Sukses

Lifestyle

Pentingnya Pendidikan bagi Perempuan yang belum Menikah

Fimela.com, Jakarta Perjuangan perempuan memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan serta mengembangkan potensi diri melalui karir telah dilakukan sejak zaman dulu. Contohnya RA Kartini dengan bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang menuliskan betapa sulitnya hidup sebagai perempuan pada masa itu. 

Namun saat ini, kesetaraan gender telah menunjukkan perannya di mana baik perempuan maupun pria memiliki kesempatan yang sama. Pendidikan untuk perempuan juga tidak hanya penting untuk perempuan yang belum menikah tetapi juga perempuan yang sudah menikah. 

Dengan mendapatkan pendidikan yang cukup pula, perempuan akan mampu mengembangkan potensi diri serta memiliki karir dan kehidupan yang lebih layak. Tahukah kamu jika perempuan dan pendidikan juga tidak bisa dipisahkan. Selain itu, pendidikan juga sangatlah penting untuk perempuan sebelum menempuh ke jenjang pernikahan. 

Perempuan dan pendidikan tidak dapat terpisahkan

Perempuan memiliki pesona dan  kecantikannya sendiri. Namun perempuan juga sering disalah artikan oleh masyarakat yang menyebut bahwa kodratnya seorang perempuan itu hanya memasak dan mengurus rumah tangga. Padahal dalam islam sendiri perempuan memiliki 3 kodrat yaitu mengandung, melahirkan dan menyusui.

Selain itu, perempuan juga dianggap tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi. Padahal pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang. Peran pendidikan pada perempuan akan mampu membantu pasangannya, dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dalam rumah tangganya nantinya.

Pergerakan akan emansipasi perempuan serta tinjauan dari perjuangan masa lalu perempuan yang memperjuangkan hak-haknya. Perempuan dan pria memiliki derajat dan hak yang sama. Jika pria mendapatkan hak pendidikan, maka perempuan juga harus mendapatkannya. 

Alasan mengapa pendidikan sangat penting termasuk untuk perempuan yang belum menikah

1. Mampu mendukung kehidupannya sendiri dan juga keluarga

Seorang perempuan suatu hari nanti akan menjadi seorang ibu rumah tangga yang memiliki tanggung jawab besar terhadap perjalanan rumah tangganya. Karena hal tersebut,  banyak orang-orang yang mengatakan perempuan  tidak perlu berpendidikan tinggi karena akan melakukan hal-hal tersebut. Namun, dalam menjalankan perannya di keluarga baik sebagai ibu maupun sebagai seorang istri bukan berarti mereka tidak membutuhkan pendidikan tinggi.

Justru tanggung jawab yang besar inilah yang  menjadi sebuah alasan mengapa perempuan harus menempuh pendidikan yang tinggi, sebab masa depan rumah tangga akan ada di tangannya. Pria sebagai kepala rumah tangga mungkin saja akan menjadi tulang punggung keluarga, namun sosok yang serba bisa dan akan menangani banyak hal lain di rumah tangga itu sendiri adalah perempuan.

Mengurus dan merancang masa depan anak-anak, perempuan memiliki andil yang lebih banyak daripada pria untuk melakukan hal tersebut. Anak-anak akan tumbuh di tangan seorang perempuan yang tepat, sehingga penting bagi perempuan untuk  memiliki pengetahuan yang mumpuni.

2. Mampu ikuti perkembangan zaman

Baik nantinya seorang perempuan akan tetap bekerja atau hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga saja, kemampuannya tentu harus berkembang dari waktu ke waktu. Perempuan yang memiliki pendidikan tinggi akan lebih siap untuk hadapi semua perkembangan teknologi dan juga informasi yang terjadi. 

Bukan hanya itu, jika perempuan tidak dapat mengimbangi kemajuan teknologi yang terjadi, maka besar kemungkinan ia akan mengalami kesulitan dalam mengontrol dan melakukan berbagai hal terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi saat ini berbagai ponsel berteknologi mudah dikuasai oleh anak berusia dini. 

Anak-anak akan bertumbuh dan berkembang mengikuti kemajuan zaman dengan teknologi internet. Tanpa adanya pengawasan serta pemahaman lebih akan efek dan dampak yang ditimbulkan dari teknologi, anak-anak bisa masuk ke jalur yang salah. 

3. Memiliki karir cemerlang

Saat seorang perempuan bekerja dan menempati sebuah jabatan, seringkali berbagai kendala menjadi penghalang untuknya dalam mengembangkan karir, salah satunya adalah terbatasnya bekal pendidikan yang dimilikinya. 

Zaman yang berubah ini telah memberikan perempuan berbagai kesempatan yang sangat luas untuk berkarir, namun tentunya dengan bekal pendidikan dan juga kemampuan yang sama atau lebih baik dari pria.  

Sangat penting bagi perempuan untuk mendapatkan jenjang pendidikan yang tinggi ketika akan bekerja, sebab hal ini akan menjadi salah satu penentu di dalam perkembangan kariernya ke depan. Dengan bekal pendidikan yang cukup,  ia akan lebih siap untuk bersaing mendapatkan berbagai posisi yang menguntungkan  di perusahaan.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading