Sukses

Lifestyle

5 Tips Merawat Bulu Kucing agar Tetap Indah dan Tidak Mudah Rontok

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela termasuk salah satu pecinta kucing? Jika kamu menyukai hewan menggemaskan yang satu ini, saat mengurusi mereka pasti rasanya sudah seperti memperhatikan anak sendiri. Dari makanannya, perawatannya, hingga mainan kesukaannya, tak tanggung-tanggung semuanya akan diberikan dengan sepenuh hati.

Mengurus kucing peliharaan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, terutama untuk memandikannya hingga merawat bulunya yang rentan rontok dan menempel dimana-mana. Setiap kucing juga memiliki cara perawatan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan ras mereka.

Bulu kucing yang rontok terkadang menjadi masalah karena diperlukannya usaha untuk membersihkan bulu yang menempel pada barang-barang di tempat tertentu. Belum lagi efek buruknya yang berpengaruh pada kesehatan manusia. Oleh karenanya, bulu kucing juga perlu untuk menjadi perhatian lebih saat sedang merawat mereka. 

Sebelum mengetahui cara merawat bulu anabul, kenali dulu penyebab dari rontoknya bulu-bulu tersebut. Situasi ini sebenarnya masih lazim terjadi, tetapi jika terlalu banyak, maka harus diperiksa penyebabnya secara lebih jauh. Bisa karena infeksi jamur, parasit, alergi makanan, hipertiroidisme, atau adanya masalah pada kondisi kekebalan dan metabolisme. 

Lalu, bagaimana cara agar bisa merawat bulu kucingmu supaya tidak rontok dan tetap sehat? Dilansir dari Animal Clinic of Woodrruff dan Feline Medical Clinic, berikut tips-tips yang perlu kamu ketahui: 

1. Berikan Asupan Nutrisi yang Baik untuk Kucing

Memastikan agar bulu kucing tetap indah dan sehat dapat dilakukan dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Melalui nutrisi makanan yang tepat, berkualitas, dan mudah dicerna, kamu bisa memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mempertahankan bulu kucing agar tidak mudah rontok. Sebagai saran, pilih makanan yang mengandung protein, omega-6, dan omega-3. Jangan lupa untuk sesuaikan makanan dengan usia kucing. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menjaga berat badan kucing peliharaan karena apabila mengalami kelebihan berat badan, kucing akan kesulitan dalam mempertahankan kebersihan. 

2. Menyisir Bulunya secara Rutin

Melalui lidah dan cakar, kucing bisa membersihkan bulu mereka sendiri, tetapi kamu juga bisa membantu untuk menyisirnya secara teratur supaya bebas dari kuman, kotoran, dan bulu-bulu mati. Langkah sederhana ini bisa membuat kamu dengan mudah memeriksa kutu dan masalah kulit yang ada pada kucing. Usahakan untuk menyisir pada semua bagian bulu secara merata. 

3. Mandikan Kucing pada Saat yang Penting

Kebiasaan memandikan kucing sebenarnya tidak perlu terlalu sering dilakukan karena bisa menyebabkan masalah pada bulu kucing. Pastinya, memandikan kucing juga membutuhkan usaha yang lebih, apalagi harus mendapatkan perlakuan di luar kendali. Namun, jika kucing benar-benar dalam kondisi kotor, maka kamu harus memandikannya secara mandiri menggunakan sampo khusus kucing atau dengan membawanya pada tempat grooming

4. Berhati-Hati dengan Kutu dan Parasit Lainnya

Sering kali kutu dan parasit bisa menempel pada kulit dan bulu-bulu kucing. Sebaiknya, periksa secara rutin bulu pada bagian-bagian tubuh mereka dan cobalah untuk menggunakan produk yang bisa mengatasi masalah tersebut. Sebagai bentuk pencegahan, selalu jaga kebersihan rumah dan ruangan yang disinggahi. Perhatikan dan awasi dengan baik agar kucing tidak mudah terinfeksi yang bisa berujung pada iritasi.  

5. Jangan Membuat Kucing Merasa Stres

Tanpa sadar, kucing juga bisa merasa stres sehingga berdampak buruk pada rontoknya bulu. Tentunya, hal ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan kucing secara umum. Cobalah untuk memberikan ruangan yang aman supaya mereka menjadi lebih tenang.

Kucing akan merasa stres apabila merasa terancam. Maka, lebih baik jika kamu bisa mengajak kucing agar aktif bermain atau sekadar memberikan perhatian dengan membelainya secara pelan-pelan. Pastikan untuk rutin memeriksa kondisi kesehatan kucing dan menjaga kondisi fisiknya supaya tetap optimal. Jangan paksakan kucing untuk bertemu dengan orang asing atau hewan lain, jika mereka tidak menyukainya. 

Melalui tips-tips berikut, semoga kamu bisa merawat dan memperhatikan kucing peliharaan, terutama untuk kesehatan bulu mereka. Jika kucing berada dalam kondisi yang sehat dan nyaman, kamu juga akan ikut merasa tenang. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading