Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Diremehkan Orang dengan Sikap Lebih Mandiri

Fimela.com, Jakarta Hidup sebagai perempuan dewasa dalam masyarakat modern membuat kita harus siap menghadapi berbagai persoalan dan tantangan yang beragam. Salah satu hal yang mungkin mengganggu bagi kita saat ini adalah persepsi bahwa perempuan masih seringkali disepelekan dalam berbagai aspek kehidupan.

Bagaimana kita bisa menghadapi realitas ini dengan teguh dan memperoleh pengakuan yang pantas? Bagaimana agar tidak lagi gampang diremehkan orang lain? Berikut ini lima strategi sederhana yang bisa dicoba untuk menjadi perempuan yang lebih mandiri dengan harapan agar bisa punya mental yang lebih tangguh lagi.

 

 

1. Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi

Keterampilan berkomunikasi yang baik tidak hanya memungkinkan kita untuk menghadapi tantangan, tetapi juga memberi kita alat untuk membuktikan bahwa kita mampu berkontribusi secara signifikan dalam berbagai situasi. Misalnya, menguasai keterampilan komunikasi efektif akan membantu kita untuk lebih jelas dan tegas dalam menyampaikan pendapat kita, sehingga tidak mudah diabaikan.

Cobalah untuk lebih membuka diri belajar cara-cara berkomunikasi yang lebih efektif. Perluas lingkaran sosial dan kalau perlu ikuti kelas atau kursus yang bisa membantumu mengasah kecakapan berkomunikasi. Tak perlu menunggu disuruh oleh orang lain untuk belajar cara berkomunikasi yang baik.

 

 

2. Mengelola Finansial dengan Lebih Bijak

Sebuah penelitian dari McKinsey & Company menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki kontrol atas keuangan mereka cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih besar dan merasa lebih dihargai dalam hubungan. Memahami bagaimana mengelola uang dengan baik tidak hanya memberikan kebebasan finansial, tetapi juga membangun kepercayaan diri yang lebih besar dalam berbagai aspek kehidupan.

Kamu pun tak akan lagi gampang diremehkan oleh orang lain saat bisa membuktikan kamu adalah perempuan berdaya dan punya kebebasan yang lebih banyak dalam membuat pilihan atau keputusan terbaik dalam hidup.

 

 

3. Lebih Berani Tampil Beda

Penelitian psikologis oleh Dr. Brené Brown (2012), seorang peneliti, penulis, dan pembicara yang terkenal karena penelitiannya di bidang kerentanan, keberanian, rasa malu, dan emosi manusia, menunjukkan bahwa meraih keberanian untuk tampil beda dan menghadapi ketidakpastian adalah langkah penting dalam mengatasi perasaan rendah diri dan rasa tidak berdaya.

Punya keberanian keluar dari zona nyaman bisa menempa mental lebih kuat lagi. Selain itu, kamu bisa tampak lebih karismatik dengan keberanian dan kemandirianmu untuk tampil beda dan nyaman menjadi diri sendiri.

 

 

4. Meningkatkan Semangat untuk Terus Belajar

Tingkatkan semangat untuk terus belajar. Raih gelar pendidikan yang kamu impikan, tetapi tak perlu membatasi diri hanya belajar di dalam ruang-ruang kelas formal. Penelitian oleh UNESCO (2016) menunjukkan bahwa perempuan dengan pendidikan tinggi cenderung memiliki kesempatan lebih besar untuk mencapai posisi berpengaruh dalam dunia kerja dan masyarakat.

Intinya, selalu perluas wawasan dan gali lebih banyak ilmu pengetahuan seiring waktu berjalan. Dengan memiliki pengetahuan yang luas, perempuan dapat dengan percaya diri memberi pengaruh baik pada berbagai bidang. Pengaruh baikmu ini pun bisa membuat orang-orang di sekitarmu bisa lebih respek padamu.

 

 

5. Memenuhi Kebutuhan Dasar Sebaik Mungkin

Menurut Abraham Maslow (seorang psikolog Amerika yang terkenal karena pengembangan teori hierarki kebutuhan dan konsep aktualisasi diri), individu perlu memenuhi sejumlah kebutuhan dasar sebelum mereka dapat mencapai tingkat aktualisasi diri. Untuk menjadi perempuan yang lebih mandiri, penting bagi kita untuk memastikan kebutuhan fisik, emosional, dan psikologis terpenuhi lebih dulu.

Sebab saat kebutuhan dasar terpenuhi dengan baik, kita bisa berfokus pada pengembangan diri lebih lanjut. Selain itu, ketika pondasi dasar sudah kuat, kita bisa menjadi pribadi dengan mental yang lebih kuat sehingga tak lagi gampang tertekan atau terpuruk menghadapi pkamungan negatif orang lain.

Itu tadi lima cara yang bisa dilakukan agar tidak gampang diremehkan oleh orang lain melalui upaya menjadi perempuan yang lebih mandiri. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa berdampak baik pada proses bertumbuh dan berkembangmu sebagai perempuan dewasa yang lebih tangguh lagi, ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading