Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Kamu Lupakan 10 Barang Esensial Ini Ketika Ingin Piknik

Fimela.com, Jakarta Menghabiskan waktu akhir pekan adalah yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Kapan lagi bisa memiliki waktu istirahat dan dapat bersantai bersama keluarga? Tidak hanya itu, melepas penat dari hiruk pikuk ibukota yang padat serta kerjaan juga perlu dilakukan untuk meringankan tubuh. Salah satu cara menghabiskan waktu di akhir pekan yang sering dilakukan adalah pergi piknik

Bukan merupakan hal yang tidak biasa jika orang-orang memutuskan untuk pergi piknik. Ditambah dengan fasilitas taman-taman yang berdiri di tengah-tengah kota sudah tertata lebih baik serta lebih kekinian. Dapat menghabiskan waktu bersantai dengan keluarga sembari mencicipi makanan dan berceloteh tentang kegiatan sehari-hari bukannya menjadi hal yang bagus untuk mempererat hubungan keluarga?

Namun, masih banyak orang yang masih salah atau melupakan barang-barang esensial yang harus disiapkan ketika ingin melakukan piknik. Apa saja barang-barang piknik yang esensial? Berikut informasi 10 barang-barang piknik esensial yang wajib kamu bawa ketika ingin piknik.

Mengapa piknik sangat bermanfaat?

Dilansir melalui Women’s Web, piknik memiliki beberapa manfaat antara lain: 

1 Mempererat hubungan sesama anggota keluarga 

Piknik dapat membantu mempererat hubungan sesama anggota keluarga. Piknik memberikan kesempatan untuk menghabiskan aktivitas yang mana aktivitas tersebut mengharuskan untuk berhubungan langsung dengan keluarga. Kita semua tahu bahwa komunikasi dalam keluarga adalah kunci untuk mempererat keharmonisan dan ketika ketika menghabiskan waktu dengan piknik bersama keluarga, pastinya kamu dapat melakukan aktivitas sederhana seperti bercerita tentang kehidupan sehari-hari.

Piknik juga memberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak dari aktivitas padat seperti sekolah, kuliah, bahkan kerja dan membantu untuk lebih terbuka serta menghargai diri kita sendiri. Ketika menghabiskan waktu dengan keluarga juga, kamu dan anggota keluargamu akan semakin dekat dan erat hubungannya.

Piknik juga bisa menjadi sarana untuk berdiskusi dengan keluarga. Misalnya seorang anak mengalami kesulitan maupun permasalahan yang ada di sekolahnya. Sebagai orangtua, kamu dapat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan maupun kesulitan yang dihadapi. Suasana sejuk dari rerumputan liar dan cahaya matahari yang hangat juga membantu kamu untuk lebih rileks serta dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada anak agar dapat menyelesaikan permasalahannya.

2 Menjaga kesehatan mental

Selain mempererat hubungan antar keluarga, piknik juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Apalagi kamu pergi keluar pada pagi hari yang di mana sinar matahari memproduksi vitamin D yang dapat membantu mengurangi depresi. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat diri kita menjadi lebih bahagia, mengurangi rasa tertekan dan terbebas dari rasa kecemasan.

Kita semua pasti setiap hari menjalani hidup di hiruk pikuk keramaian kota dengan jam kerja yang panjang, belum juga macetnya lalu lintas serta permasalahan pada waktu tidur membuat kita tidak dapat menyenangi hal-hal kecil seperti hangatnya matahari menyinari wajah, melihat matahari terbit maupun tenggelam, bahkan mendengar kicauan burung di pagi hari.

Dengan hal-hal itulah piknik memberikan manfaat untuk membiarkan kita melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Piknik juga dapat membantu untuk melepas rasa stress serta menaikan mood. Selain itu, rutin melakukan piknik ketika hari libur dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk menghadapi permasalahan yang akan datang ketika di hari kerja.

3 Menjaga kesehatan fisik

Membiarkan tubuh terkena sinar matahari selama melakukan piknik juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini dapat membantu menyehatkan otot, meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang, udara yang segar di pagi hari dapat meringankan beban pikiran.

Piknik juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kamu dapat melakukan permainan bersama keluargamu seperti main benteng, petak umpet, melempar dan menangkap bola. Permainan tersebut dapat membantumu untuk tetap sehat dan berenergi. Jika kamu belum pernah melakukannya bersama keluargamu, cobalah ambil langkah pertama, pastinya akan menyenangkan melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan.

Jadilah matahari yang menyinari keluargamu. Luangkan waktu untuk memprioritaskan keluarga dengan menghabiskan waktu bersama dengan suasana atmosfir yang menenangkan. Siapa tahu kamu menemukan “kejutan kecil” yang kamu tidak pernah sangka tentang keluargamu.

10 Barang esensial yang wajib dibawa ketika piknik

Sebelum piknik ada baiknya kamu menyiapkan 10 barang esensial yang harus dibawa. Dilansir melalui laman resmi Healthing and Plumbing London dan Mashed, berikut daftar barang yang harus kamu bawa ketika kamu berpiknik. 

1 Alas 

Barang pertama yang harus kamu bawa adalah alas untuk bersantai, menikmati pemandangan, maupun makan bersama. Rasanya tidak afdol jika berpiknik tidak membawa alas piknik. 

Meskipun ada sebagian orang yang senang duduk-duduk dan bersantai dengan beralaskan rumput, tetapi menjaga makanan dan minuman dari kotornya permukaan juga merupakan hal yang harus dilakukan. Alas piknik yang digunakan juga sebaiknya memiliki bahan tahan air. Hal ini dapat melindungi diri dari noda serta menghindari pakaian kamu terkena kotoran.

Alas yang digunakan juga tidak harus karpet khusus, kamu juga bisa menggunakan selimut maupun kain yang ringan untuk kamu bawa dengan mudah dengan menaruhnya di dalam keranjang piknik. Jika kamu memilih untuk membawa alas, kamu pastikan kamu punya alas lain untuk diduduki.

2 Tissue 

Barang esensial yang wajib untuk kamu bawa ketika piknik selanjutnya adalah tissue. Tentu saja ketika kamu melakukan piknik kamu membutuhkan suatu benda untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. 

Kini tissue tersedia dengan jenis yang bervariatif serta harga yang terjangkau. Untuk tissue yang kamu bawa, kamu bisa membawa ukuran pocket size agar lebih ringan. Selain itu tissue khusus untuk toilet bisa kamu bawa jika kamu berpiknik. Terkadang, ada juga jenis toilet umum yang kurang bersih. 

Selain tissue kering, membawa tissue basah juga penting untuk membersihkan kotoran-kotoran yang sulit dijangkau oleh tissue kering seperti kotoran yang bertekstur cair maupun lendir. Tidak hanya itu, tissue basah juga baik untuk membantu mengurangi keringat pada wajah.

3 Minuman dan makanan

Salah satu barang esensial yang wajib kamu bawa selanjutnya adalah minuman-minuman dingin. Saat ini, banyak sekali minuman dingin yang bisa kamu beli dengan harga murah. Kamu juga tidak perlu membeli minuman dingin dengan harga yang mahal juga. 

Alasan mengapa banyak sekali orang-orang yang membawa minuman dingin ketika piknik adalah kebutuhan akan air untuk melegakan tenggorokan dan terhindar dari dehidrasi karena cuaca yang panas. Meskipun sebagian orang juga berpiknik dengan sinar matahari yang tidak begitu menyengat, tidak ada salahnya jika terus menjaga asupan air yang masuk ke tubuh bukan?

Selain minuman tentunya kamu juga tidak lupa membawa makanan bukan? Makanan yang simpel seperti snack-snack ringan pretzels, popcorn, maupun keripik kentang dapat menjadi andalan untuk kamu bawa saat piknik.

4 Semprotan khusus nyamuk dan serangga 

Siapa yang suka berpiknik namun sering lupa membawa semprotan nyamuk? Jangan salah, nyamuk selalu ada di mana-mana bahkan termasuk piknik sekalipun. Rerumputan luas dengan berbagai pepohonan memang membuat suasana adem dan tenang tetapi serangga dan nyamuk bisa mengganggu piknikmu. 

Tidak membawa semprotan serangga menjadi salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Serangga-serangga kecil seperti semut, nyamuk, bahkan lalat bisa berjalan dan terbang di sekitar makanan yang dibawa. Tidak hanya itu, semut dan nyamuk yang membandel juga akan menggigit kulit. 

Ketika mendapat gangguan dari serangga ini, tidak hanya orang dewasa yang terkena getahnya tetapi anak-anak juga. Apalagi anak kecil rentan sekali terkena gatal dan mudah rewel ketika kulitnya muncul gatal kemerah-merahan. Semprotan serangga dan nyamuk yang dibawa sebaiknya berukuran travel size saja. Namun jika tidak memungkinkan, lotion khusus nyamuk dan minyak kayu putih dapat menjadi alternatif.

5 Sunscreen

Ketika mempersiapkan barang yang dibawa untuk piknik, jangan sampai sunscreen kamu ketinggalan. Sunscreen sangat penting agar kulit kamu terhindar dari sunburn atau gangguan kulit akibat sinar matahari yang menyengat.

Sekarang sunscreen juga tersedia dan mudah dibeli di toko manapun. Selain proteksi dari sinar matahari, sunscreen juga berfungsi untuk menutrisi wajah, menjaga warna kulit wajah. Tidak hanya itu, sunscreen juga membantu untuk menjaga kulit dari flek hitam serta menghindari serangan kanker kulit.

Sekarang sunscreen juga tersedia dan mudah dibeli di toko manapun. Selain proteksi dari sinar matahari, sunscreen juga berfungsi untuk menutrisi wajah, menjaga warna kulit wajah. Tidak hanya itu, sunscreen juga membantu untuk menjaga kulit dari flek hitam serta menghindari serangan kanker kulit.

Apakah hanya orang dewasa saja yang menggunakan sunscreen? Tentu saja tidak. Sunscreen juga dapat digunakan oleh anak-anak. Sudah ada variasi sunscreen untuk anak-anak. Ketika berada di luar, kulit anak juga rentan mengalami kering. Tidak hanya kering saja tetapi kulit anak juga mudah mengalami belang yaitu suatu istilah di mana ada bagian kulit yang cerah dan bagian kulit yang gelap. Maka dari itu, jangan lupakan sunscreen dari barang esensial untuk piknik. 

 

 

 

6 P3K

Barang esensial yang wajib kamu bawa lagi adalah P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan. Apakah harus? Tentu saja! Ketika tidak tahu akan ada kejadian buruk apa yang terjadi di masa depan ketika berpergian bahkan termasuk piknik sekalipun.

Kamu harus membawa setidaknya alat pertolongan pertama yang simpel misalnya perban, kapas, dan betadine. Setidaknya ketika ada insiden yang terjadi, kamu dapat melakukan pertolongan pertama.

Selain perban, kapas, dan betadine kamu juga bisa siapkan alkohol khusus untuk obat, antiseptik, bahkan sarung tangan agar tanganmu terhindar dari bakteri pada saat melakukan penanganan.

7 Kantong sampah

Pernah kah kamu melihat seseorang meninggalkan lokasi piknik dengan meninggalkan sampah yang menimbun? Jangan sampai kamu seperti itu karena selain mengganggu pemandangan, sampah yang ditimbun juga akan mengundang lalat. 

Membawa kantung sampah pada saat piknik dapat menjadi cara untuk tetap menjaga tempat piknik tetap bersih. Dengan membawa kantong sampah, sisa-sisa makanan serta barang-barang yang dibuang lainnya tidak akan tertinggal sia-sia di tempat piknik.

Tidak hanya itu, membawa kantong sampah juga dapat menjadi contoh untuk orang lain agar kita dapat mencintai lingkungan. Selain itu kita juga dapat memperlihatkan pada orang lain bahwa piknik merupakan aktivitas yang mudah untuk dilakukan tanpa harus mengotori lingkungan.

8 Peralatan makanan dan minuman sendiri atau yang mudah dibuang

Kecuali jika kamu ingin menyajikan makanan dengan sajian yang mudah untuk dimakan dengan tangan seperti roti-rotian dan kue, kamu pasti membutuhkan peralatan makanan dan minuman. Umumnya peralatan makan dan minuman khusus untuk piknik berbahan dasar plastik sehingga mudah digunakan untuk sekali pakai.

Sebuah artikel yang dibuat oleh North Carolina State University mengenai pembangunan berkelanjutan menjelaskan penggunaan peralatan makanan dan minuman yang tidak ramah lingkungan sangatlah sulit untuk terurai. Bahan plastik yang digunakan juga sering berbeda sehingga harus dibuang di jenis-jenis tong sampah yang berbeda. Hal ini yang menyebabkan sampah-sampah tersebut harus diurai dengan dibakar atau bahkan dibiarkan saja. Hal ini dapat menjadi berbahaya karena akan menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Untungnya saat ini ada beberapa pilihan peralatan makanan dan minuman yang mudah dibawa serta ramah lingkungan. Berbagai perusahaan pembuat peralatan makanan dan minuan juga telah menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan seperti bambu maupun kayu birchwood. Bahkan saat ini ada juga satu set peralatan makanan dan minuman yang juga dilengkapi dengan serbet serta cangkir yang terbuat dari tebu.

9 Permainan dan hiburan

Sangatlah menyenangkan jika duduk beralaskan tikar serta menghabiskan waktu dengan orang-orang sekitar. Cara lain untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat tidak hanya harus makan dan berbincang saja tetapi kamu juga bisa mencoba dengan bermain permainan dan hiburan lain. Misalnya membawa papan catur, kartu uno atau instrumen seperti gitar dan ukelele juga dapat menjadi alternatif barang esensial untuk kamu bawa.

Fakta bermain dan mendengarkan musik sendiri juga memiliki benefit untuk tubuh. Telah terbukti secara ilmiah, bermain musik dapat membuat diri kita menjadi lebih bahagia. Tidak hanya itu, bermain dan mendengarkan musik juga melepas hormon oksitosin dan dopamin.  Oksitosin dan dopamin yang berperan dalam memberikan semangat dan rasa bahagia.

Tidak hanya memainkan musik, bermain permainan yang membutuhkan strategi seperti krtu uno, dan papan catur juga bermanfaat untuk kesehatan. Bermain permainan tersebut dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat menghindari dari rasa stress. Selain itu, bermain permainan-permainan tersebut dapat memupuk hubungan yang positif.

10 Kamera

Buat yang punya suka banget foto-foto, kamu harus masukkan kamera sebagai barang esensial untuk  piknik. Kamera dapat memudahkan kamu untuk memotret dan merekam  video mulai dari pemandangan alam sampai dengan  momen penting.

Jenis kamera yang bisa kamu bawa pun beragam mulai dari kamera digital hingga kamera analog. Kamu juga sesuaikan dengan kekhasan dari kamera yang kamu punya. Jika kamu ingin menangkap gambar dengan kualitas tajam dan jernih, kamu bisa memilih kamera digital. Sementara jika kamu suka hasil foto vintage, kamu wajib bawa kamera analog.

Jika kamu mau membawa kamera saat sedang piknik, pastikan untuk mengisi dayanya terlebih dulu sebelum digunakan. Untuk jaga-jaga baterai kamera habis ketika sudah digunakan, jangan sampai kamu lupa membawa pengisi daya kamera. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading