil Caca Tengker, dimana menjadi versi dirinya saat ini bukanlah perubahan yang terjadi dalam semalam saja.

Caca Tengker, Public Figure & Mom mengatakan, “Sebagai manusia, tentu aku ingin terus mengembangkan diri aku menuju versi lebih baik pada setiap peran yang aku jalankan serta lingkunganku. Akan tetapi aku juga paham, bahwasanya menuntut diri seakan dikejar waktu juga bukan merupakan hal yang sehat. Sehingga aku sering memetakan terlebih dahulu mulai dari keinginan yang sederhana hingga yang besar, dan hal-hal kecil apa yang bisa aku mulai ubah dalam keseharianku. Salah satu resolusi sederhana yang aku ingin wujudkan tahun ini adalah meningkatkan kesadaran akan kesehatan tubuh,"

"Langkah awal yang aku ambil adalah mengkonsumsi makanan yang lebih sehat. Dengan sifat ku yang memang sedikit malas gerak, Shopee pun menjadi jalan ninjaku untuk berbelanja maupun memesan berbagai peralatan seperti olahraga di Shopee, sehingga tidak bisa mencari alasan. Setelah itu, baru langkah selanjutnya yang terbaru aku ambil adalah mulai mengikuti sesi tenis bareng keluarga," lanjutnya.

Metode langkah kecil atau micro habits pun ditanamkan untuk keluarga, dimana Caca dan suami terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, tanpa harus menuntut agar tidak kewalahan. Bisa dilihat dari bagaimana cara Caca mengajarkan nilai-nilai keluarga seperti toleransi sejak dini, serta cerita Caca yang terus berupaya menyempatkan diri untuk tidur terlebih dahulu bersama Anak, sebelum setelah nya beraktivitas kembali. Hal ini dilakukan sejak anak-anak kecil, dengan tujuan untuk terus menjaga quality time bersama anak di tengah kesibukan.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading