Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Menyenangkan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

 

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan bukanlah hasil dari faktor genetik semata, tetapi juga dapat ditingkatkan melalui kebiasaan-kebiasaan positif yang terbukti efektif bisa menjaga dan mengasah ketajaman pikiran. Bahkan dari kegiatan menyenangkan yang dilakukan secara rutin kita bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas.

Meningkatkan kecerdasan tidak hanya berarti mengasah kemampuan intelektual, tetapi juga mengembangkan kemampuan emosional, sosial, dan fisik. Kali ini Fimela punya rangkuman menarik tentang lebih kebiasaan yang bisa diadopsi untuk meningkatkan kecerdasan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Berolahraga Rutin

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, merangsang pelepasan hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kognisi secara keseluruhan.

Bagi perempuan, menjadwalkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu dalam membangun kecerdasan holistik. Kecerdasan holistik mengacu pada pandangan yang lebih luas tentang kecerdasan, yang mencakup tidak hanya aspek intelektual atau kognitif, tetapi juga aspek emosional, sosial, fisik, dan spiritual dalam diri seseorang.

 

 

2. Membaca Secara Aktif

Ada sejumlah kebiasaan yang bisa berkontribusi pada pengembangan kecerdasan dalam arti yang lebih holistik. Salah satunya adalah kebiasaan membaca secara aktif. Membaca secara aktif dan kritis, baik itu buku, artikel ilmiah, atau sumber-sumber lain yang berbobot, dapat membantu kita mengembangkan berbagai keterampilan berpikir, analisis, dan pemahaman kita terhadap banyak hal.

 

 

3. Berlatih Meditasi atau Kegiatan Semacamnya

Cobalah untuk membuat jadwal rutin untuk bermeditasi. Meditasi dan praktik kesadaran dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional, mengurangi stres, dan meningkatkan konsentrasi. Kalaupun merasa belum sanggup bermeditasi, bisa luangkan waktu beberapa menit sehari untuk melatih dan mengatur pernapasan.

 

 

4. Mengekspresikan Diri Melalui Seni

Mengekspresikan diri melalui seni dan kreativitas dapat memicu pertumbuhan kognitif yang unik. Terlibat dalam seni, seperti melukis, menulis, atau musik, dapat merangsang otak untuk berpikir di luar batasan dan menghasilkan solusi kreatif. Daya kreativitas pun bisa makin meningkat dengan meningkatkan intensitas melakukan kegiatan berkesenian.

 

 

5. Menjadwalkan Tidur yang Cukup

Memastikan tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting dalam mengoptimalkan daya pikir dan memori. Saat tidur, tubuh dan otak kita akan melakukan berbagai proses penting untuk pemulihan, perbaikan, dan konsolidasi memori. Selain itu, tidur yang baik membantu meningkatkan kemampuan daya ingat. Ketika tidur, otak mengkonsolidasikan informasi dan pengalaman baru, yang memungkinkan seseorang untuk mengingat hal-hal dengan lebih baik dan memahami hubungan antara informasi yang berbeda.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kecerdasan, bisa coba mulai menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik dan positif dalam keseharian. Bisa dimulai dari cara yang menurutmu paling mudah seperti cara-cara di atas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading