Sukses

Lifestyle

Jenis-Jenis Buku untuk Meningkatkan Self-Value bagi Perempuan

Fimela.com, Jakarta Self-value merupakan cara seseorang memandang serta menghargai diri sendiri. American Psychological Association (APA) menjelaskan bahwa self-value adalah penilaian terhadap diri sendiri sebagai manusia yang cakap dan berharga untuk mendapatkan rasa hormat. Orang yang menghargai dirinya secara positif cenderung mempunyai harga diri dan rasa kepercayaan diri yang lebih baik.

Seseorang yang memiliki self-value positif akan dapat melihat sisi baik diri sendiri, sehingga akan selalu bersyukur, mencintai, dan menerima kelebihan serta kekurangan diri. Orang yang memandang dirinya lebih rendah biasanya lebih terfokus pada kesalahan dan kekurangnnya, bukan pada kemampuan atau kelebihan yang dimilikinya.

Memiliki self-value yang positif sangat penting untuk meningkatkan karier, bahkan kualitas hidup secara keseluruhan. Value ini digunakan untuk memotivasi diri sendiri dan memandu keputusan individu. Baik keputusan yang dilakukan sehari-hari maupun keputusan besar dalam hidup. Walaupun sudah dijelaskan pentingnya self-value, masih banyak orang yang masih belum memahami kelebihan serta menerima kekurangan diri sendiri.

Setiap manusia memiliki nilai atau value yang berbeda-beda, dan semua orang memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri dan nilai diri sendiri, dapat dilakukan dengan meningkatkan self-value tersebut.

Meningkatkan self-value dengan membaca

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan self-value adalah dengan membaca buku. Kebiasaan membaca buku dapat membantu seseorang menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan menerima diri apa adanya. Semakin banyak membaca, semakin banyak pengetahuan yang didapatkan. Hal terbut akan membangun kepercayaan diri seseorang dan memotivasi seseorang untuk berkembang.

Buku yang berfokus pada kepercayaan diri, self-esteem, self-worth, dan self-help dapat meningkatkan self-value perempuan secara signifikan. Buku-buku tersebut menawarkan panduan, strategi, dan wawasan untuk meningkatkan pertumbuhan pribadi, penerimaan diri, dan pemberdayaan. Berikut beberapa jenis buku yang dapat meningkatkan self-value:

1. Buku tentang self-confidence dan self-esteem

Buku ini memberi nasihat dan latihan praktis untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan harga diri.

2. Buku self-help

Buku ini mencakup berbagai topik, menawarkan panduan tenang pengembangan pribadi, kesejahteraan emosional, dan menghadapi tantangan. Buku ini dapat memberdayakan perempuan.

3. Buku yang berfokus pada self-worth dan self-acceptance

Buku-buku ini bertujuan untuk meningkatkan harga diri dan meningkatkan penerimaan diri sendiri, yang merupakan aspek penting untuk meningkatkan value diri.

Rekomendasi buku

Membaca buku-buku tersebut dapat memberikan wawasan dan strategi berharga bagi perempuan untuk meningkatkan nilai dirinya, membangun ketahanan, dan menjalani hidup dengan percaya diri. Dilansir dari gramedia.com, berikut rekomendasi buku yang bisa dibaca untuk meningkat self-value:

The Little Book of Contentment

Buku ini menceritakan tentang akar masalah yang membuat diri menjadi seseorang yang tidak bahagia, yaitu ‘rasa tidak puas’ terhadap diri kita sendiri. Manusia yang sejatinya selalu membandingkan dirinya dengan orang lain, melihat kekurangan yang ada dalam diri, dan hal tersebut lah yang membuat manusia menjadi pribadi yang tidak pernah merasa puas. Melalui buku ini, penulis mengajak kita untuk berhenti membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain agar dapat menemukan kepuasan dan kebahagiaan dalam siri sendiri, yang lambat laun membuat diri ini lebih menghargai dan mencitai diri sendiri.

Love Your Self

Buku ini berisikan tentang pengertian mengenai lunturnya keyakinan dan kepercayaan diri seseorang, serta cara mengenali diri akibat lunturnya rasa percaya diri tersebut dan tidak merugikan diri sendiri. Buku ini juga mengajarkan kita untuk mempelajari cara mencintai diri dan terus memandang diri sendiri secara lebih positif, serta mengajak untuk merasa yakin bahwa kita sudah melakukan yang terbaik dan berhak untuk merasakan bahagia. Selain itu, buku ini juga memberikan penjelasan mengenai manfaat dan pentingnya berdamai dengan diri sendiri.

Empowered ME (Mother Empowers): Ibu Berdaya Dimulai dari Diri Sendiri

Dimulai dengan pendahuluan tentang apa itu perempuan berdaya, lewat mengenal diri sendiri, memahami tujuan apa yang akan diraih, serta bagaimana cara meraih tujuan tersebut. Penulis juga membantu untuk dapat mengatur waktu dan energi, menjelaskan cara agar tetap “stay on the track”, dan mengajarkan untuk mencintai diri sendiri lebih dalam. Penulis mengajak untuk menjurnal dan mencatat setiap progres yang telah dicapai, membuat to do list, beserta catatan hal apa yang mendesak, perlu dikerjakan, atau ditinggalkan.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading